Mohon tunggu...
Pendidikan

Komunikasi dan Globalisasi Budaya

29 November 2018   23:19 Diperbarui: 29 November 2018   23:25 942
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: png.clipart-library.com

Dalam bidang media, menunjukkan bahwa Bangsa Barat yang dipimpin oleh AS mendominasi arus informasi dan intertainment internasional di semua sektor media besar.

Dampak dari arus satu arah informasi global dan hiburan pada budaya media nasional dan regional adalah komunikasi dan media internasional yang mengarah ke homogenisasi budaya, tetapi pola interaksi global / nasional / lokal mungkin lebih kompleks.

Isu hibriditas

Bagaimana genre global disesuaikan dengan kode budaya nasional dianalisis melalui studi kasus Zee TV, yang merupakan jaringan multimedia pribadi terbesar India.

Globalisasi budaya barat

Industri perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi global dimiliki oleh beberapa perusahaan transnasional, terutama yang berbasis di AS. Seperti media hiburan di AS (film, televisi, programer, iklan) dan jaringan informasi (berita, dokumenter, informasi on-line) yang memiliki daya tarik internasional terluas. Beberapa berpendapat bahwa pemrograman yang ditransmisikan secara global akan mempromosikan budaya media bersama, berdasarkan bahasa inggris dan gaya hidup barat dan nilai-nilai.

Globalisasi model iklan televisi komersial Barat yang diadopsi dan didorong oleh iklan membawa budaya konsumen ke ruang-ruang hidup di seluruh dunia. Sebagai media visual, televisi memiliki jangkauan yang jauh lebih luas daripada media cetak. Televisi demikian penting untuk apa yang disebut "budaya massa global", yang didominasi "oleh citra, citra, dan gaya iklan massa" (Hall, 1991: 27).

Budaya massa ini mungkin mempengaruhi cara orang berpikir tentang identitas regional atau nasional, karena mereka semakin ekspose ke global, yang sebagian besar adalah Amerika.

Televisi Anak-Anak

Sebelum liberalisasi pasar media, distribusi internasional dari program anak-anak dibatasi oleh jumlah outlet TV yang tersedia dan adanya kuota pada materi asing yang beroperasi di banyak negara. Dengan menjamurnya saluran televisi secara global, saluran khusus anak-anak telah menjadi bagian integral dari pasar televisi internasional. Menurut Screen Digest, dari 87 saluran anak-anak yang beroperasi di seluruh dunia pada tahun 1999, 50 diluncurkan dalam tiga tahun terakhir saja, dengan 33 saluran menggunakan pemrograman berbahasa Inggris (Screen Digest, 1999).

MTV - Music Television

Ketika jaringan ini lahir, saat itulah musik dan televisi Amerika berubah dan sekarang menjadi jaringan terbesar di dunia.

(MTV)

Sejak diluncurkan pada tahun 1981, sebagai jaringan video musik 24-jam pertama di dunia, Music Television (MTV) telah muncul sebagai simbol globalisasi musik dan budaya anak muda Bangsa Barat yang paling terlihat. Dengan slogannya Think global, 'bertindak secara lokal', jaringan MTV ditargetkan agar sesuai dengan selera musik, gaya hidup dan kepekaan dari anak-anak berusia 12-24 tahun di seluruh dunia.

Aliran program televisi internasional

Aliran global pesan-pesan konsumeris melalui televisi internasional telah dilihat oleh beberapa orang sebagai bukti bentuk baru imperialisme budaya, terutama di dunia non-Barat (Schiller, 1996). Salah satu alasan mengapa pesan-pesan ini menjadi global, sebagian besar disebabkan oleh jangkauan luas media yang berbasis di AS, jaringan periklanan dan telekomunikasi, membantu AS untuk menggunakan 'kekuatan lunak', untuk mempromosikan kepentingan nasionalnya (Nye, 1990).

Hegemoni Hollywood

Bahkan di negara-negara dengan jaringan produksi film dan pasar lokal yang sudah berkembang, film-film AS mewakili mayoritas impor, mengingat proliferasi saluran film khusus di seluruh dunia, tidak mungkin ketergantungan pada bioskop AS akan menurun. 

Salah satu isu yang paling diperebutkan dalam ekspor film global adalah perdagangan film antara AS dan Eropa, salah satu pasar media terkaya di dunia. Pada tahun 1996 film-film AS menyumbang hampir 64 persen dari pasar Eropa, sementara film-film Eropa hanya mencapai sekitar 2 persen dari pendapatan box-office di Amerika Serikat.

Kekhawatiran akan keragaman budaya

Standarisasi program di layar bioskop dan televisi dunia 'di bawah pengaruh konten memiskinkan, reduktif yang meremehkan segalanya', berisiko hilangnya identitas budaya dan bahasa yang dianggap oleh banyak masyarakat sebagai 'komponen dasar kedaulatan nasional' mereka (UNESCO). , 1997: 17).

Bahasa Inggris Global

Bahasa Inggris telah muncul dalam dua ratus tahun terakhir sebagai lingua franca perdagangan dan komunikasi global. Pengkabelan dunia pada abad kesembilan belas oleh Inggris memberi mereka keuntungan awal dalam mempromosikan bahasa mereka dan kontrol mereka terhadap jaringan telegraf global menyebabkan bahasa Inggris menjadi bahasa utama perdagangan dan jasa internasional.

Meskipun digunakan oleh minoritas kecil dari elit politik dan budaya, bahasa Inggris terus memiliki pengaruh yang tidak proporsional di banyak negara Persemakmuran, terutama dalam pendidikan dan sastra.

Regionalisasi dan lokalisasi di pasar media

Meskipun ada cukup bukti dari globalisasi produk media Barat untuk meningkatkan kekhawatiran terhadap budaya di luar AS dan Inggris, ada juga kecenderungan ke arah regionalisasi dan lokalisasi konten media yang sesuai dengan prioritas budaya khalayak, dan ketakutan dunia yang dihomogenisasi. budaya mungkin terlalu dini.

Regionalisasi dalam jurnalisme cetak

Untuk memenuhi kebutuhan khalayak regional dan nasional, banyak perusahaan media global menghasilkan edisi regional surat kabar dan majalah mereka, mengklaim menyediakan perspektif regional tentang isu-isu yang relevan dengan pembaca mereka masing-masing.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun