Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Jadwal Semifinal Swiss Open 2022, Berpeluang All Indonesian Final di Dua Nomor

26 Maret 2022   02:50 Diperbarui: 26 Maret 2022   03:41 4385
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jonatan Christie/foto: Tribunnews.com

Jadwal semifinal Swiss Open 2022 yang diikuti oleh 5 wakil Indonesia. Berpeluang terjadi All Indonesian Final di nomor tunggal putra dan ganda putra

Siaran langsung semifinal Swiss Open 2022 rencananya akan ditayangkan oleh Inews TV, Sabtu malam (26/3), mulai pukul 20:00 WIB.

Anthony Sinisuka Ginting wakil Indonesia pertama yang memastikan lolos ke semifinal turnamen ini. Ginting mengalahkan pemain India, Sameer Verma.

Game pertama berlangsung ketat hingga kedudukan skor 16-16. Setelahnya Ginting mampu mengontrol permainan dengan baik, dan menang 21-17. 

Memasuki game kedua, Anthony Ginting memimpin skor sejak awal, hingga akhirnya menang 21-14. 

Anthony Ginting akhirnya bisa kembali menjejaki babak semifinal turnamen, pasca dia meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo bulan Agustus 2021 lalu. 

Ginting di semifinal akan menghadapi pemain tunggal putra India lainnya, HS Prannoy. Statistik pertemuan kedua pemain seimbang 1-1. 

HS Prannoy lolos ke semifinal setelah menang 21-16, 21-16, melawan rekan senegaranya Parupalli Kashyap. 

HS Prannoy setelah 47 bulan berjuang gigih, akhirnya kembali merasakan tampil di babak semifinal turnamen. Prannoy terakhir kali mencapai semifinal pada ajang Kejuaraan Asia di bulan April 2018. 

Jonatan "Jojo" Christie menyusul Ginting ke semifinal Swiss Open 2022 setelah memenangkan pertandingan sengit melawan pemain Prancis, Toma Junior Popov. 

Pada game pertama Toma sempat unggul jauh 14-9 atas Jojo. Tapi Jojo dapat menyamakan skor. Jojo berbalik unggul dan memenangkan game pertama dengan skor 21-18. 

Toma Junior Popov mengendalikan permainan di game kedua, unggul angka sejak awal pertandingan, dan menang dengan skor 21-16. 

Pada game ketiga, Jonatan Christie sempat memimpin jauh 15-5, dan sempat match point pada posisi skor 20-16. 

Tapi Toma bisa menyeimbangkan skor jadi 20-20, hingga 22-22. Jojo mampu keluar dari situasi sulit, dan merebut dua angka beruntun, sehingga menang 24-22. 

Jonatan Christie/foto: Tribunnews.com
Jonatan Christie/foto: Tribunnews.com

Jonatan Christie di semifinal berhadapan dengan pemain India runner up Kejuaraan Dunia 2021, Srikanth Kidambi. 

Rekor pertemuan, Kidambi unggul 4-3 atas Jonatan Christie. Dua duel terakhir dimenangkan oleh Kidambi. 

Srikanth Kidambi lolos ke semifinal setelah menang dalam duel seru melawan Anders Antonsen yang berakhir dengan skor 19-21, 21-19, 22-20.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang sedang dalam sorotan negatif karena tersingkir di babak awal All England dan German Open, sukses mencapai semifinal Swiss Open usai bertarung sengit dengan ganda putra Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. 

Fajar/Rian menang telak 21-12 di game pertama. Tapi, Ong/Teo gantian menang telak di game kedua dengan skor 21-9. 

Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto/badminton photo-Yohan Nonotte 
Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto/badminton photo-Yohan Nonotte 

Pada game ketiga, Fajar/Rian sempat unggul 15-10. Ong/Teo dapat menyamakan skor jadi 15-15. 

Kedua pasangan lalu silih berganti meraih angka, hingga posisi 20-20. Setelahnya, Fajar/Rian yang berhasil merebut dua poin beruntun, sehingga menang 22-20.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di semifinal jumpa dengan ganda putra Malaysia lainnya yang tak kalah kuat, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Dalam tiga pertemuan sebelumnya, Aaron/Soh selalu menang atas Fajar/Rian. 

Aaron Chia/Soh Wooi Yik masuk semifinal turnamen ini setelah menang relatif mudah 21-11, 21-13, atas ganda Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel. 

Ganda putra Indonesia lainnya, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan, menyusul jejak Fajar/Rian ke semifinal turnamen ini setelah menyingkirkan juara bertahan asal Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. 

Pada awal game pertama, kedua pasangan susul-menyusul angka hingga posisi 8-8. Setelah itu Pramudya/Yeremia mampu terus memimpin perolehan angka, hingga akhirnya menang 21-17. 

Astrup/Rasmussen pada game kedua tampil apik, dan menang telak 21-10. Pada game ketiga, gantian Pramudya/Yeremia yang bermain impresif, sehingga terus memimpin angka, dan menang 21-14. 

Pramudya Kusumawardana & Yeremia Rambitan/foto: bolasport.com
Pramudya Kusumawardana & Yeremia Rambitan/foto: bolasport.com

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan di babak semifinal berjumpa ganda Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin. Kedua pasangan sebelumnya tidak pernah bertemu.

Goh Sze Fei/Nur Izzuddin di perempat final menaklukkan ganda Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dengan skor 21-18, 19-21, 21-12. 

Dengan begitu dalam dua pertandingan semifinal ganda putra Swiss Open 2022 terjadi duel antara wakil Indonesia dengan Malaysia. Berpotensi terjadi All Indonesian Final atau All Malaysian final di turnamen ini. 

Ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, wakil Indonesia lainnya yang sukses menembus semifinal Swiss Open 2022.

Rehan/Lisa secara mengejutkan menaklukkan unggulan 5 asal Prancis yang juga juara bertahan Swiss Open, Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Rehan/Lisa nyaris kehilangan fokus saat sudah memimpin 19-14, tapi bisa disamakan Thom/Delphine jadi 19-19. Untunglah Rehan/Lisa dapat lepas dari tekanan, dan merebut dua poin, sehingga menang 21-19. 

Rehan Naufal Kusharjanto&Lisa Ayu Kusumawati/foto:PBSI org
Rehan Naufal Kusharjanto&Lisa Ayu Kusumawati/foto:PBSI org

Pada game kedua, Rehan/Lisa sudah dapat mengendalikan permainan. Setelah sempat skor imbang 6-6, pasangan Indonesia kemudian melaju memimpin angka, hingga akhirnya menang 21-16. 

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang non unggulan di turnamen ini, di semifinal menantang unggulan 8 dari Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Lohau. Ini pertemuan perdana antara kedua pasangan.

Rundown lengkap pertandingan semifinal Swiss Open 2022 dapat Anda lihat, sebagai berikut. 

Empat wakil Indonesia dijadwalkan tampil di lapangan 1. Hanya Ginting yang main di lapangan 2.

Sumber/bwfbadminton.com
Sumber/bwfbadminton.com

Sumber/bwfbadminton.com
Sumber/bwfbadminton.com

Sumber/bwfbadminton.com
Sumber/bwfbadminton.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun