Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Jadwal Perempat Final All England Open 2022, Tujuh Wakil Indonesia Siap Meraih Kemenangan

18 Maret 2022   04:43 Diperbarui: 18 Maret 2022   14:47 2003
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anthony Ginting/Antara Foto -Ritzau Skanpix

Jadwal perempat final All England Open 2022, Jumat (18/3). Tujuh wakil Indonesia siap meraih kemenangan untuk menyegel tempat di babak semifinal.

Siaran langsung pertandingan babak perempat final turnamen All England Open 2022 dapat Anda saksikan petang nanti lewat tayangan MNC TV dan Inews TV, mulai pukul 17.00 WIB.

All England Open tahun ini cukup bersahabat buat sebagian besar pebulu tangkis Indonesia. Tujuh wakil Indonesia berhasil melewati babak-babak awal hingga mencapai perempat final. 

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana wakil Indonesia pertama yang memastikan lolos ke babak 8 besar. 

Fikri/Bagas memenangkan duel sengit melawan unggulan 8 dari Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Kedua pasangan kejar-kejaran angka di game pertama dari posisi 15-15 hingga 22-22. Fikri/Bagas mampu merebut dua poin berikutnya sehingga menang 24-22. 

Ganda Malaysia tampil apik di game kedua, terus memimpin skor, hingga akhirnya unggul 21-13. 

Kejar-mengejar angka kembali terjadi di game penentuan hingga posisi 14-14. Setelahnya Fikri/Bagas berhasil mengendalikan permainan, dan menang dengan skor 21-17. 

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana di perempat final menantang unggulan 3 asal Jepang yang merupakan juara dunia 2021, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Ini bakal jadi pertemuan perdana antara kedua pasangan. Hoki/Kobayashi lolos ke perempat final setelah menyingkirkan wakil tuan rumah Inggris, Ben Lane/Sean Vendy.

Ganda putra ranking 1 dunia, Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo, wakil Indonesia kedua yang tembus perempat final All England 2022.

Marcus Gideon dan Kevin Sukamuljo/foto: PBSI.org
Marcus Gideon dan Kevin Sukamuljo/foto: PBSI.org

Duet "Minion" Marcus/Kevin sempat kesulitan untuk menyingkirkan ganda Jepang, Akira Koga/Taichi Saito. 

Liga/Saito tampil impresif di game pertama, dan menang 21-15. Permainan Marcus/Kevin membaik di dua game berikutnya.

Minion sempat terus tertinggal angka di game kedua, sebelum mampu menyamakan skor jadi 16-16. 

Berkat kematangan permainan, Marcus/Kevin menyudahi game kedua dengan skor 21-18. 

Memasuki game ketiga, Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo memimpin perolehan angka sejak awal, dan memastikan menang dengan skor 21-18. 

Marcus/Kevin di babak 8 besar berhadapan dengan pasangan dari India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. 

Kans menang sangat besar buat Minion karena dalam 10 pertemuan sebelumnya tak terkalahkan oleh Rankireddy/Shetty.

Ganda putra kawakan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan wakil Indonesia ketiga yang lolos ke perempat final All England 2022.

Duet pemain gaek yang akrab dijuluki The Daddies tersebut menaklukkan ganda putra China, Liu Cheng/Zhang Nan.

Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan/foto: PBSI.org
Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan/foto: PBSI.org

The Daddies sempat kalah 19-21 di game pertama. Ahsan/Hendra mampu meredam permainan agresif Liu Cheng/Zhang Nan pada dua game berikutnya, dan unggul dengan skor 21-17, 21-14. 

Ahsan/Hendra di pertandingan perempat final berjumpa dengan ganda Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

The Daddies selalu menang dalam lima pertemuan sebelumnya melawan ganda Denmark tersebut.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin melengkapi daftar 4 ganda putra Indonesia yang lolos ke perempat final turnamen ini. 

Leo/Daniel berjuang susah payah di babak kedua untuk menyingkirkan ganda China, Liu Yu Chen/Zhou Hao Dong. 

Liu Yu Chen/Zhou Hao Dong nyaris memenangkan pertandingan. Unggul 22-20 di game pertama, dan sempat match point' 20-17 di set kedua. 

Leo Carnando/Daniel Marthin-foto/PBSI.org
Leo Carnando/Daniel Marthin-foto/PBSI.org

Dalam situasi kritis, Leo/Daniel tetap tenang, dan berhasil membalikkan keadaan. Leo/Daniel menikung angka, dan menang 24-22 di set kedua.

Pada game ketiga, Leo/Daniel sempat unggul jauh 10-4, namun bisa disusul Liu/Zhao hingga skor seimbang 10-10. 

Setelah skor 13-13, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mampu mengendalikan permainan, dan sukses merebut game ketiga dengan skor 21-16. 

