Mohon tunggu...
Budi Widodo
Budi Widodo Mohon Tunggu... Guru - Guru

Mendidik perlu ke ikhlasan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK 3.1 Menyusun Best Practies

10 Desember 2022   13:48 Diperbarui: 10 Desember 2022   14:04 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi : 

SMKS Miftahul Huda Ciwaingin
Jl. Kiaris Desa Gintungranjeng  Kec. Ciwaringin Kab. Cirebon Prov. Jawa Barat

Lingkup Pendidikan : 

Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai : 

Mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran materi managemen bandwidth untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Penulis : 

Budi Widodo

Tanggal : 

24 November 2022

Situasi :

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

  • Saat guru menjelaskan konsep dari materi managemen bandwidth tanpa pemanfaatan TIK, Peserta didik kesulitan dalam memahami konsep tersebut
  • Peserta didik kesulitan mengerjakan soal evaluasi yang di berikan tentang managemen bandwidth

Dari latar belakang masalah di atas dapat disimpulkan bahwa selama ini peserta didik kesulitan dalam memahami  konsep materi managemen bandwidth hanya dari buku, papan tulis dan penjelasan lisan dari guru tanpa pemanfaatan TIK yang optimal sehingga peserta didik tidak dapat menjawab soal evaluasi pembelajaran dengan baik

Praktik pembelajaran ini menurut saya sangat penting untuk dibagikan karena saya kira banyak rekan guru diluar sana yang mengalami masalah yang sama, sehingga praktik ini diharapkan bisa menjadi referansi atau inspirasi bagi rekan guru lain

Peran saya sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan metode, media dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil pembelajaran peserta didik bisa tercapai sesuai harapan

Tantangan :

Setelah dilakukan kajian literatur, wawancara serta dikonfirmasi melalui observasi  penyebab dari tujuan pembelajaran yaitu Mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran materi managemen bandwidth untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik diantaranya:

  • Guru belum optimal menggunakan media pembelajaran inovatif seperti TIK untuk mengliustrasikan konsep materi mangemen bandwidth
  • Metode pembelajaran guru membosankan
  • Model pembelajaran yang digunakan guru kurang inovatif
  • Motivasi belajar peserta didik rendah

Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah:

  • Mengoptimalkan pemanfaatan media TIK baik faislitas yang dimiliki sekolah maupun peserta didik dalam pembelajaran agar materi mudah dipahami
  • Memilih metode pembelajaran variatif untuk menarik antusias peserta didik
  • Memilih model pembelajaran sesuai dengan materi dan karakter peserta didik
  • Meningkatkan motivasi belajar peserta didik

Dilihat dari tantangan diatas dapat disimpulkan  bahwa tantangan dari sisi guru harus meningkatkan kemampuan TIK, kompetensi baik pedagogik maupun profesionalnya sedangkan dari sisi peserta didik adalah motivasi dalam belajarnya

Yang terlibat dalam mencapai tujuan pembelajaran ini diantaranya:

  • Kepala sekolah yang memberi ijin dan bertanggung jawab atas kegiatan PPL ini
  • Teman Sejawat yang mendukung kegiatan PPL ini
  • Peserta didik sebagai sasaran kegiatan PPL ini

Aksi :

Langkah-langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:

  • Mengoptimalkan  media pembelajaran TIK
  • Strategi yang dilakukan guru adalah memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakter peserta didik
  • Disini guru memanfaatkan media video, powerpoint dan smartphone yang dimiliki peserta didik
  • Proses pemanfaatan media pembelajaran ini mulai dari membuat PPT, memilih video pembelajaran di youtube dan merncanakan memanfaatkan smartphone peserta didik untuk pembelajaran
  • Sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan media pembelajaran ini atara lain pengetahuan guru, alat TIK dan jaringan internet
  • Memilih metode pembelajaran variatif
  • Strategi yang dilakukan guru dalam memilih metode pembelajaran adalah dengan memahami karakter peserta didik dan karakter materi
  • Disini guru memilih metode pembelajaran yang akan digunakan adalah Ceramah, Pengamatan, Diskusi, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
  • Proses pemilihan metode ini pertama guru mempelajari apa saja metode pembelajaran, lalu memahami karakter peserta didik dengan kemampuan dasar dan kebiasaan peserta didik
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman guru akan metode pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran
  • Memilih model pembelajaran
  • Strategi yang dilakukan guru dalam memilih model pembelajaran adalah dengan memahami karakter peserta didik dan karakter materi
  • Disini guru memilih model pembelajaran berbasis proyek (PjBL)
  • Proses pemilihan model ini pertama guru mempelajari apa saja model-model pembelajaran, lalu memahami karakter peserta didik dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan peserta didik. Lalu melihat karakter materi dengan mempeljari materi pembelajaran
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan model ini antara lain pemahaman atau kompetensi guru akan model pembelajaran PjBL dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran
  • Meningkatkan motivasi belajar
  • Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi adalah dengan merancang pembeljaran yang berpusat pada peserta didik
  • Disini guru mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada peserta didik
  • Proses pengembangan RPP yang berpusat pada peserta didik, guru menentukan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran yang kegiatan itu berpusat pada peerta didik dan membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran
  • Sumber daya yang dipelukan dalam meningkatkan motivasi antara lain pemahaman guru akan pembuatan RPP dan juga kreatifitas merancang kegiatan yang membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran

Refleksi Hasil dan dampak :

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dapat dilihat dari:

  • Pemanfaatan media video, ppt dan smartphone yang dimiliki peserta didik membantu pemahaman peserta didik akan konsep materi managemen bandwidth dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran peserta didik diatas KKM
  • Pemilihan metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik terlihat dari kegiatan peserta didik saat pembelajaran
  • Pemilihan model pembelajaran BjBL menumbuhkan keaktifan dan memahaman peserta didik lebih baik terlihat dari keberhasilan proyek yang peserta didik kerjakan
  • Desain kegiatan yang berpusat pada peserta didik sangat meningkatkan keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar

Respon peserta didik terhadap pembelajaran ini adalah sangat senang, dilihat dari kegiatan refleksi akhir pembelajaran  peserta didik memberikan refleksi bahwa pembeljaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik sehingga meningkatkan memahaman peserta didik pada materi

Faktor keberhasilan ini sangat ditntukan akan penguasaan guru terhadap media, metode, model dan langkah-langkah RPP yang telah dibuat

Pembelajaran yang dapat diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan adalah seyogyanya guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih media, metode dan model pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan harapan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun