Mohon tunggu...
Birgita Olimphia Nelsye
Birgita Olimphia Nelsye Mohon Tunggu... Desainer - Sambangi isi pikiranku.

Hakikat hidup adalah belajar.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pendekatan dalam Kebijakan Pendidikan Lingkungan untuk Pembangunan yang Berkelanjutan

25 Mei 2017   17:11 Diperbarui: 29 Mei 2017   06:42 2350
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berkaitan dengan masalah di masa depan, maka Pembangunan Berkelanjutan (sustainable development) menjadi fokus dalam berbagai kebijakan internasional, nasional, maupun lokal di banyak negara di dunia. Salah satunya adalah Belanda. Pemerintahan Belanda mempertimbangkan Pendidikan lingkungan / Environmental Education (EE) and Learning for Sustainable Development (LSD) sebagai instrumen kebijakan yang komunikatif untuk mempromosikan keberlanjutan.

            Keefektifan kebijakan EE di Belanda pernah diuji oleh Netherlands Environmental Assessment Agency. Hasil uji mengungkapkan bahwa instrumen pendidikan dapat sedikit meningkatkan keberlanjutan dalam aktivitas masyarakat. Studi ini menguji 4 bentuk kebijakan EE untuk menjawab pertanyaan:

1. Bagaimana pendekatan EE berkontribusi dalam proses yang mengarah pada praktek-praktek baru yang lebih berkelanjutan? Bagaimana bisa penggunaan pendekatan / instrumen baru ini dapat memperkuat atau memperbaiki pendekatan sebelumnya?

2. Bagaimana bisa pembuat kebijakan EE menjadi lebih kompeten dan efektif dalam menggunakan instrumen komunikatif umtuk menggerakkan masyarakat menuju keberlanjutan (sustainability)?

3. Apa peran ‘pengetahuan’ dalam pendekatan ini?

            Penelitian ini mempelajari 3 pendekatan menuju EE, yaitu pendekatan instrumental, emansipatoris, dan campuran keduanya.

1.Pendidikan dan Komunikasi Lingkungan yang Instrumental.

            Pendekatan instrumental ini berasumsi bahwa perilaku seseorang yang berkaitan dengan pendidikan lingkungan adalah telah mereka setujui dan memberi dukungan terhadap intervensi yang dilakukan pihak lain. Orientasi instrumental adalah perubahan perilaku (behavior change).

            Pendekatan instrumental EE dimulai dengan merumuskan tujuan yang spesifik dalam hal perilaku yang disukai kelompok sasaran, dan menganggap kelompok sasaran sebagai “penerima” pasif  utama yang harus dipahami dengan baik agar intervensi komunikatif mendapat banyak efek. Model ini lebih canggih daripada model klasik “dari kesadaran ke tindakan”. Beberapa poin masukan untuk EE / Pendidikan Lingkungan instrumental adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap masalah, mempengaruhi norma sosial, sikap, meningkatkan kontrol diri (self-efficacy), dan menggabungkan rencana dengan hati-hati.

            Pemerintahan Belanda dan banyak pemerintahan lainnya di dunia untuk itu menggunakan dan mendukung aktivitas pendidikan dan strategi komunikasi untuk mempengaruhi perilaku warga terhadap lingkungan, seperti melalui kampanye kesadaran, dan iklan layanan masyarakat.

            Kritik dari penggunaan pendidikan lingkungan yang instrumental adalah bahwa menggunakan pendidikan untuk mengubah perilaku masyarakat lebih berkaitan dengan manipulasi dan indoktrinasi dari pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun