Mohon tunggu...
Ibrohim Fathurrosi
Ibrohim Fathurrosi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Sebelas Maret

Tertarik pada topik psikologi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Topik 3 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia (Aksi Nyata)

3 Juli 2024   21:53 Diperbarui: 3 Juli 2024   22:09 1365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia merupakan salah satu mata kuliah selektif yang didapatkan dalam perkuliahan PPG Prajabatan Gelombang 1 2024. Pada topik 3 akan memperdalam tentang Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik dalam Pembelajaran. Pada laman aksi nyata di topik 3 diberikan tugas sebagai berikut.

"Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya."

Berikut akan dipaparkan jawaban atas tugas di atas dengan panduan pertanyaan yang ada di LMS (Learning Management System).

M - MULAI DARI DIRI

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Jawaban : Sebelum memulai pembelajaran pada topik 3 tentang perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, pemahaman saya terhadap materi ini masih terbatas. Saya perlu belajar lebih banyak tentang pendekatan strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang berdasarkan keempat perspektif ini. Saya awalnya mengira topik ini hanya akan membahas hubungan keempat aspek tersebut dengan pembelajaran, namun saya menyadari bahwa ada banyak materi yang perlu saya pelajari, terutama mengenai pengaruh mereka dan interaksi sosial dalam konteks pembelajaran. 

E - EKSPLORASI KONSEP

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Jawaban :  Melalui materi ini, saya belajar tentang konsep analisis pendekatan strategi, metode, dan teknik pembelajaran dengan menerapkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Saya menyadari pentingnya mempertimbangkan keempat aspek ini dalam merancang kegiatan pembelajaran. Selain itu, saya juga eksplorasi konsep teori sosiokultural Vygotsky yang menekankan peran interaksi sosial dalam pembelajaran, yang membantu saya memahami bagaimana hubungan sosial dapat mempengaruhi proses belajar. 

R - RUANG KOLABORASI

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Jawaban : Di ruang kolaboratif, saya dan rekan-rekan melakukan diskusi tentang pandangan kami terhadap perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran serta dampaknya terhadap proses pendidikan. Kami menyatukan pendapat dan pandangan kami, menganalisis persamaan dan perbedaan dalam pendekatan kami terhadap keempat aspek ini. Diskusi ini membantu kami memahami pentingnya keempat aspek tersebut dan bagaimana kami dapat mempersiapkan diri untuk mengajar dengan mempertimbangkan mereka. 

D - DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)? 

Jawaban : Hasil dari diskusi kami dipresentasikan di kelas, yang memungkinkan kami untuk saling memahami pandangan masing-masing tentang perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran. Presentasi ini memberi kami pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep sosiokultural dan dampaknya dalam konteks pembelajaran. 

E - ELABORASI PEMAHAMAN

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  

Jawaban : Pemahaman saya tentang perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, serta teori sosiokultural dan hubungan sosial dengan pembelajaran siswa, telah berkembang. Saya sekarang lebih menyadari pentingnya keempat aspek ini dalam pendidikan dan bagaimana interaksi sosial mempengaruhi proses belajar. Pemahaman ini terus saya tingkatkan untuk mempersiapkan diri sebagai seorang pendidik yang kompeten. 

K - KONEKSI ANTAR MATERI

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Jawaban : Dari koneksi antara berbagai materi seperti Filosofi Pendidikan, Pembelajaran Berdiferensiasi, Prinsip Pengajaran dan Asesmen, Pembelajaran Sosial Emosional, serta Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya, saya memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pentingnya mempertimbangkan keanekaragaman sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam konteks pendidikan. Ini menegaskan bahwa sebagai pendidik, saya harus mampu mengenali dan menghargai latar belakang serta kebutuhan individu setiap peserta didik. Materi-materi ini memberi saya landasan untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran yang inklusif, yang tidak hanya menyesuaikan strategi pembelajaran dengan gaya belajar dan kebutuhan masing-masing siswa, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang mendukung bagi semua siswa untuk mencapai potensi mereka secara maksimal. 

A - AKSI NYATA

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? 

Jawaban : Pembelajaran mengenai perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik telah meningkatkan kesiapan saya sebagai pendidik. Meskipun saya memberi penilaian 8 dari 10 terkait kesiapan saya, saya menyadari pentingnya pengalaman langsung dalam menghadapi keragaman sosial, budaya, ekonomi, dan politik di kelas. Saya terus berusaha untuk belajar dan memperdalam pengetahuan saya dengan membaca lebih banyak referensi tentang topik ini agar dapat mengimplementasikannya secara optimal dalam praktik pembelajaran saya. 

Demikian pemaparan dari tugas aksi nyata topik Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik dalam Pembelajaran  dalam mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia PPG Prajabatan Gelombang 1 2024. Semoga bermanfaat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun