Mohon tunggu...
Supriyadi Cahgalungu
Supriyadi Cahgalungu Mohon Tunggu... Guru - Menikmati setiap proses yang dilalui

hidup tak selamanya seperti yang direncanakan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

PGP-4-Kabupaten Temanggung-Supriyadi-3.3-Aksi Nyata

15 Juli 2022   09:46 Diperbarui: 15 Juli 2022   09:50 866
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

AKSI NYATA MODUL 3.3

MENJADIKAN MURID SEBAGAI PEMIMPIN DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN "MARKET DAY"

Oleh: Supriyadi, S.Pd.

CGP Angkatan 4 Kabupaten Temanggung

Latar Belakang

Selama pandemi covid-19, kantin sekolah tidak diperbolehkan untuk buka. Meskipun murid sudah melaksanakan pembelajaran luring di sekolah tetapi kebijakan ini masih tetap berjalan. Hal ini menyebabkan peserta didik kesulitan untuk mendapatkan makanan dan minuman ketika di sekolah.

Berangkat dari permasalahan tersebut maka perlu dilakukan kegiatan untuk menyediakan makanan dan minuman yang dapat dibeli atau dikonsumsi oleh peserta didik ketika di sekolah. Makanan dan minuman tersebut berasal dari murid dan untuk murid. Ahirnya muncul ide gagasan untuk melaksanakan kegiatan market day sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran bagi peserta didik. Dalam kegiatan market day mencakup suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid.

Pada tahap suara murid (voice), murid diberi kesempatan untuk mengomunikasikan ide dan pendapatnya dengan memberikan kesempatan murid untuk bertanya, memberikan pendapat, berdiskusi berkaitan kegiatan market day yang akan dilaksanakan. Selain itu murid juga diberi kebebasan untuk menentukan menu atau produk yang akan dijual dalam kegiatan market day tersebut.

Pada tahapan pilihan murid (choice), murid diberi kesempatan untuk dapat memberdayakan dirinya, mendorong keterlibatan dalam pembelajaran, dan mengenalkan pada minat pribadi dalam pengalaman belajar. Dalam hal ini yakni memberikan murid kesempatan untuk memilih kelompok serta memberikan kesempatan pada murid untuk menentukan rencana, jadwal atau agenda dalam melaksanakan market day.

Pada tahapan kepemilikan (ownership), murid bertanggungjawab terhadap proses pembelajaran. Mengajak murid untuk menentukan layout tempat kegiatan market day dan strategi supaya apa yang dijual dapat laku.

Kegiatan Aksi Nyata

Kegiatan yang dilaksanakan dalam aksi nyata ini yakni "Market Day", dimana di hari tertentu murid secara berkelompok menyediakan makanan dan minuman yang akan di jual untuk di konsumsi oleh murid lainnya. Murid yang menjadi subjek dalam kegiatan ini adalah murid kelas VIII dan IX. Setiap kelompok diberi kebebasan untuk menentukan jenis produk makanan dan minuman yang akan dijual.

Alasan dari pelaksanaan aksi nyata ini yakni:

  • Menjadikan murid sebagai pemimpin dalam proses pembelajaran mereka sendiri
  • Mengembangkan jiwa kewirausahaan murid
  • Menyediakan kebutuhan makanan dan minuman bagi murid

Hasil Aksi Nyata

Hasil aksi nyata kegiatan "Market Day" yakni tersedianya makanan dan minuman yang dibuat atau diproduksi oleh murid dan dibeli oleh murid lainnya. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari. Hari pertama dilaksanakan oleh murid kelas IX dan hari kedua dilakukan oleh murid kelas VIII.

Produk yang dijual dalam kegiatan "Market Day" ini bermacam-macam makanan dan minuman. Semua produk adalah buatan murid sendiri seperti nuget pisang, pudding telur ceplok, tahu dan lain-lainnya. Sedangkan produk minuman seperti juice, es buah, es degan dan lain-lainnya.

Murid sendiri yang membuat secara berkelompok, menentukan harga jual dan menjual produknya. Hal ini dapat meningkatkan kreatifitas murid dalam pengolahan makanan dan juga dalam proses promosi penjualan.

Tahapan Kegiatan Market Day:

  • Konsultasi dengan kepala sekolah
  • CGP berkonsultasi dengan kepala sekolah berkaitan dengan rencana kegiatan "Market Day". Hal ini dilakukan karena kepala sekolah merupakan penanggung jawab segala kegiatan sekolah
    • Gambar 1. Konsultasi dengan Kepala Sekolah

    • Berkolaborasi dengan guru lainnya
    • CGP berkolaborasi dengan guru lain untuk mendukung kegiatan "Market Day" terutama guru wali kelas VIII dan IX untuk merencanakan, membantu dan mendukung muridnya melaksanakan kegiatan tersebut.
      • img-20220704-wa0005-62d0d429ce96e515ce00e122.jpg
        img-20220704-wa0005-62d0d429ce96e515ce00e122.jpg
      • Gambar 2. Berkolaborasi dengan guru lainnya

      • Merencanakan kegiatan dengan murid
      • CGP merencanakan kegiatan "Market Day" dengan murid. Meminta pandapat murid, membuat kelompok serta memberikan kesempatan murid untuk menentukan produk yang akan diolah dan dijual.
        • img-20220408-102014-62d0d43dbb44860c712fb8a2.jpg
          img-20220408-102014-62d0d43dbb44860c712fb8a2.jpg
        • img-20220413-092228-62d0d454ce96e5160b5b0892.jpg
          img-20220413-092228-62d0d454ce96e5160b5b0892.jpg
        • Gambar 3. Merencanakan kegiatan dengan murid

        • Melaksanakan kegiatan Market Day
        • Pelaksanaan "Market Day" untuk kegiatan kali ini yakni selama 2 hari. Hari pertama yang menyediakan produk makanan dan minuman adalah kelas IX. Hari kedua dilaksanakan oleh murid kelas VIII.
      •   

        img-20220323-wa0006-62d0d474bb4486149909d802.jpg
        img-20220323-wa0006-62d0d474bb4486149909d802.jpg
        img-20220323-wa0011-62d0d47fce96e52a7b50adc2.jpg
        img-20220323-wa0011-62d0d47fce96e52a7b50adc2.jpg
        Gambar 4. Makanan dan minuman yang dijual dalam kegiatan Market Day

        img-20220323-wa0009-62d0d4956e7f01245b00b163.jpg
        img-20220323-wa0009-62d0d4956e7f01245b00b163.jpg
        Gambar 5. Peserta Market Day

        img-20220322-090906-62d0d4d5ce96e510391034f5.jpg
        img-20220322-090906-62d0d4d5ce96e510391034f5.jpg
        Gambar 6. Kegiatan Market Day Kelas VIII

        img-20220321-090531-62d0d4e96e7f013b34100792.jpg
        img-20220321-090531-62d0d4e96e7f013b34100792.jpg
        Gambar 7. Kegiatan Market Day Kelas IX

        Perasaan (Feeling) 

        Perasaan ketika atau setelah menjalankan aksi nyata ini adalah sangat bersemangat dan antusias serta menyenangkan. Murid-murid begitu semangat untuk melaksanakan kegiatan ini. Murid lain juga antusias untuk membeli produk makanan dan minuman yang dijual. Bapak Ibu guru juga ikut berpartisipasi dengan membeli produk yang dijual oleh murid. Meskipun baru berlangsung 2 hari tetapi kegiatan ini dirasa sukses dan dapat dilanjutkan di hari-hari berikutnya.

        Pembelajaran (Finding)

        Pembelajaran yang didapatkan dari aksi nyata ini yakni murid dapat melaksanakan apa yang menjadi tanggungjawabnya. Murid belajar untuk merencanakan produk yang akan dijual, memproduksi sendiri produk tersebut serta menjual produknya sampai laku. Hal ini dapat menjadikan murid sebagai pemimpin dalam proses pembelajaran mereka sendiri. Selain itu kegiatan ini dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan murid. Dengan begitu mereka dapat belajar untuk berwirausaha sebagai bekal dimasa mendatang.

        Penerapan ke Depan (Future)

        Rencana perbaikan untuk pelaksanaan masa mendatang yakni merencanakan dengan lebih matang agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Produk makanan dan minuman yang dijual juga dipastika merupakan makanan dan minuman yang sehat serta dibuat sendiri. Selain itu direncanakan agar kegiatan ini dapat sering dilakukan oleh semua murid dengan bergantian waktunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun