Mohon tunggu...
Bimo Virgiantino
Bimo Virgiantino Mohon Tunggu... Auditor - Auditor

Audit

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisa COBIT terhadap Platform E-Comerce Tokopedia

7 Desember 2022   20:56 Diperbarui: 7 Desember 2022   21:36 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Bimo Virgiantino

NIM : 191011201365

PENERAPAN COBIT PADA PLANING AND ORGANIZATION PADA TOKOPEDIA

Mengelola Sumber Daya manusia, Tokopedia telah mengelola SDM dengan baik dibuktikan dengan  Tokopedia menyabet tiga penghargaan HR Excellence Award 2022 dari SWA dan Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) atas pencapaian yang luar biasa dalam menerapkan praktik manajemen SDM.

Memastikan Pemenuhan Pihak Eksternal, Tokopedia telah berusaha untuk pemenuhan pihak eksternal, dimana Tokopedia telah bekerja sama dengan Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Badan Siber dan Sandi Negara untuk memastikan keamanan dan perlindungan atas data pribadi setiap pengguna Tokopedia, sehingga pengguna Tokopedia dapat tetap bertransaksi dengan tenang.

Menaksir Risiko, Tokopedia telah berhasil menaksir risiko yang terjadi, dibuktikan dengan Manajemen risiko yang terdapat di Tokopedia menganalisis hubungan risiko asersi spesifik laporan keuangan dengan aktivitas seperti pencatatan, pemrosesan, pengikhtisaran, dan pelaporan data-data keuangan. Risiko yang relevan dengan pelaporan keuangan mencakup peristiwa dan keadaan intern maupun ekstern yang dapat terjadi dan secara negatif mempengaruhi kemampuan entitas untuk mencatat, mengolah, meringkas, dan melaporkan data keuangan konsisten dengan asersi manajemen dalam laporan keuangan.

Mengelola Proyek, Tokopedia dirasa sudah baik dalam mengelola proyek, dengan menghasilkan kolaborasi antara Gojek dan Tokopedia yang dberikan nama GOTO.

Mengelola Kualitas, Tokopedia telah mengelola kualitas dengan baik yang mana ditandai dengan Sistem kerja di Tokopedia menekankan pada budaya kerja sebagai peta, value atau DNA perusahaan sebagai kompas dan visi misi perusahaan sebagai tujuan. 

Secara garis besar, karyawan Tokopedia dilekatkan dengan tiga nilai atau DNA, antara lain perkembangan pola pikir, fokus pada konsumen, mewujudkannya dan membuat perusahaan lebih baik. Tokopedia percaya kesuksesan hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses. Filosofi ini ditanamkan kepada setiap Nakama sejak awal karena bagi Tokopedia tidak cukup hanya mampu secara skill, tetapi harus juga peduli pada misi perusahaan

PENERAPAN COBIT AQUISTION & IMPLEMENTATION PADA TOKOPEDIA

Mengidentifikasi solusi terotomatisasi, Secara garis besar, end-to-end marketplace management merupakan sebuah platform yang dibuat untuk khusus untuk tim penjualan dalam mengatur digital/ online commerce yang mengkombinasikan ritel, analitik rak digital, rantai pasokan, serta data dari beberapa media, berikut dengan rekomendasi dan juga reaksi yang terotomatisasi. 

Dengan adanya artificial intelligence saat ini, manajemen yang Anda lakukan tidaklah harus bersifat manual. Software dengan AI di dalamnya dapat membantu Anda dengan memberikan kapasitas besar untuk menampung jutaan hingga milyaran data yang Anda perlukan. Hal ini membantu Anda mendeteksi tren baru yang mungkin Anda lewatkan hingga menawarkan Anda solusi untuk merealisasikan fitur dan manfaat terbaik dari penjualan online Anda di marketplace.

Mendapatkan dan memelihara software aplikasi Sebagai salah satu aplikasi marketplace yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia, Tokopedia menghadirkan banyak fitur dan halaman produk di platformnya. Berbagai fitur dan halaman produk tersebut seperti halaman check out, dasbor penjual, official store, produk detail, akun, pembayaran, hingga halaman Tokopedia Play. Fitur dan halaman produk tersebut tentu setiap waktunya membutuhkan pemeliharaan dan peningkatan agar dapat selalu memberikan yang terbaik kepada lebih dari 100 juta penggunanya.

Tokopedia merupakan salah satu perusahaan e-commerce terbesar dan memiliki keunikan yang luar biasa dalam melakukan bisnisnya. Features yang terdapat di dalam tokopedia sangat membantu konsumen dalam berbelanja secara nyaman dan aman, dimana perkembangan tingkat keamanan transaksi terus diperbaharui dan dikembangan untuk dapat memberikan yang terbaik kepada konsumen. 

Tokopedia mengalami berbagai perubahan dalam pelayanannya, dan ini dapat meningkatkan keuntungan. Dalam jurnal ini, kita akan menganalisis tokopedia dengan metode 7S McKinsey, yang merupakan salah satu metode terbaik di dunia, dan berikutnya dari hasil analisis ini akan dihasilkan inovasi apa saja yang harus dilakukan oleh tokopedia sehingga dapat terus bertahan, berkembang di dalam dunia e-commerce.

 Tokopedia, bagaimanapun juga, akan tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, di tengah-tengah persaingan yang ketat di dunia e-commerce, tokopedia tetap bertahan dan terus bertumbuh semakin baik, inovasi harus dilakukan, inovasi pelayanan akan membuat tokopedia menjadi semakin besar, memperoleh keuntungan dan memberikan tingkat CRM yang berkualitas tinggi.

Dalam hal ini pihak situs Tokopedia sebagai penyedia jasa layanan web membuat aturan yang harus di penuhi subjek hukum lainya agar bisa melakukan transaksi di situs mereka.

Sistem kerja di Tokopedia menekankan pada budaya kerja sebagai peta, value atau DNA perusahaan sebagai kompas dan visi misi perusahaan sebagai tujuan. Secara garis besar, karyawan Tokopedia dilekatkan dengan tiga nilai atau DNA, antara lain perkembangan pola pikir, fokus pada konsumen, mewujudkannya dan membuat perusahaan lebih baik.

PENERAPAN COBIT DELIVERY AND SUPPORT PADA TOKOPEDIA

Sebaiknya perusahaan memiliki service desk TI untuk melayani pelanggan dalam penggunaan aplikasi bila terjadi error. Pelanggan menginginkan pelayanan yang optimal dari Tokopedia. Dengan adanya service desk dapat menangani dan mengolah masalah atau insiden dari pelanggan. Service desk yang dibentuk nantinya akan didefinisikan menjadi kelompokkelompok layanan TI sesuai dengan kondisi organisasi saat ini dan adanya panduan atau prosedur dalam menentukan proses yang terkait role atau kelompok pada service desk.

Mengapa masih banyak juga konsumer yang takut untuk belanja online. Dikarenakan Indonesia masih minim dengan masalah keamanannya. Faktor yang tertinggi saat ini adalah takut terjadinya penipuan. Seperti penipuan pembayaran, penipuan dengan menggunakan akun nakal, serta pengambilalihan akun. Sebuah Riset dari Comscore, perusahaan analisis media, menyimpulkan:  2 dari 3 pembeli memperhitungkan ongkos kirim yang paling ekonomis. 1 dari 3 orang bahkan memilih untuk membayar lebih, selama mereka bisa menerima barang lebih cepat.  46% pembeli menyatakan akan merekomendasikan suatu toko online jika barang yang mereka pesan tiba tepat waktu. Semakin banyaknya yang melakukan belanja online, untuk hal pembayaran pun dibuat perubahan dan dijadikan lebih mudah. Seperti yang kita tau, saat ini banyak pembayaran dengan menggunakan payment gateway. Dengan banyaknya promo -- promo tambahan yang ditambah, jika consumer membayar menggunakan payment gateway ini.

Di Tokopedia ada jutaan ragam produk yang siap dibeli. Tanpa perlu macet dan bisa ditracking  barangnya, sudah sampai dimana secara online. (3) Harganya paling murah-Belanja online di Tokopedia harganya sudah pasti paling murah. Dan murah tidak berarti murahan, karena bisa melihat secara transparan ulasan atau review dari para pembeli sebelumnya. Tersedia juga harga grosir. (B) Tokopedia memiliki 7 hal penting di dalamnya-(1) Terpercaya-Berkat adanya fasilitas rekening bersama, calon pembeli akan semakin yakin dan percaya untuk berbelanja di toko. Pada akhirnya, mendapatkan kepercayaan pasar akan menjadi lebih mudah. 

(2) Verifikasi Pembayaran Otomatis, tidak perlu terus-menerus mengecek uang yang masuk ke rekening. Pesanan hanya akan diterima jika pembayaran sudah dilakukan oleh pembeli dan terverifikasi di sistem Tokopedia. (3) Terhubung ke Berbagai Logistik-Sistem kami terhubung langsung dengan agen logistik untuk membantu penghitungan ongkos kirim dari dan ke seluruh Indonesia. 

Semua dilakukan secara otomatis dan real time. (4) Harga Pas-Harga sudah pas, penjual tidak perlu pusing melayani negosiasi harga. Penjual bisa fokus melayani calon pembeli yang serius. (5) Harga GrosirVerifikasi pembayaran dilakukan otomatis oleh Tokopedia dari semua Bank di Indonesia. (6) Dagangan Semakin Laris-Sebagai mal online terbesar Indonesia, Tokopedia dikunjungi jutaan pengunjung yang berpotensi menjadi calon pembeli di toko online. Dengan halaman toko online pribadi yang cantik dan elegan, brand toko online pun semakin dikenal. 

(7) Gratis& Bebas Komisi Penjualan, Bebas resiko, karena semuanya serba Gratis Bahkan bebas komisi penjualan. Pada sisi strategy- tokopedia memiliki hal yang sangat inovatif, di antaranya: Daftar Sekolah, Kampus, atau Komunitas. Tokopedia tidak berhenti sampai pada dua hal tersebut, tokopedia melakukan banyak affiliate dengan berbagai vendor guna mengembangkan bisnis e-commerce.

PENERAPAN COBIT MONITORING AND EVALUATING PADA TOKOPEDIA

Saat ini banyak marketplace yang tersedia di Indonesia, salah satunya marketplace Tokopedia yang bisa digunakan oleh banyak masyarakat karena memiliki banyak manfaat. Manfaat yang diberikan bagi penjual adalah dapat meningkatkan penjualan sedangkan manfaat bagi pembeli adalah memudahkan dalam berbelanja. 

Sehingga perlu mengetahui alur atau cara proses pesanan di Tokopedia. Alur atau cara proses pesanan di Tokopedia umumnya memiliki langkah-langkah yang perlu dilewati secara bertahap. Maka dari itu, para penjual atau seller Tokopedia harus mengetahui beberapa langkah cara memproses pesanan pembeli di Tokopedia sehingga tidak akan mengalami kesulitan untuk memprosesnya pesanan yang masuk dari pembeli.

Berdasarkan informasi dari web tokopedia dapat diketahui pengendalian internal tokopedia sebagai berikut : Committee of Sponsoring Organizations of the Treatway Commission (COSO) mengidentifikasi lima komponen pengendalian intern yang meliputi: Lingkungan pengendalian merupakan dasar dari semua komponen pengendalian intern lainnya yang membuat organisasi menjadi disiplin dan terstruktur. 

Lingkungan pengendalian mencakup suasana organisasi dan sikap manajemen serta karyawan terhadap pentingnya pengendalian yang ada dalam organisasi. Penilaian Risiko (Risk Assesment) Penilaian risiko adalah identifikasi analisis dan pengelolaan risiko suatu organisasi. Suatu risiko yang telah diidentifikasi dapat dianalisis sehingga dapat diperkirakan tindakan yang dapat meminimalisirnya. Prosedur Pengendalian (Control Activities)

Prosedur pengendalian adalah kebijakan atau prosedur yang dibuat untuk memastikan tercapainya tujuan perusahaan dan mencegah terjadinya kecurangan. Pengawasan (Monitoring) Pengawasan adalah proses untuk menilai kualitas kinerja pengendalian intern suatu organisasi. Pengawasan dilakukan untuk menemukan kekurangan serta meningkatkan efektivitas pengendalian intern. Informasi dan Komunikasi (Information and Communication) Informasi diperlukan dari pihak luar perusahaan. 

Manajemen dapat menggunakan informasi ini untuk menilai standar eksternal. Komunikasi melibatkan penyediaan suatu pemahaman yang jelas mengenai peran dan tanggung jawab individu berhubungan dengan pengendalian internal atas pelaporan keuangan.

Tokopedia merupakan perusahaan independen yang tidak dipengaruhi oleh pihak manapun tokopedia terus membangun inovasi melalui evaluasi yang dilakukan pada internal manajemen. Hal ini membuat tokopedia lebih baik lagi untuk kedepannya.

Semoga Tulisan ini bermanfaat bagi pembaca :)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun