2018
"Anak -- anak hari ini kita akan belajar mengenai sejarah penjajahan Jepang di Indonesia." Ibu Salma berkata.
"Ada yang tahu berapa lama Jepang menjajah kita?" tanya Bu Salma.
"3 tahun bu!" sahut Budi antusias.
"Salah! Ayo, Katya, jawab pertanyaan ibu." Katya yang sedang sibuk berpikir, merasa terkejut dengan namanya yang disebutkan.
"Um.. 4 tahun, Bu?" Katya menjawab dengan ragu. Â Ledakkan tawa pun terdengar. Katya pun dengan malu menundukkan kepalanya.
"Sudah.. sudah.. Jawabannya 3,5 tahun. Tolong kalian pelajari mengenai penjajahan Jepang. Kalian bisa menanyai orang tua kalian. Bisa saja nenek atau kakekmu tinggal saat masa penjajahan." Ibu Salma mengakhiri pelajaran IPS pada sore hari itu.
Tiba di rumah, Katya mencari mama atau papa nya untuk menanyakan tugasnya. "Ma! Ma!" Katya berseru.
"Ada apa sayang?" Mama Katya sedang memasak makan malam di dapur.
Katya melihat ibunya memasak makanan yang hampir tiap hari ia makan dan melupakan pertanyaan yang ingin dia tanyakan sebelumnya. "Mama memasak telur dan tahu lagi? Katya bosen, ma!" kata Katya dengan kesal.
"Katya, kamu harus bersyukur dengan makanan ini. Masih banyak diluar sana yang tidak bisa makan. Oh ya, kamu mau bilang apa?" seru ibu.