Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Buku, Blogger inspiratif

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pentingnya Prioritas dan Fokus dalam Bekerja

6 Juli 2022   00:01 Diperbarui: 6 Juli 2022   00:04 1031
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berhasil menyelesaikan pekerjaan menjadi suatu kebahagiaan, begitu juga menuntaskan tugas atau berbagai kegiatan yang diberikan kepada kita akan sangat menyenangkan jika kita mampu untuk menyelesaikannya.

Dalam menjalani kehidupan selalu ingin berbuat yang terbaik menjadi keinginan setiap orang. Hal ini memaksa seseorang untuk terus belajar dan memperbaiki diri.

Dalam pekerjaan misalnya jika kita ingin memiliki karir yang baik segalanya butuh perjuangan dan kerja keras.

Namun sering kita melihat sebagian orang adanya yang tidak serius untuk bekerja itu dibuktikan dengan bekerja apa adanya saja, terkadang juga pekerjaan yang diberikan tidak diselesaikan dengan berbagai alasan.

Hal tersebut akan mengecewakan banyak orang, pimpinan, pemilik perusahaan atau rekan-rekan kerja semuanya akan merasa tidak nyaman jika kita tidak berlaku amanah untuk bekerja.

Banyak yang bisa kita lakukan agar hal tidak baik tersebut tidak terjadi dengan membuat skala prioritas dan fokus mungkin bisa kita coba.

Penting juga untuk terus meningkatkan kompetensi diri dengan terus belajar.

Pekerja yang baik akan melakukan berbagai cara demi satu tujuan menjadi pribadi yang mampu untuk mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Menjadi pribadi yang amanah dalam menyelesaikan tugas pekerjaan menjadi suatu kewajiban, jika tidak maka kita akan kehilangan kepercayaan bahkan yang paling fatal kita kehilangan pekerjaan kita.

Dalam bekerja terkadang ada pekerjaan yang begitu banyak untuk kita selesaikan dengan waktu yang terkadang sangat mendesak.

Dalam situasi seperti ini diperlukan komitmen yang kuat dan kerja keras dibarengi dengan fokus serta melakukan prioritas untuk menyelesaikan pekerjaan yang di bebankan kepada kita.

Membangun komitmen dengan diri kita kita sendiri harus kita lakukan agar kita memiliki rasa tanggung jawab untuk menuntaskan pekerjaan kita.

Jika komitmen sudah terbangun maka, kerja keras akan muncul dalam diri kita untuk terus menyelesaikan tugas yang diberikan.

Ada beberapa tips yang bisa kita coba agar kita selalu memiliki komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan kita.

1. Disiplinkan diri

Setiap hari sebelum memulai kegiatan apapun atau sebelum melakukan pekerjaan, di pagi hari ada baiknya kita melakukan perencanaan apa yang akan kita kerjakan selama satu hari ini.

Melakukan perencanaan dengan disiplin setiap pagi mungkin akan mempermudah kita untuk menyelesaikan setiap pekerjaan.

Sebelum tidur juga sebaiknya kita evaluasi diri bagaimana pekerjaan yang kita lakukan sepanjang hari ini.

Dengan terus disiplin kita merencanakan dan mengevaluasi maka pekerjaan kita akan selesai sesuai jadwal yang di tentukan.

2. Buat skala prioritas

Semua pekerjaan penting namun sangat penting membuat jadwal prioritas mana pekerjaan yang harus kita selesaikan terlebih dahulu.

Dengan adanya prioritas maka akan membuat pekerjaan tidak menumpuk dan kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik sesuai jadwal.

Mengutamakan pekerjaan yang paling penting baru mengerjakan pekerjaan yang sifatnya tidak mendesak harus kita lakukan agar kita bisa menyelesaikan seluruh pekerjaan kita.

3. Fokus 

Selama ada pekerjaan yang diberikan kepada kita sebaiknya kita fokus untuk menyelesaikannya karena akan banyak gangguan yang akan kita terima saat ingin menyelesaikan pekerjaan.

Gangguan yang mungkin terjadi godaan untuk melihat medsos hingga lupa waktu. Ngopi bareng teman yang menghabiskan banyak waktu dan kurang produktif.

Maka fokus untuk menyelesaikan pekerjaan harus dilakukan dengan menjauhkan handphone saat bekerja. Menolak untuk ngopi jika ada pekerjaan yang harus kita selesaikan.

Jika kita fokus untuk menuntaskan pekerjaan maka pekerjaan akan selesai sesuai waktu yang diberikan.

***

Bekerja menjadi rutinitas yang kita lakukan, dengan bekerja kita akan mendapatkan imbalan untuk memenuhi kebutuhan.

Melakukan pekerjaan dengan baik akan menjaga pintu rezeki kita. Maka sangat penting jika kita membuat skala prioritas dan fokus dalam bekerja agar supaya kita terus memiliki pekerjaan.

Mari terus menjaga kualitas kerja kita karena keluarga dan anak-anak kita butuh hasil kerja keras kita untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Teruslah semangat untuk bekerja dengan membuat prioritas dan selalu fokus.

Salam

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun