Di era digital sekarang ini kita harus bisa mengikuti perkembangan teknologi agar informasi maupun pelayanan publik bisa di akses dengan mudah untuk pemanfaatan kegiatan pelayanan kepada masyarakat. Memanfaatkan teknologi dan jaringan internet ini sangat efektif serta kinerja semakin mudah dan juga efesien.
Kami berinisiatif untuk membuat pelayanan digitalisasi dengan cara mengembangkan aplikasi pelayanan publik untuk pembuatan surat keterangan dari desa supaya masyarakat bisa dilayani kapan saja dan dimana saja, aplikasi yang kami gunakan mungkin tidak asing lagi bagi kita yang sudah mengenal dunia teknologi di sekarang ini, kenapa kami berinisiatif untuk membuat pelayanan dengan cara ini karena sebagian teman-teman kami dari perangkat desa ada sebagian orang yang kurang mahir mengoprasikan PC atau komputer, karena dulu saat rekrutmen perangkat desa atau pegawai desa tidak melihat aspek-aspek untuk perkembangan teknologi saat ini, jadi kalaupun diberikan pelatihan komputer kurang efektif karena keterbatasan SDM dan karena faktor usia kemungkinan susah untuk dapat mengoprasikan komputer dengan baik, maka dari itu saya berinisiatif membuat formulir isian di google formulir yang bisa di oprasikan oleh teman-teman perangkat desa dengan mudah melalu smartphone, dan kami sudah mengatur desain sedemikian rupa agar dapat digunakan dengan efektif, selain itu bagi warga melenial yang biasa menggunakan smartphone bisa langsung mengisi formular sendiri dan kami para perangkat desa hanya memberikan nomer regestrasi untuk pencatatan di buku regestrasi desa, setelah pengisian formular tersebut ditulis dengan benar dengan mengisi nomor regestrasi, nama lengkap, identitas ktp (NIK), Alamat dan sebagainya, barulah dikirim formulir tersebut dan file surat keterangan dari desa sudah bisa di cetak dalam bentuk pdf yang terkirim ke email, kami juga memberikan pelatihan kepada teman-teman dari awal pengisian hingga proses cetak menggunakan printer bluetooth yang terhubung ke smartphone. Dan setelah proses cetak pada langkah berikutnya untuk di tandatangani oleh Kepala Desa atau Pemerintah Desa lainnya, penggunaan google forumulir ini sangat membantu, sebab ketika yang mahir dalam mengoprasikan komputer sedang ada kegiatan lain bisa melayani dengan baik, dengan adanya aplikasi ini sangat mempermudah pelayanan surat-surat keterangan desa kepada masyarakat. Â
1. Apa itu aplikasi digital ?
Teknologi digital atau yang sering disebut dengan teknologi informasi
dan komunikasi (TIK) merupakan suatu bentuk teknologi yang berkaitan dengan
pengolahan data melalui komputer dan jaringan internet.
2. Aplikasi ini membutuhkan apa saja?Â
- Hardware seperti smartphone atau bisa juga PC (Komputer)
- Jaringan internet
- Printer
3. Bagaimana kinerja aplikasi tersebut sehingga bisa memudahkan pekerjaan?Â
Kinerja pada aplikasi yg dikembangkan oleh google ini sangat sederhana Aplikasi ini
berbasis web yang digunakan untuk memberikan perintah melalui jaringan internet dan mengisi file secara otomatis.
INOVASI PENGELOLAAN APLIKASI
Bisri sebagai kasi pemerintahan desa sitail kecamatan jatinegara  memanfaatkan aplikasi autocrat yang terhubung di google formulir untuk menunjang kebutuhan surat-surat keterangan yang ada di desa.
- Mendesain isian google formulir
- Mengelola aplikasi agar selalu berjalan dengan baik
- Membuat barcode di meja pelayananÂ
Pelayanan menggunakan apliaksi ini sangat di apresiasi oleh  Anggota BPD Desa sitail dan juga membanggakan Bapak Muhsinin sebagai Kepala desa Sitail Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal, dengan adanya aplikasi pelayanan menggunakan isian google formulir ini menjadikan kemudahan untuk melayani kebutuhan masyarakat.
"Semoga dengan adanya aplikasi ini pelayanan masyarakat semakin baik dan Pegawai Perangkat desa dapat saling membantu " jelasnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H