Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Hubungan Erat Prancis-Kroasia, Francezarije dari Illyrian, Paris, hingga Moskow

15 Juli 2018   19:26 Diperbarui: 16 Juli 2018   01:30 781
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pelatih kharismatik Aime Jacquet yang mampu mengobarkan semangat pemenang dan persatuan kepada anggota skuat Prancis yang disesaki keturunan imigran.

Les Bleus mampu merebut trofi Piala Dunia 1998 berbekal diperkuat oleh-oleh pemain bertalenta spesial macam Zidane, Thierry Henry, Lilian Thuram, Marcel Desailly, Patrick Vieira, Djorkaeff, Fabien Barthez, Trezeguet, Karembeu, Didier Deschamps, Lizarazu dan Emmanuel Petit. 

Dalam perjalanan meraih juara Piala Dunia 1998, Les Bleus terlebih dulu menaklukkan Brasil dan Italia yang merupakan finalis Piala Dunia 1994.

Timnas Kroasia hadir sebagai debutan di Piala Dunia 1998. Dua tahun sebelumnya, Vatreni membuat prestasi cukup mentereng dalam debut di Piala Eropa dengan mencapai perempat final.

Vatreni berhasil melewati fase grup Piala Dunia 1998 setelah ungguli Jamaika dan Jepang, walau kalah hadapi Argentina. Mentalitas petarung diperlihatkkan oleh para pemain Kroasia di fase knock out. 

Kroasia melewati babak 16 besar setelah menang 1-0 atas Rumania. Pada saat itu Rumania lebih dijagokan karena empat tahun sebelumnya mencapai perempat final Piala Dunia, juga masih diperkuat pemain-pemain hebat macam Gheorge Hagi, Phopescu, Lacatus, Petrescu dan Adrian Illie.

Vatreni di perempat final Piala Dunia 1998 membuat kemenangan yang mengguncang dunia. Kroasia secara luar biasa menghabisi Jerman dengan skor telak 3-0.

pertemuan Prancis dengan Kroasia di semifinal Piala Dunia 1998/ foto: fifa.com
pertemuan Prancis dengan Kroasia di semifinal Piala Dunia 1998/ foto: fifa.com
Di semifinal, kiprah ajaib sang petarung Kroasia akhirnya terhadang oleh oleh sang penakluk Prancis. Dua gol yang dibikin oleh Lilian Thuram membawa Prancis unggul 2-1 atas Kroasia.

Davor Suker dan Zvonimir Boban bintang Kroasia di Piala Dunia 1998/ foto: fifa.com
Davor Suker dan Zvonimir Boban bintang Kroasia di Piala Dunia 1998/ foto: fifa.com
Kroasia segera mengobati luka kekalahan di semifinal, dengan cara mengalahkan Belanda dalam perebutan juara ketiga Piala Dunia 1998. Prestasi hebat Vatreni semakin istimewa dengan keberhasilan Davor Suker merebut Golden Boot Piala Dunia 1998 berkat 6 gol yang dibuatnya.

Kroasia atau Prancis yang Meraih Trofi Piala Dunia di Moskow?

20 tahun berlalu sejak Prancis dan Kroasia bersamaan meraih prestasi terbaik di Piala Dunia 1998. Takdir akhirnya mempertemukan Prancis dan Kroasia dalam pertandingan puncak Piala Dunia 2018. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun