Mohon tunggu...
Bimo Nugroho
Bimo Nugroho Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

student from Ahmad Dahlan University

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Konvergensi Media dan Pendidikan Jurnalistik di Indonesia

30 April 2021   18:34 Diperbarui: 30 April 2021   18:40 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Konvergensi media mengacu pada penggabungan teknologi dan platform media yang sebelumnya berbeda melalui digitalisasi dan jaringan komputer. Ini juga dikenal sebagai konvergensi teknologi. Konvergensi media juga merupakan strategi bisnis di mana perusahaan komunikasi mengintegrasikan kepemilikan mereka atas properti media yang berbeda. Ini juga disebut konsolidasi media, konsentrasi media atau konvergensi ekonomi.

Konvergensi Teknologi

Untuk sebagian besar sejarah modern, berbagai jenis media - buku, surat kabar, radio, televisi, bioskop - merupakan teknologi yang berbeda. Mereka juga ada di industri terpisah. Digitalisasi, jaringan komputer, dan kebangkitan Internet, bagaimanapun, telah mengakibatkan runtuhnya silo ini. Ini mengarah pada integrasi semua media. Ini memungkinkan pertukaran langsung dan global dari setiap jenis konten.

Keuntungan Konvergensi Teknologi

Konvergensi teknologi menyederhanakan produksi konten media. Ini juga memperluas, mempercepat dan memfasilitasi distribusinya, seringkali dengan penghematan biaya terkait. Sebuah foto digital, misalnya, dapat diambil gambarnya dan diedarkan secara global dalam hitungan detik melalui Internet. Tidak perlu pemrosesan film, pencetakan, dan distribusi fisik. Demikian pula, konsumen dapat mengakses berbagai bentuk konten media di satu perangkat kapan pun mereka mau, seringkali gratis. Dengan konvergensi teknologi, transmisi data secara elektronik dapat menjadi eksponensial. Ini menggantikan transportasi fisik barang material yang lebih tunggal.

Konvergensi juga mempermudah pembuatan media. Digitalisasi memungkinkan konsumen konten media untuk memproduksi dan mendistribusikan konten mereka sendiri. Mereka bisa jadi orang biasa yang menggunakan situs media sosial. Atau mereka bisa jadi profesional (misalnya, desainer, pembuat film, musisi, penulis, dll.) Yang bekerja di bidangnya. Beberapa analis melihat ini sebagai demokratisasi media. Siapapun yang memiliki akses ke media digital dan jaringan komputer dapat memproduksi, mengonsumsi, dan mengedarkan konten media.

Kekurangan Konvergensi Teknologi

Pengalaman kami dengan konvergensi hingga saat ini juga mengungkapkan beberapa kelemahan. Tidak semua orang memiliki akses yang siap dan terjangkau ke media digital, atau keterampilan untuk mempekerjakannya. Sambungan ke jaringan komputer (dan melek huruf yang diperlukan untuk menavigasinya) semakin penting. Ini menciptakan kesenjangan digital antara si kaya dan si miskin. Selain itu, kapasitas pelacakan program komputer telah menghasilkan peningkatan pengawasan. Ini telah memicu kekhawatiran tentang privasi dan keamanan pribadi.

Perubahan cepat format digital dan banyaknya jumlah data yang tersedia telah menimbulkan tantangan. Ini termasuk kekhawatiran tentang penyimpanan, pelestarian, dan perlindungan hal-hal yang dianggap penting untuk catatan publik. Konten digital dapat disalin, diubah, dan diedarkan dengan sangat mudah. Hal ini menjadi tantangan bagi undang-undang hak cipta yang ada dan mempersulit pencegahan pembajakan konten. Industri musik, film, dan televisi terkena dampaknya. Industri penerbitan juga terancam oleh peredaran bebas media.

Konvergensi Ekonomi

Strategi ekonomi konvergensi media (juga dikenal sebagai konsolidasi media, konsentrasi media atau konvergensi ekonomi) adalah produk dari tiga elemen. Pertama, digitalisasi. Kedua, konsentrasi perusahaan. Lebih sedikit perusahaan besar yang memiliki lebih banyak properti media. (Lihat juga Komisi Kerajaan tentang Konsentrasi Perusahaan). Dan ketiga, deregulasi pemerintah. Faktor-faktor ini memungkinkan konglomerat media memiliki berbagai jenis media (misalnya, TV dan stasiun radio dan surat kabar) di pasar yang sama. Ini juga mengizinkan perusahaan pembawa konten (mis., Distributor TV kabel dan satelit) untuk memiliki produser konten (mis., Saluran TV khusus)

Keuntungan Konvergensi Ekonomi

Konvergensi perusahaan bisa sangat bermanfaat bagi perusahaan. Ini memungkinkan mereka untuk mengurangi biaya tenaga kerja, material dan manajemen. Mereka dapat menggunakan konten media yang sama di beberapa outlet media. Pengiklan dapat menerima penawaran paket untuk sejumlah platform media. Pengakuan dan loyalitas merek dapat ditingkatkan melalui promosi silang dan penjualan silang. Secara historis, perusahaan komunikasi telah membentuk jaringan surat kabar dan jaringan stasiun radio dan TV untuk mewujudkan keuntungan yang sama ini. Konvergensi dapat dilihat sebagai langkah selanjutnya dalam logika yang sama ini.

Kelemahan Konvergensi Ekonomi

Namun, konvergensi ekonomi juga memiliki potensi kerugian bagi masyarakat dan perekonomian secara keseluruhan. Persaingan yang berkurang dapat meningkatkan hambatan masuk bagi perusahaan baru. Media bisa menjadi lebih dikomersialkan. Orang bisa diperlakukan lebih sebagai konsumen daripada warga negara. Selain itu, merger perusahaan bisa sangat mahal. Perusahaan konvergen cenderung mencari keuntungan melalui pemotongan biaya daripada berinvestasi lebih banyak dalam layanan.

Konvergensi perusahaan juga memicu kekhawatiran tentang kualitas jurnalisme perusahaan. Peran media untuk memberikan informasi dan analisis yang obyektif berada di bawah pengawasan yang lebih cermat. Independensi jurnalis dipertanyakan, begitu pula jangkauan sudut pandang tentang peristiwa terkini. Cakupan masalah lokal berkurang. Konflik kepentingan antara properti yang dimiliki oleh perusahaan yang sama dapat muncul.

Media sosial
Media sosial adalah pendorong baru sektor media konvergen. Istilah media sosial mengacu pada teknologi, platform, dan layanan yang memungkinkan individu untuk terlibat dalam komunikasi dari satu-ke-satu, satu-ke-banyak, dan banyak-ke-banyak. Meskipun Internet selalu memungkinkan individu untuk berpartisipasi dalam media tidak hanya sebagai konsumen tetapi juga sebagai produsen, aspek sosial dari konvergensi media tidak berkembang hingga tahun 2000-an, dengan munculnya situs Web 2.0 yang bertujuan untuk berfokus pada pengguna, terdesentralisasi, dan dapat berubah seiring waktu saat pengguna memodifikasinya melalui partisipasi berkelanjutan.

Media sosial dicontohkan dengan munculnya layanan komunikasi online yang mencakup jejaring sosial Facebook, layanan microblogging Twitter, situs web berbagi video YouTube, perangkat lunak blog seperti Blogger dan WordPress, dan banyak lagi lainnya. Skala pertumbuhan platform media sosial ini sangat fenomenal. Facebook pertama kali tersedia untuk umum pada tahun 2006, dan pada tahun 2012 memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Pada tahun 2012 diperkirakan bahwa lebih dari 72 jam video per menit diunggah ke YouTube, dan lebih dari empat miliar video sehari dilihat dari situs itu saja.

Sarjana media Amerika Howard Rheingold telah mengidentifikasi tiga karakteristik inti dari media sosial. Pertama, media sosial memungkinkan semua orang di jaringan menjadi produsen, distributor, dan konsumen konten secara bersamaan. "Hubungan asimetris antara penyiar / produser media dan penonton yang menjadi ciri komunikasi massa abad ke-20 telah berubah secara radikal," kata Rheingold. Kedua, kekuatan media sosial berasal dari hubungan antar penggunanya. Ketiga, media sosial memungkinkan pengguna untuk mengoordinasikan aktivitas di antara mereka sendiri "dalam skala dan kecepatan yang sebelumnya tidak memungkinkan"

Pendidikan media dan jurnalisme Sekolah jurnalisme mempersiapkan siswa untuk menjadi jurnalis 'nyata' dan bekerja di media institusi. Tapi dari perspektif ideal, pendidikan jurnalistik tidak hanya mempersiapkan siswa untuk berkontribusi di industri media, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk memahami tentang media dan masyarakat sehingga mereka dapat berkontribusi secara positif. Idealnya,

jurnalis berasal dari sekolah jurnalisme di universitas atau akademi. Namun, banyak juga jurnalis yang berasal dari disiplin ilmu atau sekolah lain seperti hukum, ekonomi, filsafat, bahkan biologi. Perdebatan utama dalam pendidikan jurnalistik adalah apakah jurnalis perlu berpendidikan perguruan tinggi (universitas), apakah mereka perlu gelar seni liberal, atau apakah mereka membutuhkan pendidikan profesional yang menggabungkan seni liberal dan pelatihan praktis (Folkerts, 2014). 

Mencoba mengaitkan isu lingkungan tersebut dengan peran pendidikan jurnalistik, kedisiplinan memegang peranan penting sebagai jembatan untuk mempersiapkan siswa. untuk memasuki praktik jurnalisme. Beberapa tujuan pendidikan telah disebutkan di bagian utama penelitian tentang pendidikan komunikasi di negara-negara Asia Tenggara. Sana Ada tiga perspektif: ideal, industri media, dan karier di industri non-media (Hwa & Ramanathan, 2000). Penelitian di Indonesia telah menunjukkan tujuan pertama itu pendidikan komunikasi di Indonesia adalah membantu siswa mempersiapkan diri karir jangka panjang di industri media (Nasution, 2000, p. 59). 

Dari penelitian itu Menarik untuk dicatat bahwa tujuan utama yang dikemukakan oleh para pendidik di Indonesia bukan tujuan dari perspektif yang ideal, tetapi tujuan tersebut lebih menonjolkan praktik perspektif untuk mempersiapkan pekerjaan di industri media. Hasil ini sebenarnya bertolak belakang dengan peran pendidikan yang harus menonjolkan aspek yang lebih kritis dan ideal jurnalistik dan tidak hanya dari sisi praktis. 

Thomas Hanitzsch (2001) dilakukan penelitian tentang pendidikan jurnalistik di Indonesia dan menunjukkan beberapa 'kekurangan' itu terkendala kurikulum pendidikan jurnalistik, mulai dari yang kurang sinergis antara pendidikan dan industri, teknologi yang tidak memadai, hingga masalah pengajaran staf dengan kualifikasi minimal. Beberapa di antaranya tampaknya menjadi masalah dihadapi pendidikan jurnalistik di Indonesia hingga saat ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun