Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Menghitung Peluang Lifter Putri Indonesia Rebut Medali Olimpiade Tokyo

17 Juli 2021   17:01 Diperbarui: 17 Juli 2021   18:28 921
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Windy Cantika Aisyah/Antara Foto-Nyoman Budiman

Sehari setelah Lisa Rumbewas dan Sri Indriyani naik podium, giliran Winarni binti Slamet yang mendapatkan perunggu di kelas -53 kg. Angkatan total Winarni sebanyak 202,5 kg.

Lisa Rumbewas lanjutkan prestasinya meraih perak di Olimpiade 2004 Athena. Dia yang kali ini tampil di kelas -53 kg mengangkat beban total seberat 210 kg. Medali emas direbut lifter Thailand, Udomporn Polsak. 

Lisa Rumbewas hanya menempati peringkat 4 kelas -53 kg di Olimpiade 2008 Beijing. Angkatan totalnya seberat 204 kg.

Komite Olimpiade di tahun 2016 kemudian memutuskan Lisa yang berhak dapat medali. Perebut perunggu sebelumnya, Nastassia Novikava, positif gunakan doping. 

Lisa Rumbewas baru di tahun 2017 secara resmi dapatkan hadiah haknya sebagai peraih perunggu olimpiade. 

Kisah Lisa di Olimpiade 2008 menimpa Citra Febrianti empat tahun berikutnya. 

Citra Febrianti/ Tribunnews.com
Citra Febrianti/ Tribunnews.com

Citra Febrianti awalnya hanya tempati peringkat 4 kelas -53 kg di Olimpiade 2012 London dengan total angkatan 206 kg. 

Namun pada akhirnya Komite Olimpiade di tahun 2016 memutuskan Citra mendapatkan perak. Karena peraih emas Zulfiya Chinshanlo, dan peraih perunggu Cristiana Iova, positif pakai doping. 

Citra Febrianti harus menanti lama hingga bulan Desember 2020 untuk dapatkan hadiah haknya sebagai peraih perak olimpiade. 

Sri Wahyuni Agustiani menjadi penerus kejayaan lifter putri Indonesia meraih medali olimpiade. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun