Mohon tunggu...
Cak Bro Cak Bro
Cak Bro Cak Bro Mohon Tunggu... Administrasi - Bagian dari Butiran debu Di Bumi pertiwi

Menumpahkan barisan Kata yang muncul di Pikiran

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen Auditor: Mengungkap Modus Pemeriksaan Secara Tak Sengaja (Bagian I)

29 November 2021   16:18 Diperbarui: 29 November 2021   16:31 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Temannya pun menimpali, "memang saya lihat data laporan keuangan dari soft-file yang saya peroleh saat awal pertemuan kita kekantor sana, tidak ada angka-angka dari account-nya yang mencurigakan, sudah saya analisis dan amati juga data antar account (nama perkiraan merupakan komponen dari laporan keuangan berupa Neraca Keuangan Perusahaan dan Laporan Laba Rugi Keuangan)".

  • Bersiap Tugas Lapangan Ke Pabrik Mengamati Proses Produksi

Tak lama ketua Tim masuk ke ruangan rapat dan berkata, "Oke, tadi saya sudah menyerahkan ke bagian Tata Usaha untuk menyerahkan memo dari Tim Pengendali agar segera menyiapkan Surat Tugas dan lainnya". Kemudian ketua Tim berkata kepada anggota tim, "Mari kita rancang apa yang harus kita lakukan disana...kamu anggota Tim A dan B, tolong bicara dengan bagian keuangan disana untuk mengcross-check data keuangan, apakah ada data yang belum kita ambil". Sambil mengamati copy laporan progress kegiatan, " Dan kamu anggota tim C dan D bersama saya, nanti kita turun mengamati proses produksi di pabrik. Persiapkan kertas kerja dan data-data keuangan yang telah diterima".

Keesokan harinya, kami pergi ke perusahaan yang dituju dan disambut baik dengan wakil dari perusahaan. Setelah dipersilahkan ke ruangan rapat perusahaan, kami menjelaskan maksud kedatangan seraya menyerahkan surat tugas, "Baik pak, kami akan tunjuk staf selaku PIC (person in charge) untuk mengantar ke bagian keuangan dan memberikan apa-apa data yang diminta. Demikian juga dengan tim audit yang akan melihat pabrik kami untuk mengamati proses produksi" ujar wakil dari perusahaan yang menangani bidang perpajakan.

Perusahaan yang sedang kami audit adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi Plywood yakni lembaran triplex (3 lapis) atau multi-plex (multi lapis) yang dijual di dalam negeri maupun luar negeri (ekspor). Perusahaan tersebut mengajukan kompensasi atas kelebihan pajak yang dibayarkan kepada pemerintah (dalam hal ini Ditjen Pajak). Sesuai dengan ketentuan, proses ajuan tersebut akan diterima setelah dilakukan perhitungan kembali oleh aparat pajak berdasarkan hasil pemeriksaan pajak.

  • Mengamati Proses Pengupasan Kayu Gelondongan Menjadi Lembaran Tripleks

Setelah selesai pertemuan dengan wakil dari perusahaan, kemudian kami beranjak pergi menuju pabrik pengolahan plywood dengan ditemani petugas bagian pabrik selaku PIC. Kami pun mencoba mengamati dan mempelajari proses produksi pabrik tersebut. Awal proses dimulai dari sebuah gelondongan kayu berdiameter cukup besar, kemudian gelondongan kayu tersebut masuk dalam mesin pengupas kulit kayu laksana sebuah pisau pengiris berukuran besar. 

Akhirnya gelondongan kayu tersebut berputar dan terkupas kulitnya begitu tipis, berkat kecanggihan mesin pengupas tersebut, hingga tersisia menjadi batang kayu berdiameter kecil seperti tongkat pramuka.

Kemudian kami beralih ke mesin berikutnya yakni mesin pemotong lembaran kayu. Mesi tersebut akan memotong sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan. Kemudian potongan lembaran tersebut dipilih kualitas dan bentuknya (berdasarkan bentuk penampang kayu) serta ditumpuk dan dimasukkan dalam lori kereta, selanjutnya dikrim ke gudang proses produksi. Di bagian produksi, lori tersebut sudah disambut oleh karyawan untuk melakukan proses tahapan selanjutnya. Lembaran kayu yang bagus penampangnya dipilih, kemudian diulasi lem khusus dan ditambah dengan lembaran kayu lain termasuk lembar potongan yang tidak utuh, begitu selanjutnya dan ditutup kembali dengan lembaran kayu yang utuh.

Proses produksi terdiri dari dua bagian yakni tri-plex berarti akan menjadi lembaran tiga lapis, dan bagian proses multi-plex untuk lembaran yang lebih tebal (sekitar 5-7 lapis). Lembaran tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam open atau tungku yang sangat besar untuk dikeringkan atau mengurangi kelembaban dari kadar airnya. 

Dan hasil potongan lembaran tersisa maupun serpihan kayu lainnya tidak dibuang, melainkan dikirim ke bagian mesin lainnya untuk dihancurkan dan dijadikan bubur kayu. Hasil nantinya akan dibuat lembaran yang dinamakan block-board, umumnya digunakan untuk jenis furniture sederhana yang bersifat knock-down. 

  • Terjadi Insiden Terjatuhnya Kotak Peti Packing Di Gudang Penyimpanan

Setelah melihat proses produksi, Ketua tim meminta anggota tim C untuk meminta data-data produksi bagian akuntansi produksi dan berharap akan dilakukan analisis nantinya. 

Kemudian ketua tim audit menunjuk anggota tim D untuk mendampinginya melanjutkan pengamatan pada  bagian proses pengepakan (packing). Di bagian pengepakan sudah tersedia packing kayu berbentuk empat persegi panjang, kemudian lembaran trip-plex disusun bertumpuk dalam peti kotak kayu tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun