Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Hubungan Erat Prancis-Kroasia, Francezarije dari Illyrian, Paris, hingga Moskow

15 Juli 2018   19:26 Diperbarui: 16 Juli 2018   01:30 781
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lucien Laurent pencetak gol pertama di Piala Dunia/ foto: mexico.as.com

Prancis hadir di Piala Dunia 2018 diiringi optimisme tinggi meraih juara. Les Bleus datang ke Rusia dengan membawa banyak pemain yang tampil cemerlang di Piala Eropa dua tahun silam.  

Hugo Lloris, Varane, Giroud, Griezmann, Matuidi dan Paul Pogba yang cemerlang di Piala Eropa 2016, masih diandalkan pelatih Didier Deschamps sebagai pemain pilar di Piala Dunia tahun ini. 

pemain inti Les Bleus di Piala Dunia 2018/ foto: fifa.com
pemain inti Les Bleus di Piala Dunia 2018/ foto: fifa.com
Dengan materi pemain yang dimiliki saat ini, Prancis jadi salah satu favorit juara di Piala Dunia 2018. Namun, perjalanan Les Bleus menuju final tidaklah mudah. 

Prancis sempat kesulitan di fase grup Piala Dunia 2018. Les Bleus hanya menang tipis atas Australia dan Peru, juga ditahan seri oleh Denmark. 

Mental pemenang diperlihatkan pemain-pemain Prancis saat menaklukkan tim-tim kuat di fase babak knock-out. Di babak 16 besar, Prancis sukses menaklukkan Argentina yang diperkuat pemain terbaik dunia, Lionel Messi. Performa luar biasa Kylian Mbappe yang mencetak sepasang gol, membantu Prancis menang 4-3 atas Argentina. 

Di perempat final, giliran Antoine Griezmann yang bermain gemilang di lini depan Prancis. Satu gol serta satu assist dari Griezmann menolong Prancis untuk kalahkan Uruguay dengan skor 2-0. 

Ujian berat berikutnya berhasil dilewati oleh Prancis saat berhadapan dengan 'generasi emas' timnas Belgia. Berkat gol sundulan Samuel Umtiti, Prancis akhirnya menang 1-0 atas Belgia, sekaligus memastikan satu tempat di final Piala Dunia 2018. 

Tak banyak orang yang menduga, Kroasia bakal mampu melaju hingga ke final. Kroasia hampir nyaris gagal lolos ke Piala Dunia 2018 yang berujung pada pemecatan pelatih Ante Cacic.


Federasi sepak bola Kroasia lantas memilih Zlatko Dadic sebagai pelatih timnas sejak awal Oktober 2017. Dadic berhasil membawa Kroasia lolos ke Piala Dunia 2018, setelah mengantarkan negaranya tak terkalahkan dalam empat pertandingan kualifikasi Zona Eropa. 

Zlatko Delic/ foto: fifa.com
Zlatko Delic/ foto: fifa.com
Tetapi, Kroasia sempat menderita dua kekalahan dalam empat laga uji coba sebelum Piala Dunia 2018, sehingga banyak yang meragukan Kroasia dapat tampil gemilang di Rusia.

Vatreni langsung perlihatkan penampilan impresif sejak fase grup Piala Dunia 2018. Kroasia menyapu bersih kemenangan di grup D, menang 2-0 atas Nigeria, menghabisi Argentina 3-0, serta mengungguli Islandia 2-1. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun