Mohon tunggu...
Budiman Hakim
Budiman Hakim Mohon Tunggu... Administrasi - Begitulah kira-kira

When haters attack you in social media, ignore them! ignorance is more hurt than response.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bisnis Travel

29 April 2017   00:50 Diperbarui: 29 April 2017   01:16 709
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kondisi industri periklanan yang semakin memburuk membuat beberapa teman banting setir dan mencoba bekerja atau berusaha sendiri di bidang yang lain. Ada yang bisnis restoran, ada yang buka barbershop, coffee shop, ada yang bikin film, pencucian mobil, bengkel, macem-macem deh.

Nah, salah satu temen saya, dulunya Account executive, mencoba peruntungannya di bisnis travel. Temen saya ini namanya Vicky. Dia memilih bisnis itu sesuai dengan gaya hidupnya yang hedonis. Vicky ini bukan orang kaya tapi gaya hidupnya mahal banget sehingga sering banget dia korupsi biaya produksi dengan cara kongkalikong dengan Production House setiap kali ada produksi iklan TV.

Dari dulu dia memang doyan banget jalan-jalan ke luar negeri terus posting foto-fotonya di Instagram buat pamer ke kawan-kawannya. Dia juga suka dugem, mabuk-mabukan dan main cewek. Makanya dia memilih berbisnis travel sambil berharap bisa jalan-jalan sekalian menghasilkan duit.

Tapi sayangnya berbisnis sendiri emang tidak mudah. Belum setahun bisnisnya bangkrut. Dan entah kenapa dia selalu curhat ke saya setiap kali punya masalah. Dan hari itu saya ngebir bareng sama dia di Imbiss Stube, Citos yang letaknya di lantar dasar deket tangga jalan.

“Jadi kenapa bisnis travel lo tutup, Vick?” tanya saya.  

“Tamu gue galak-galak, Bud,” katanya sambil menghisap rokoknya.

“Galak-galak gimana?”

“Iya mereka demanding banget. Cuma perkara sepele aja pada ngomel gak keruan.”

“Perkara apa misalnya?”

“Misalnya mereka komplain kamar hotelnya kecil. ACnya gak dingin, kran airnya kurang deres, anduknya bau, karpetnya lembab, pokoknya semua hal sepele dan gak penting dikomplain. Kan BT gue…”

“Lalu?”

“Terus mereka maksa harus ada solusinya padahal kan itu paket murah, jadi gue ga punya bargaining power ke orang hotelnya.”

“Cuma itu?” Menurut saya itu komplain yang sangat biasa dan gak terlalu sulit untuk diselesaikan..

“Banyak lagi, Bud. Pas di bus mereka komplain bisnya udah rongsok, supirnya ketuaan jadi nyetirnya kelambatan, joknya kurang empuk, Tour guidenya judes, terus ada biaya-biaya lagi yang mereka harus keluarkan.”

“Biaya apa misalnya?”

“Misalnya pas ke Disney Land, kan mereka harus beli tiket masuk eh mereka marah. Mereka mengira biaya yang mereka keluarkan udah all in.”

“Lo bilang nggak dari awal kalo biaya tour belum termasuk bayar ini bayar itu?”

“Nggak sih. Kan biar keliatan murah hehehehehe….”

“Ya iyalah mereka ngamuk. Gue juga kalo jadi mereka udah gue jedotin pala lo ke logo Disney Land. Hahahahahahaha….” Saya ngakak ngedenger omongannya.

“Iya, Bud Gue mau cari bisnis lain aja. Kapok gue berbisnis travel.”

Setelah peristiwa di kafe itu, Vicky gak kedengeran kabarnya. Sampe suatu hari dia ngajak ketemuan lagi dan kami kembali bertemu di Imbiss Stube di Citos. Kenapa kami selalu memilih Kafe ini untuk bertemu? Karena, setau saya, kafe ini satu-satunya kafe yang menjual draught beer. Udah gitu di sini boleh ngerokok dan wifinya lumayan kenceng. Sebagai gadget freak saya punya motto ‘Home is wherever wifi connected automatically.’ Hehehehe…

Pas ketemu di sana, saya surprise banget ngeliat Vicky. Penampilannya beda banget loh. Dia pake sorban, jenggotnya yang mirip kambing gunung dibiarkan memanjang, dia mengenakan baju gamis dengan celana ngatung. Tangan kanannya menyalami saya sementara di tangan kirinya tergenggam sebuah tasbih berwarna coklat.

Waduh! Ngeliat penampilannya, saya langsung memutuskan untuk menghindari diskusi soal politik dan pilkada. Udah terlalu banyak saya kehilangan teman gara-gara pilkada.

“Weits… penampilan lo beda banget, Vick. Baru dapet hidayah, ya?” tanya saya sambil duduk, memanggil waiter dan memesan kopi, "Saya pesen cappuccino ya. Lo minum apa, Vick?"

“Kok pesen kopi? Bukan bir?” tanya temen saya itu.

“Tadinya gue mau pesen bir tapi gue gak enak ngeliat penampilan lo sangat Islami gitu.”

“Gapapa kaleeee!!!” sahut Vicky seraya langsung memanggil waiter dan merevisi pesanan kami, “Mas, kopinya gak jadi. Bawain aja dua gelas draught beer sama snack, ya. Thanks.”

“Siap, Pak,” kata waiter dengan pandangan aneh.

Waduh! Gila kali nih orang pikir saya. Tapi saya diem aja abisnya bingung mau komentar apa. Setelah pesanan bir kami datang, dia langsung menenggaknya nikmat sekali.

“Ahhhhhhhh….! Nikmat banget! Udah lama nih gue gak ngebir,” katanya. Birnya langsung tandas dan langsung memesan satu lagi.

“Jadi bisnis lo apa sekarang, Vick?” tanya saya masih geli ngeliat kelakuan orang aneh ini.

“Masih bisnis travel, Bud,” katanya sambil mengunyah snack.

“Bukannya waktu itu lo bilang kapok berbisnis travel?” Saya surprise banget ngedenger jawabannya.

“Betul tapi travel gue sekarang mengkhususkan diri buat umrah dan haji.”

“Bedanya apa? Bukannya kerjaannya sama aja?”

“Kerjanya sama aja tapi Jemaah umrah dan haji jauh lebih gampang ditangani daripada travel umum. Terutama dalam menangani komplain mereka,” katanya.

“Oh iya? Kenapa lebih gampang?”

“Kalo travel umum, alasan apapun yang kita kasih, para peserta gak mau ngerti. Pokoknya komplain mereka harus ada solusinya. Bahkan mereka sampe ngancem minta uang kembali atau nuntut ke pengadilan segala, resek banget deh!”

“Kalo peserta umroh gak resek?”

“Resek juga sih. Tapi menanganinya lebih gampang dan mereka bisa mengerti ngedenger jawaban gue.”

“Weeiiits? Lo udah punya mantera yang ampuh ya?” tanya saya diam-diam mulai curiga pada akal bulusnya.

“Jadi gini, Bud. Setiap ada komplain, mau komplain apa aja, jawaban gue selalu sama,” kata Vicky sok jual mahal menahan-nahan jawabannya.

“Apa jawaban lo?” Gak tahan juga akhirnya saya nanya juga.

“Gue selalu jawab gini ‘Maaf, Pak. Ini perjalanan haji dan hanya orang-orang terpilih yang diundang oleh Allah untuk datang ke tanah suci dan berkesempatan memperoleh haji mabrur”

Saya diem menunggu kelanjutan jawabannya.

“Dan Allah selalu memberi cobaan untuk meguji apakah Bapak memang pantas datang ke rumah Tuhan…”

Saya masih diem.

“Dan cobaan-cobaan itu sering sekali berupa hal-hal kecil tapi menguji kesabaran Bapak.”

Saya tetep diem tapi mulai geli karena muai menangkap ke mana arah omongannya.

“Contohnya udaranya panas, bisnya udah rongsok, Joknya kurang empuk, wifinya lambat, supply makanan terlambat, hotelnya jauh dari Masjidil Haram, kamarnya kurang besar, semua itu ujian….”

 “Hahahahahaha…..” Saya gak kuat menahan gelak tapi masih berusaha menahan tawa agar tidak terlalu keras sementara Vicky masih terus mengoceh.

“…karpetnya lembab, supirnya ketuaan sehingga nyetirnya lambat, makanannya udah basi, gak kebagian batu saat jumroh, tenda di Arafah sempit, Jemaah lain bau ketek, orang arab kasar-kasar, semua itu ujian…”

“Hahahahahahahahahahaha….!!!!”

“Nah keliatannya itu hal sepele tapi sekali lagi itu ujian. Kalo ujian seremeh itu saja Bapak gak kuat dan langsung emosi, bagaimana Bapak bisa menghadapi ujian yang lebih berat? Kalo Bapak terus mengomel di rumah Allah, bagaimana mungkin Bapak bisa memperoleh haji yang mabrur?”

“HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA….!!!!” Kali ini tawa saya begitu lepas dan kenceng banget sehingga tamu-tamu di meja lain pada nengok ke arah kami.

Setelah beberapa menit, saya mampu juga menahan tawa. Geli banget saya ngedenger jawaban culas temen saya ini hehehehehe…..

“Terus? Sukses tuh jawaban lo?” tanya saya.

“Selalu sukses! Mau petani, pegawai negeri, konglomerat, anggota DPR sampe tentara yang paling sangar, negedenger jawaban gue langsung pada mingkem,” jawab Vicky sambil memanggil waiter lagi untuk memesan bir buat kami berdua.

Sejenak kami terdiam. Vicky mengoprek-oprek Smartphonenya. Barangkali dia lagi ngecek apakah ada message dari orang-orang yang ingin mendaftar umroh lewat travelnya.

“Walaupun lo culas dan sekampret-kampretnya manusia, gue happy ngeliat lo dapet hidayah…” kata saya melanjutkan percakapan.

“Hidayah apa, Bud?” tanya Vicky heran seraya meletakkan HPnya di atas meja.

“Ya itu penampilan lo beda banget. Lo keliatan lebih agamis. Gue rasa ada banyak malaikat lagi bergelantungan di jenggot kambing lo,” kata saya.

“Oh bukan. Gue pakean begini supaya terlihat relijius. Kalo gue terlihat relijius, peserta umroh dan haji pada percaya kalo gue ngejawab komplain-komplain mereka dengan cara tadi.”

“Hah? Jadi lo pakean begitu bukan karena alasan lebih relijius?”

“Kalo gue udah lebih relijius masa gue ngebir? Yang kagak-kagak aja lo, Bud. Terus terang gue belum sreg berpakaian gini,” kata Vicky sambil meneggak birnya lagi.

“Berarti pakaian lo cuma buat personal branding supaya lo sukses secara marketing, ya?” kata saya lagi.

“Nah, tumben lo pinter. Tapi gue seneng sih lo mengira gue lebih relijius. Gue anggap omongan lo sebagai doa. Aamiin!”

“Aamiin.” saya turut mengaminkan untuk kebaikan temen saya ini,”Kalo lo beneran udah lebih relijius baru lo merasa mantap ya berpakaian seperti ini?”

“Eh jangan salah lo, Bud. Kalo gue udah lebih relijius, bisa jadi pakean gue malah biasa aja.”

“Kenapa begitu?”

“Karena relijius itu ada di akhlak. Akhlak itu ada di hati. Pakean mah cuma kemasan.”

Weeeittttss!!! Lagi-lagi saya surprise banget ngedenger jawabannya. Sebagai orang marketing tentu saja saya sangat mengerti apa yang dia maksud, “Setuju! Seperti sebuah produk kita harus liat isinya ya, bukan cuma kemasannya,”

“Betul! Pakean gue kayak gini bukan cuma mirip Rasullullah tapi mirip sama seluruh orang arab. Gak setiap orang arab adalah orang baik. Abu Jahal dan Abu Lahab juga cara berpakaiannya sama dengan Rasullullah tapi akhlaknya beda jauh, kan?”

Untuk kesekian kalinya saya terdiam. Ga nyangka dia bisa sampe kepikiran begitu. Tapi kebingungan saya akhirnya terjawab ketika dia menyelesaikan pembicaraannya.

“Kita kan orang iklan, Bud. Kalo kita beli kopi, jangan terpesona dengan kemasannya. Cek dulu isinya, apakah kopi yang kita beli itu beneran berkualitas tinggi atau nggak? Cek yang bener rasanya enak atau nggak? Kalo nggak ya ngapain?”

Gak lama kemudian pertemuan pun berakhir. Kali ini, untuk pertama kalinya, saya ditraktir oleh Vicky. Alhamdulillah. Kami berjalan bareng menuju ke tempat parkir. Sebelum berpisah, Vicky bukan menyalami tapi dia juga memeluk saya erat sekali.

“Ilmu periklanan itu luar biasa, Bud. Iklan bukan cuma bagian dari marketing. Periklanan itu adalah ilmu tentang manusia, ilmu tentang kehidupan, I am so blessed to learn advertising from you.” katanya lalu pergi menuju ke arah mobilnya diparkir.

Saya masih termangu-mangu sambil memandang Vicky yang semakin menjauh. Fuiiih….! Saya kira dia baru saja dapat hidayah ternyata malah saya yang dapet hidayah. Hidayah memang bisa dateng kapan saja, di mana saja dan dari siapa saja. Tapi terus terang baru sekali ini saya dapet hidayah dari orang yang ngelecein peserta umrohnya dan habis minum bir pula. Hehehehehehehe…..

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun