Judul                   : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Sahabat Difabel di Surakarta
Jurnal                  : Journal On Teacher Education
Volume dan Halaman  : Vol. 3, Nomor 2, Hal. 200-212
Tahun                  : 2022
Penulis                 : Hery Setiyatna , Muhammad Julijanto , Susilo Surahman
Reviewer               : Cantik Nur Faizah / HES 5D / 212111149
Tanggal                : 30 Oktober 2023
Sumber                : https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3442
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa yang berstatus sahabat difabel. Sahabat difabel adalah mahasiswa yang secara sukarela menjadi teman dekat mahasiswa penyandang disabilitas dalam membantu proses perkuliahan.
Subjek Penelitian
Mahasiswa IAIN Surakarta berjumlah 130 orang yang dilaksanakan pada dilaksanakan pada bulan Juli-Oktober 2021
Metode PenelitianÂ
- Menggunakan analisis regresi berganda, uji t uji F, dan koefisien determinasi
- Menggunakan dokumentasi melalui Kartu Hasil Studi, serta melalui angket
- Variabel yang diteliti yaitu motivasi; kesadaran diri; lingkungan; komunikasi; dan kedekatan prestasi belajar ini mencakup variabel motivasi; kesadaran diri; lingkungan; komunikasi; dan kedekatan.
Hasil Penelitian
a. Uji Linieritas
- Nilai Signifikansi variabel motivasi berada pada 0.367 lebih besar dari 0.05
- Variabel kesadaran diri bernilai 0.189 lebih besar dari 0.05
- Variabel lingkungan bernilai 0.205 lebih besar dari 0.05
- Variabel komunikasi bernilai 0.085 lebih besar dari 0.05
Hal ini dapat dikatakan bahwa keseluruhan variabel menunjukkan hubungan linier secara signifikansi dengan prestasi belajar.
b. Uji multikolinieritas menunjukkan bahwa tidak terdapat multikolinieritas pada semua variabel bebas. Nilai toleransi variabel bebas dapat dikatakan independen apabila berada pada nlai lebih dari 0.1 dan nilai VIF kurang dari 10.
c. Pengaruh variabel bebas terhadap prestasi belajar diperoleh melalui uji pengaruh parsial atau Uji t.
d. Uji F digunakan untuk melihat pengaruh variabel secara simultan.
e. Besarnya pengaruh variabel bebas ini dihitung melalui koefisien determinasi (R2 ), Nilai Adjusted R Square adalah 0.790 atau 79% yang berarti sahabat disabilitas dapat menjelaskan prestasi belajar. Sisanya 21% dijelaskan melalui faktor-faktor lain.
Kekuatan Penelitian
Metode penelitian lengkap.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa menjadi sahabat difabel secara signifikan mempunyai andil terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 79%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Signifikansi terhadap prestasi belajar ini mencakup variabel motivasi; kesadaran diri; lingkungan; komunikasi; dan kedekatan
Analisis
1. Hasil Penelitian : menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara berteman dengan penyandang disabilitas dengan prestasi akademik siswa. Ini adalah informasi penting yang dapat berguna untuk pemahaman yang lebih baik dalam konteks penelitian.
2. Pengaruh Signifikan : peran menjadi sahabat difabel memiliki dampak yang kuat pada prestasi belajar mahasiswa. Namun, penting untuk diingat bahwa "signifikan" dalam konteks penelitian mengacu pada tingkat kepercayaan statistik yang dihasilkan oleh analisis data.
3. Persentase Pengaruh: Penelitian tersebut mengukur pengaruh menjadi sahabat difabel terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 79%. Ini berarti bahwa 79% dari variasi dalam prestasi belajar mahasiswa dapat dijelaskan oleh menjadi sahabat difabel. Sisanya, yaitu 21%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Ini menunjukkan bahwa ada faktor-faktor lain yang juga berperan dalam memengaruhi prestasi belajar mahasiswa.
4. Variabel Lain yang Tidak Diteliti: menunjukkan bahwa masih ada faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi prestasi belajar mahasiswa dan tidak dimasukkan dalam penelitian tersebut. Ini menggambarkan keterbatasan dari penelitian tersebut dan memberikan ide untuk penelitian lanjutan.
5. Variabel yang Dicakup dalam Signifikansi: menunjukkan bahwa penelitian ini mungkin telah mempertimbangkan faktor-faktor ini dalam mengevaluasi hubungan antara menjadi sahabat difabel dan prestasi belajar mahasiswa.