Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Relasi Istimewa Messi dengan Maradona dan Kuartet Pelatih Argentina Era Scaloni

17 Desember 2022   12:54 Diperbarui: 17 Desember 2022   13:13 1284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Maradona mengangkat trofi juara Piala Dunia 1986/ foto: goal.com

Relasi Istimewa Messi dan Maradona

Ketika Maradona memutuskan membela klub Newell's Old Boys ketika tahun 1993 pulang kampung ke Argentina, setelah belasan tahun merantau ke Eropa. Messi baru berusia 6 tahun ketika Maradona pulang ke Argentina.

Dalam satu wawancara dengan media Argentina, Messi mengaku pernah menyaksikan Maradona di tahun 1993 dalam pertandingan persahabatan melawan klub Ekuador, Emelec.

Maradona mencetak gol tunggal penentu kemenangan Newell's Old Boys saat itu. Penampilan mempesona Maradona membuat Messi terkesan.

Messi pernah memiliki kartu anggota Iglesia Maradona. Sekte gereja pemuja Maradona di Argentina.

Lionel Messi muda kemudian mendapatkan kontrak main bersama tim junior Newell's Old Boys di tahun 1995. Pada tahun yang sama Maradona kembali ke Boca Juniors klub yang membesarkan namanya.

Bakat besar Messi bermain bola terpantau oleh pemandu bakat klub raksasa Spanyol, Barcelona. 

Messi akhirnya dikontrak oleh Barcelona sejak tahun 2000 dan menjadi pemain bintang besar di sana. 

Karir internasional Messi bersama Argentina dimulai tahun 2005. Pada pertengahan 2005, Messi tampil luar biasa membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia junior. 

Messi meraih penghargaan pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak, Golden Ball dan Golden Boot, Piala Dunia junior 2005.

Performa ajaib Messi membuat kepincut pelatih timnas senior Argentina saat itu, Jose Pekerman. Messi main perdana di tim senior Argentina dalam laga persahabatan kontra tuan rumah Hungaria pada tanggal 17 Agustus 2005.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun