Dalam situasi krisis yang sedang dialami oleh Meksiko diserang gencar oleh lawan, Rafael Marquez mampu menjadi pahlawan protagonis buat negaranya. Rafa berhasil meredam 'keganasan' striker berbahaya Uruguay, Edinson Cavani.
Di pengujung babak kedua, ribuan pendukung Meksiko bersorak bahagia. Rafael Marquez membawa Meksiko unggul kembali lewat gol sepakan jarak dekat yang dibuatnya memanfaatkan kemelut di kotak penalti Uruguay. Pada masa injury time babak kedua, Meksiko menambah gol lagi lewat sundulan Hector Herrera. Meksiko memenangkan pertandingan dengan skor 3-1.
Beberapa jam mendatang, Rafa Marquez menghadapi tugas penting di lini pertahanan Meksiko. Rafa bakal tampil kembali dalam laga melawan Jamaika. Rafa bakal kembali menjadi jenderal lini belakang Meksiko. Jika sukses membawa Meksiko menang, Rafa Marquez bakal menutup kisah pahit setahun lalu. Meksiko tahun ini mampu lolos ke perempat final Copa America.
Tim nasional Meksiko layak menjadi 'kuda hitam' kandidat juara Copa America Centenario, dengan komposisi pemain Rafael Marquez di lini belakang, Andres Guardado di lini tengah, Javier 'Chicharito' Hernandez di lini depan.
ARTIKEL TERKAIT
Momen Mengharukan Angel Di Maria dalam Laga Lawan Chile
Kepantasan Pizzi Membesut La Roja Diuji
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H