Oleh : Mutiarasari (0209210033), Vani Rezkiani (0209210004)
Suksesnya belajar mengajar didalam kelas dipengaruhi oleh yang namanya manajemen pembelajaran yang terbentuk dengan baik disuatu sekolah. Apabila manajemen pembelajaran baik maka proses pembelajaran dikelas menjadi baik pula.Manajemen pembelajaran juga menentukan kualitas daripada siswa nantinya.
Ambarita (2006:72)  menjelaskan bahwa yang  dinamakan manajemen pembelajaran itu diebut Kegiatan guru yang merencanakan, mengorganisasikan, menempatkan, menggerakkan sumber daya secara efisien siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Adapun hal-hal yang dilakukan guru dalam upaya memanajemen pembelajaran dikelas antara lain:
1. Agar pelaksaan pembelajaran berjalan dengan baik maka hal utama yang kita bisa lakukan adalah menata atau menyusun benda-benda di kelas.Dalam menata ruang kelas diusahakan menarik dan memudahkan nantinya interaksi antara guru dan siswanya, diharapkan menyusunnya tidak boleh sampai mengganggu proses pembelajaran.
2. Guru dalam hal ini diharap bisa membuat pembelajaran seperti apa yang ingin dia berikan kepada siswanya yang dapat membuat semua siswanya aktif berpikir dan dapat memahami keseluruhan materi pembelajaran yang diajarkan.
3. diharapkan guru dapat memanajemen waktu dengan baik
4. Guru diharapkan mengarahkan siswanya untuk selalu aktif memberikan pendapatnya ataupun bertanya apabila pembelajaran masih kurang dimengerti.
5. memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang bisa diguanakan untuk bahan ajar
6.diharapkan guru dapat senantiasa menjalankan tugasnya dengan baik
Guru yang notabenenya memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran, guru diharuskan dapat berpikir dengan matang untuk memahami tugas serta tanggung jawabnya sebagai seorang guru.
Dalam pembelajaran guru memiliki beberapa peran. Tentunya sebagai seorang guru harus berperan sebagai pengajar, yang mengajarkan ilmu terhadap anak muridnya. Kemudian sebagai seorang pendidik, Â yang bertanggung jawab mendidik siswa atau muridnya agar tidak menyelisihi norma-norma yang berlaku di masyarakat.Â
Guru juga diharapkan mampu membimbing, mengarahkan muridnya ke hal hal yang baik. Â Selain itu sebagai seorang guru tentunya harus bisa memotivasi , menjadi teladan bagi murid-muridnya, dan masih banyak lagi peran guru dalam pembelajaran yang harus dituntaskan.
Seorang guru dalam profesinya tentu saja memiliki kode etik tersendiri. Kode etik guru atau aturan keguruan, yang menyangkut dengan pekerjaan-pekerjaan sebagai seorang guru.
Kode etik guru ini dapat berfungsi sebagai landasan moral dalam bertingkah laku baik dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
Oleh karena itu dalam kode etiknya. Guru harus menjadi contoh yang baik, memiliki jiwa yang tulus dalam menjalankan tugas, serta profesional dalam mendidik siswa.
Daftar Pustaka
Indarti, Luluk. 2020. Manajemen Pembelajaran. Bogor : Guepedia, 2020. hal. 56-57.
Rukayat, Ajat. 2018. Manajemen Pembelajaran. 1. Yogyakarta : Deepublish, 2018. hal. 5.
Tambunan, Hardi dkk. 2021. Manajemen Pembelajaran. [penyunt.] Tomas Sony Tambunan. Bandung : Media Sains Indonesia, 2021.
Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional. [ed.] Sudirman Anwar. Tembilahan : PT.Indragiri Dot Com, 2019. hal. 20-21.
Widya Caterine perdani, dkk. 2019. Etika Profesi Pendidikan Generasi Milenial 4.0. Malang : UB Press, 2019. hal. 5-6.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H