Apa itu konten kreator, konten kreator atau pembuat konten adalah kontribusi informasi ke media apa pun dan terutama media digital untuk pengguna dalam konteks tertentu. Konten adalah sesuatu yang ingin diekpresikan melalui beberapa media, seperti pidato, menulis atau berbagai seni untuk mengekpresikan diri, distribusi, pemasaran atau publikasi.
Pengalaman saya sebagai konten kreator di platform tiktok. Tiktok merupakan wadah yang sangat pas untuk anak muda seperti saya ini. Kenapa, karena tiktok sudah menyediakan fitur-fitur seperti backsound musiknya mereka sediakan, filter untuk memperbagus konten yang kita buat. Di tiktok ada yang namanya foryourpage.Â
Apa itu foryourpage, foryourpage merupakan istilah untuk seseorang yang videonya masuk di beranda kita ketika kita membuka tiktok padahal kita tidak mengikuti akun mereka. Bagaimana hal itu terjadi. Hal itu terjadi karena banyak yang menyukai video kita, berkomentar, dan membagikannya ke teman-teman mereka.
Foryourpage tiktok juga berpengaruh dengan berapa lama kita menonton konten seseorang. Jika kalian sering menonton hal-hal yang misterius beranda kalian akan dipenuhi dengan konten kreator yang membuat video tentang hal-hal yang misterius begitu juga dengan hal-hal yang lain. Jadi beranda kita tergantung berapa lama kita menonton konten orang tersebut.
Saya adalah seorang konten kreator tiktok yang membuat video tentang tempat coffee shop yang ada diJogjakarta. Awal saya bermain tiktok hanya untuk hiburan semata, membuat video lucu-lucuan bareng teman. Isitilahnya biar tidak ketinggalan zaman.Â
Video yang saya buat hanya untuk kesenangan ternyata bukan hal yang ingin orang lihat video itu hanya saya dan teman-teman saya yang melihat.Â
Saya beralih menjadi konten kreator video "estetik". Video pertama saya yang masuk ke beranda orang adalah https://www.tiktok.com/@weakhumanzz/video/6866840720142044418?lang=id-ID&is_copy_url=0&is_from_webapp=v1&sender_device=pc&sender_web_id=6970905810215192066Â
itu kali pertama video saya yang menembus 452,3K viewers dan disukai 54,4k orang serta 990 komentar. Disini saya merasakan bangga dan senang karna bisa menjadi tempat referensi untuk dikunjungi dikota Yogyakarta. Hal yang membanggakan lainnya adalah video saya di komentarin oleh influencer younglex. Isi komentarnya "ini di mana deh? mau shooting disini. Disini saya merasa starsyndrome itu benar adanya hehe.
Karena udah jarang main ke alam sekarang saya beralih membuat konten cinematic. Video tentang tempat-tempat yang ada dikota Yogyakarta. Karena sering melihat isi beranda video cinematic-cinematic tempat di seluruh indonesia saya memutuskan untuk membuatnya juga. Awal video hanya menonton hanya dikit, kecewa jelas.Â
Tapi kalo dipikir-pikir kemarin orang yang mengikuti akun saya karena ingin melihat keindahan alam yang ada di Yogyakarta untuk dijadikan referensi ketika mengunjungi Yogyakarta. Namun seiring berjalannya waktu dan rutinnya saya membuat video. Ternyata saya juga menemukan pasar yang cocok untuk followers saya.Â
Saya membuat video cinematic sebuah tempat coffeeshop yang ada di Yogyakarta. Â Senang, jelas akhirnya menemukan apa yang follewers atau orang lain mau. Intinya tiktok merupukan platform yang pas untuk kita atau kalian yang ingin mengapresiasikan karya kalian untuk dinikmatin orang lain. Tiktok juga bisa kita gunakan untuk berjualan secara kreatif.Â
Banyak akun yang membuat konten tentang shopee haul. Konten shopee haul merupakan konten yang membicarakan tentang barang-barang yang mereka beli di shopee. Jika video kalian banyak ditonton tidak menutup kemungkinan kalian akan mendapatkan endorse atau juga menjadi brand ambassador dari shopee. Intinya semangat untuk berkarya, lakukanlah hal yang kalian suka itu merupakan jalan menuju kesuksesan.
Kekurangan platform tiktok menurut saya terlalu bebas untuk segala kalangan, terutama untuk anak-anak yang potensial menjadi korban kejahatan, seperti cyber bullying, eksploitasi, atau pedofilia. Namun tiktok sudah melalukan penghapusan konten jika konten yang dibuat terlalu vulgar atau menampilkan hal-hal yang tidak baik untuk anak-anak. Tapi yang dilakukan oleh pihak tiktok belom merata, masih ada konten-konten yang tidak baik untuk anak-anak masih tersebar luas.
Agar produksi konten diindonesia menjadi sehat, menurut saya pihat penyedia platform harus memiliki batasan-batasan isi dalam vidoe yang di unggah. Maksudnya penyedia platform harus memiliki tim yang memeriksa konten tersebut sebelum di unggah ke media sosial. Ini juga perlu dukungan dari audiens, jika sekiranya konten yang dibuat tidak sehat audiens juga bisa melaporkan konten tersebut ke pihak platform atau berkomentar sebaiknya buatlah konten yang sehat agar indonesia menjadi lebih baik.
Seperti Chandra liow sebagai seorang konten kreator youtubers ia menegaskan mengutaman kualitas dibandingkan kuantitas ketika membuat konten youtube. Menurut dia konten yang mengedepankan kualitas tidak akan terbatas waktu sehingga dapat dikenang sebagai karya setiap orang. Kebanyakan masyarakat menyukai suka seperti itu (konten yang menjual kuantitas). Jadi kalau yang mereka suka, gue ga bisa bilang mereka enggak boleh nonton itu.
Salah satu konten yang menjual kuantitas adalah konten-konten receh atau yang tidak penting untuk khalayak.
Konten jenis seperti itu justru banyak diminati masyarakat karena tak harus membuat mereka berpikir saat menyaksikannya dan malah terhibur. Bukan salah yang buat kontennya, tapi penikmatinya memang suka yang receh-receh. Hal tersebut justru menjadi market terbesar diIndonesia. Hal inilah yang membuat konten di Indonesia belum semuanya sehat.Â
Itulah cerita saya  tentang kehidupan seorang konten kreator menurut pengalam saya sendiri. Semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H