Leo/Daniel di perempat final berhadapan dengan ganda China, He Ji Ting/Tan Qiang. Kedua pasangan belum pernah bertemu sebelumnya. 

Indonesia berpeluang memastikan gelar juara ganda putra All England 2022 sejak babak semifinal, apabila empat ganda putra Indonesia berhasil memenangkan pertandingan perempat final. 

Pemain tunggal putra terbaik Indonesia saat ini, Anthony Ginting, berhasil melewati ujian berat menghadapi pemain India runner up Kejuaraan Dunia 2021, Srikanth Kidambi. 

Anthony Ginting/Antara Foto -Ritzau Skanpix
Anthony Ginting/Antara Foto -Ritzau Skanpix

Kidambi tampil perkasa di game pertama dengan keunggulan telak 21-9. Game kedua berjalan ketat susul menyusul angka. Ginting pada saat penentuan bisa tampil lebih tenang, sehingga menang 21-18. 

Anthony Ginting pada game ketiga sempat unggul jauh 15-9. Tapi Kidambi bisa menyusul skor hingga kedudukan seimbang 18-18. 

Ginting berhasil memperbaiki fokus di pengujung set ketiga, dan memastikan menang dengan skor 21-19.

Pada babak perempat final nanti, Ginting berduel dengan unggulan pertama Viktor Axelsen. Statistik pertemuan, Axelsen unggul tipis 5-4 atas Ginting. 

Jonatan Christie menyusul Ginting ke perempat final. Jonatan yang baru sembuh dari Covid-19, tampil trengginas mengalahkan pemain tunggal putra Thailand juara German Open sepekan lalu, Kunlavut Vitidsarn. 

Jonatan Christie/foto: bwfbadminton.com
Jonatan Christie/foto: bwfbadminton.com

Jojo menang straight set 21-16, 21-19, atas Kunlavut. Di babak 8 besar nanti, Jonatan Christie bertemu pemain jagoan Taiwan, Chiu Tien Chen. Statistik pertemuan, Jonatan Christie unggul 6-2 atas Chiu Tien Chen.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang saat ini sudah lepas dari pelatnas PBSI, melanjutkan kiprah di All England 2022.

Praveen Jordan dan Melati Daeva/foto: bwfbadminton.com
Praveen Jordan dan Melati Daeva/foto: bwfbadminton.com

Praveen/Melati tampil menawan mengalahkan ganda Malaysia, Hoo Pang Rob/Cheah Yee See, dengan skor 21-16, 21-14.

Pada babak 8 besar nanti, Praveen/Melati menantang juara Olimpiade Tokyo, Wang Yil Yu/Huang Dong Ping.

Wang Yil Yu/Huang Dong Ping masih unggul 6-2 dalam pertemuan melawan Praveen/Melati. Namun, dua duel terakhir dimenangkan oleh pasangan Indonesia. 

Ganda campuran Indonesia lainnya, Dejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja, tak kuasa mengimbangi ketangguhan juara bertahan dari Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Yuta/Arisa unggul straight set 21-19, 21-17, atas Dejan/Gloria. 

Di pertandingan selanjutnya Yuta/Arisa akan menghadapi rekan senegara Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo. Kedua pasangan Jelang tersebut setahun lalu berduel di final All England.

Greysia Polii harus mengubur ambisi meraih juara di turnamen All England terakhirnya. Rekan duetnya Apriyani Rahayu mengalami cedera saat tampil melawan ganda India di babak kedua. 

Apriyani Rahayu cedera pada ser kedua saat posisi skor tertinggal 14-19. Greysia/Apriyani menang 21-18 di set pertama.

Apriyani Rahayu memang sedang dibekap cedera betis kanan sejak beberapa pekan lalu. Cedera betis itu membuat Apriyani batal tampil di German Open bersama partner baru Siti Fadia.

Apriyani Rahayu cedera sehingga Greysia Polii akan pensiun tanpa gelar juara All England/foto: PBSI.org
Apriyani Rahayu cedera sehingga Greysia Polii akan pensiun tanpa gelar juara All England/foto: PBSI.org

Cederanya Apriyani membuat ganda India, Treesa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela, lolos ke perempat final.

Jadwal Pertandingan Wakil Indonesia

Dalam pertandingan perempat final All England 2022,  lima wakil Indonesia dijadwalkan main di lapangan (court) 1. 

Duet Minion tampil di pertandingan ketiga court 1, disusul The Daddies yang main di pertandingan kelima. 

Anthony Ginting tampil di pertandingan kedelapan court 1, dilanjutkan dengan pertandingan Praveen Jordan/Melati Daeva, dan ditutup laga Jonatan Christie. 

Sumber/bwfbadminron.com
Sumber/bwfbadminron.com

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana yang main di court 2 akan tampil di pertandingan ke-4. 

Sedangkan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin main di pertandingan keenam court 2.

Sumber:bwfbadminton.com
Sumber:bwfbadminton.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun