Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Terwujud Impian Rungkat Tampil di Babak Utama Grand Slam

28 Mei 2019   11:35 Diperbarui: 12 Oktober 2023   08:49 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Christopher Rungkat pernah jadi juara junior Grand Slam French Open tahun 2008 [foto: itftennis.com]

BACA JUGA
Christopher Rungkat dan Beatrice Gumulya Juara di Asia Timur

Christopher Rungkat bersama pasangannya asal Taiwan, Hsieh Cheng-peng, hari ini (28/5) akan tampil di babak pertama ganda putra Grand Slam French Open 2019. 

Hsieh Cheng-peng/Christopher Rungkat pada babak pertama ganda putra Grand Slam French Open 2019 dijadwalkan bertanding menghadapi unggulan ke-16, Austin Krajicek/Artem Sitak. Mereka akan bertanding di court 5 Stade Roland Garros tempat berlangsungnya Grand Slam French Open.

Christopher Rungkat/Hsieh Cheng-pheng (sisi kanan net) saat tampil di final Sofia Open 2019 ATP Tour 250 (foto: atptour.com)
Christopher Rungkat/Hsieh Cheng-pheng (sisi kanan net) saat tampil di final Sofia Open 2019 ATP Tour 250 (foto: atptour.com)

Keberhasilan Christopher Rungkat tampil di babak utama French Open 2019 merupakan prestasi yang membanggakan buat Indonesia. Karena hampir 50 tahun lamanya tak ada petenis putra Indonesia yang tampil di babak utama Grand Slam.

LIHAT DI SINI JADWAL LENGKAP PERTANDINGAN BABAK 1 GANDA PUTRA GRAND SLAM FRENCH OPEN 2019

Petenis putra Indonesia terakhir yang tembus babak utama Grand Slam adalah Gondo Widjdojo dan Atet Wijono. Mereka tampil di French Open dan US Open tahun 1971.

Christopher Rungkat punya potensi untuk membuat prestasi bagus di French Open 2019 karena dirinya tak asing dengan Stade Roland Garros. Tadi saya sebutkan, Rungkat merupakan juara junior ganda putra French Open tahun 2008 bersama rekan duetnya Henri Kontinen. 

Berarti butuh waktu 11 tahun lamanya bagi Rungkat untuk mewujudkan impian untuk tampil kembali di Stade Roland Garros, setelah menjadi juara kategori junior. Sangat terlambat memang, karena Henri Kontinen petenis asal Finlandia partner Rungkat saat junior kariernya berkembang pesat.

Henri Kontinen pernah menjadi petenis ganda putra ranking 1 dunia ATP. Kontinen juga pernah menjadi juara kategori senior Grand Slam Australian Open tahun 2017 dan Wimbledon tahun 2016.

Walau telat tampil di Grand Slam, kesuksesan Rungkat menembus babak pertama French Open 2019 patut disyukuri, karena ini bisa menjadi pemicu bagi petenis Indonesia lainnya untuk berusaha lolos ke turnamen Grand Slam pada masa mendatang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun