Pada era digital saat ini, pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mempermudah proses administrasi pajak bagi warga negarannya. Salah satu Langkah yang diambil adalah memperkenalkan layanan akses online untuk NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
Apa itu NPWP dan Pentingkah Bagi Warga Negara Indonesia?
NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP adalah identitas pajak yang wajib dimiliki oleh setiap individu atau badan usaha di Indonesia. Nomor tanda wajib pajak ini digunakan sebagai identitas dalam rangka memenuhi hak dan kewajiban perpajakan. NPWP juga berfungsi untuk menjaga ketaatan dalam pembayaran pajak dan pengawasan administrasi.
Dalam pasal 1 Nomer 6 Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2007 dijelaskan, NPWP adalah identitas atau tanda pengenal bagi wajib pajak yang diberikan oleh Dirktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Setiap wajib pajak hanya memiliki satu NPWP. NPWP terdiri dari 15 digit. Rinciannya, 9 digit pertama kode wajib pajak, sedangkan 6 digit berikutnya merupakan kode administrasi perpajakan. Kode ini menjamin data perpajakan seseorang supaya tidak tertukar dengan wajib pajak lainnya.
Alasan mengapa NPWP penting bagi warga negara Indonesia
1. Kewajiban Perpajakan
NPWP merupakan bukti bahwa seseorang atau badan usaha telah terdaftar sebagai wajib pajak di Indonesia. Setiap warga negara yang memiliki penghasilan dan memenuhi syarat memiliki kewajiban untuk membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. NPWP menjadi landasan hukum bagi pemerintah dalam mengenakan pajak kepada warga negara.
2. Akses ke Layanan Publik
Seiring dengan kebijakan pemerintah yang semakin mendorong layanan digital. NPWP juga diperlukan untuk mengakses berbagai layanan publik. Misalnya, untuk membuka rekening bank, mengurus izin usaha, syarat proses pembuatan paspor.
3. Identitas Wajib Pajak
NPWP digunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas diri dari seorang wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya. Salam berbagai transaksi atau kegiatan administratif, NPWP sering diminta sebagai bukti identitas, terutama dalam konteks keuangan dan perpajakan.
4. Kepatuhan Hukum
Memiliki NPWP menunjukkan bahwa seseorang atau badan usaha patuh terhadap peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Hal ini membantu menciptakan lingkungan bisnis yang berkeadilan serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap sistem perpajakan negara. Menjaga ketertiban dan ketaatan pembayaran pajak serta pengawasan administrasi perpajakan wajib pajak.
5. Kontribusi Pembangunan
Melalui pembayaran pajak, warga negara berkontribusi dalam Pembangunan negara. Dana yang diperoleh dari pajak digunakan oleh pemerintah untuk membiayai berbagai program dan proyek Pembangunan.
Berikut adalah Langkah-langkah membuat NPWP menurut pengalaman saya yang sudah membuat dan sudah menerima kartu fisik:
1. Buka situs ereg.pajak.co.id
2. Pilih pendaftaran akun, isi alamat email dengan menggunakan email aktif karena email ini akan digunakan pada formulir proses pendaftaran NPWP, setelah itu masukan kode captcha yang sesuai digambar lalu klik daftar
3. Selanjutnya cek email yang didaftarkan untuk mendapatkan link untuk menuju langkah kedua yaitu proses pendaftaran akun
4. Langkah kedua adalah pendaftaran akun lalu isikan identitas diri
5. Selanjutnya cek email untuk mendapatkan link aktivasi akun, lalu klik untuk memulai pendaftaran NPWP
6. Setelah berhasil mendaftar, login akun dengan memasukan email dan password yang sudah dibuat. Lengkapi data data yang diminta. Setelah selesai dan data yang diisi sudah sesuai dan lengkap klik simpan dan klik ya untuk konfirmasi bahwa data akan terismpan direkap formulir
7. Setelah status pendaftaran NPWP lengkap selanjutnya klik minta token untuk mengirim permohonan verifikasi status lalu masukkan kode captcha. Selanjutnya cek email lalu salin token yang sudah dikirim kemudian klik kirim permohonan, lalu masukkan kode token yang sudah disalin dan klik kirim
8. Setelah mengirim permohonan, status pendaftaran NPWP akan berubah mejadi verfikasi. Jika sudah berubah menjadi verifikasi bisa mengecek email untuk melihat email konfirmasi yang berisi nomer NPWP dan mendapat softfile NPWP
9. Kartu fisik akan dikirim melalui pos beberapa hari setelah membuat NPWP secara online.
Kurangnya informasi dan pemahaman tentang NPWP ini membuat banyak orang menyepelekan kegunaan dari NPWP dan menganggapnya tidak penting. Namun, NPWP ini tak kalah penting dari memiliki KTP sebagai tanda identitas atau SIM bagi pengendara kendaraan bermotor.
 Sekarang membuat NPWP sangat mudah karena diakses online tanpa perlu datang ke kantor pajak dan kartu fisiknya pun dikirim melalui pos tanpa perlu datang untuk mengambilnya.Â
Dengan adanya layanan akses online, proses pendaftaran NPWP menjadi lebih mudah. Dengan mengikuti Langkah-langkah tersebut, dapat memperoleh NPWP dengan mudah tanpa harus mengunjungi kantor pajak secara langsung.Â
Semakin banyaknya pelayanan online yang disediakan oleh pemerintah, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakan dan menjalankan aktivitas keuangan secara kebih efisien.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI