Mohon tunggu...
Riduannor
Riduannor Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Citizen Journalism

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Menyegarkan Kembali Ingatan tentang "Pantun Jenaka" di Buku Bahasa Indonesia

15 Oktober 2022   20:29 Diperbarui: 15 Oktober 2022   20:42 775
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pameran karya siswa |Dokumen pribadi : Riduannor | Istimewa

Bagi siswa SD di era tahun 80-an, di buku pelajaran bahasa Indonesia di Jilid 4a ada pelajaran tentang pantun jenaka. Pantun jenaka merupakan jenis pantun dengan isi yang lucu dan menghibur.

Bahkan pantun jenaka itu dihapalkan dan dilapalkan kembali didepan kelas tanpa buku teks. Kesalahan menghapal, bait yang salah letak, menjadi penilaian dari guru. 

Menghapal pantun, butir-butir Pancasila, sampai menyanyikan lagu wajib di depan kelas ketika mau pulang sekolah. Tidak ditemukan lagi teknik guru mengajar dengan menghapal pada pelajaran umum. Kalau pelajaran Agama masih ada, menghapal doa-doa, ayat pendek, dan bacaan Sholat.

Diera sekarang, sistem pengajaran dan kurikulum sudah berubah. Sebagai guru rasanya belum pernah menemukan di buku teks Bahasa Indonesia, ada pantun jenaka lagi.

Materi pelajaran bahasa Indonesia di Kurikulum 1975 memang tidak rumit, sederhana, singkat, dan membekas kuat diingatan. Berbeda dengan sekarang, materi pelajaran Bahasa Indonesia berupa bacaan yang panjang. Dengan penguatan mencari gagasan utama, pokok pikiran, atau ide pokok.

Di Kurikulum 2013, penggalian materi pelajaran Bahasa indonesia dengan penguatan pada literasi, memahami makna teks, meringkas dan menyajikan ulang dengan bahasa sendiri.

***

Mengapa pantun jenaka, tidak diajarkan lagi di Buku Bahasa indonesia SD sekarang?

Kalau di telaah dari buku Bahasa indonesia SD memang berbeda tujuan yang ingin dicapai. Di masukkannya materi pelajaran pantun jenaka pada Kurikulum 1975 yang terdiri empat kalimat dalam satu bait. 

Biar mudah dihapal, dan menimbulkan kelucuan bagi siswa yang mendengarkan.

Siswa memang tidak dibiasakan menyusun teks yang sistematis, logis dan efektif. Dihapal, dengan dilapalkan di depan kelas, tak hapal sanksi dan hukuman menanti. 

Hehehe..yang seangkatan dengan penulis Sekolah dasarnya, pada tau semualah. Apa kira-kira hadiah yang di dapatkan dari guru kalau tidak hapal.

Misalnya pantun jenaka yang tidak asing di dengar bagi siswa SD di tahun 1980-an, yang mempelajari buku bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka.

Pantun Jenaka 2

Pohon manggis di tepi rawa
tempat orang mengadu banteng
Nenek menangis sambil tertawa
melihat Kakek bermain kelereng

...dstnya.

Di buku Bahasa Indonesia jaman dulu (Jadul) terbitan balai pustaka, terdiri pantun jenaka 1, pantun jenaka 2, dan pantun jenaka 3. Ditaruh materi pelajaran di bagian akhir buku paket, oleh penulis buku sebagai materi akhir dan hiburan bagi siswa. 

Selain itu penanda bahwa materi pelajaran di Buku bahasa Indonesia akan berakhir, dan berganti ke jilid berikutnya. Dan biasanya sebagai penanda bahwa siswa sudah lancar membaca, sehingga mudah menghapalkan pantun tersebut.

***

Apa hanya ada pantun jenaka, di buku Bahasa indonesia SD jaman dulu?

Jawabannya tentu saja tidak, ada beberapa jenis pantun serupa dengan tema yang berbeda. Ada beberapa jenis pantun selain jenaka yaitu pantun agama, pantun nasihat,pantun budi pekerti, pantun anak-anak, pantun suka cita, pantun duka cita, pantun berkait, pantun dua baris, empat baris, dan pantun enam baris.

Namun pantun yang sangat dikenal oleh siswa, dan populer adalah pantun jenaka. Karena bait-baitnya yang berisi kalimat yang lucu. membuat tertawa. Dan membuat siswa ceria.

Ada baiknya di buku pelajaran Bahasa Indonesia sekarang ini, di kurikulum apapun yang digunakan disisipkan kembali materi pelajaran tentang pantun jenaka. 

Melalui pantun tersirat pesan-pesan moral bagi anak seusia SD yang imajinatifnya sedang berkembang, untuk memicu daya kreativitas siswa. Meningkatkan keterampilan berbahasa anak, meningkatkan kemampuan mengingat, dan membuat siswa mempunyai bendahara kosa kata yang banyak (*)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun