PENDAHULUAN
Β Β Β Β Β Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau latihan yang berlangsung disekolah maupun diluar sekolah untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat pada masa yang akan datang.Β
Pendidikan juga merupakan salah satu upaya dalam memajukan kualitas bangsa, termasuk Indonesia hingga saat ini. Pendidikan telah melekat dan masih dipercaya sebagai media untuk membangun kecerdasan bangsa.Β
Β Β Β Β Β Pencapaian tujuan pendidikan erat hubungannya dengan disiplin. Disiplin adalah kunci sukses, sebab dengan disiplin orang menjadi berkeyakinan bahwa disiplin membawa manfaat yang dibuktikan dengan tindakan disiplinnya sendiri.Β
RUMUSAN MASALAH
Β Β Β Β Β Β Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas maka rumus masalahnya adalah sebagai berikut.Β
Bagaimana penerapan tata tertib sekolah pada siswa-siswi SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI SAMARINDA.Β
Apakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat penerapan tata tertib sekolah SMA SANTO FRANSISKUS ASSISI SAMARINDA.Β
Bagaimana pengaruh tata tertib terhadap kedisiplinan siswa-siswi di SMA SANTO FRANSISKUS ASSISI SAMARINDA.Β
TUJUAN DAN MANFAATΒ
Β Β Β Β Berdasarkan rumusan masalah diatas TUJUAN penelitian adalah sebagai berikut.Β
untuk mengetahui penerapan tata tertib sekolah pada peserta didik SMA SANTO FRANSISKUS ASSISI SAMARINDA.Β
untuk mengetahui apa yang menjadi faktor pendorong dan penghambat tata tertib sekolah SMA SANTO FRANSISKUS ASSISI SAMARINDA.Β
Untuk mengetahui bagaimana pengaruh tata tertib di SMA SANTO FRANSISKUS ASSISI SAMARINDA.Β
Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut.Β
Penelitian ini dapat memberikan sumbangan ilmiah untuk memperluas ilmu pendidikan.Β
memberikan sumbangan untuk peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia.Β
LANDASAN TEORI
Β Β Β Β Β Β Β Β Tata tertib sekolah merupakan bagian dari manajemen kelas yang efektif, aturan yang jelas membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. mengurangi perilaku mengganggu, dan meningkatkan interaksi positif di antara siswa.
Β Β Β Β Β Β Β Β Penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang teratur dan disiplin dapat meningkatkan fokus dan motivasi siswa, sehingga berpengaruh positif pada prestasi akademik.
Β Β Β Β Β Β Β Β Dalam konteks ini, siswa tidak hanya menerima aturan, tetapi juga berkontribusi dalam pembentukannya. Keterlibatan siswa dalam penyusunan tata tertib dapat meningkatkan rasa kepemilikan dan tanggung jawab terhadap aturan tersebut.
HIPOTESIS
Β Β Β Β Dari pengaruh tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa-siswi yang telah diteliti, dapat melakukan penerapan tata tertib sekolah dan memberikan peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia.
METODOLOGI PENELITIAN
Β Β Β Β Jenis penelitian ini adalah penelitian yang dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Metode penelitian ini adalah cara-cara yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang dikembangkan untuk memperoleh pengetahuan dengan mengajukan prosedur.Β
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H