PENERAPAN VEKTOR PADA APLIKASI DESAIN GRAFIS
LATAR BELAKANG MASALAHÂ
Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur. Besaran terbagi menjadi dua macam yaitu besaran skalar dan besaran vektor. Besaran skalar adalah besaran yang hanya memiliki nilai. Sedangkan besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah. Â Cntoh dari besaran skalar adalah Panjang, massa, suhu, waktu, kuat arus, intensitas cahaya, dan jumlah zat. Contoh besaran vektor yaitu perpindahan, kecepatan, percepatan, dan gaya.
Vektor dapat dilambangkan dengan anak panah. Ujung anak panah menunjukan arah dan pangkal dari anak panah menunjukkan titik awal. Besar dan Panjang suatu vektor dapat dilihat dari Panjang atau pendeknya garis tersebut. Dalam matematika lambang dari vektor adalah suatu huruf yang di atasnya terdapat tanda panah ataupun dapat ditulis dengan cetak tebal.
Vektor  dalam kehidupan sehari -- hari dapat dilihat dari kegiatan terjun payung, kapal selam, pesawat terbang, perahu ketika menyebrang di tengah kuatnya arus sungai,  orang yang bermain jungkat -- jungkit, layang -- layang, sampai pada aplikasi desain grafis seperti corel draw dan Adobe Illustrator.
Dalam sains komputer, vektor digunakan sebagai grafis. Grafis adalah gambar yang ada di atas layer computer dan tersusun di atas koordinat -- koordinat X dan Y. Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik -- titik dan garis dengan menggunakan rumus matematika tertentu.
Contoh aplikasi yang menerapkan vektor terbagi menjadi 2 yaitu aplikasi 2D dan 3D. Aplikasi dua dimensi yang menggunakan vektor yaitu corel draw dan Adobe Illustrator. Untuk aplikasi dua dimensi ini terdapat dua sumbu yaitu sumbu X dan Y. Sedangkan aplikasi tiga dimensi yang menerapkan vektor yaitu auto cad dan google sketch up. Sumbu yang digunakan oleh aplikasi tiga dimensi adalah sumbu X, Y, dan sumbu Tegak (3 Dimensional).
Di dalam aplikasi corel draw dan Adobe Illustrator kita sudah tidak perlu melakukan perhitungan matematikanya. Yang dilakukan pemakai pada Aplikasi -- aplikasi ini adalah hanya membuat suatu objek dengan tools yang ada. Seperti rectangle tool, polygon, dan circle.
Dalam aplikasi -- aplikasi tersebut terdapat penerapan matematika mengenai vektor seperti saat memperbesar, memperkecil bidang. Dalam mengatur ukuran bidang terdapat sumbu X untuk mengatur ukuran ke kanan dan kiri. Sedangkan sumbu Y digunakan untuk mengatur ukuran ke atas dan ke bawah.
LANDASAN INOVASI DAN ISI
 JENIS -- JENIS VEKTOR
- Vektor Nol         : Suatu vektor yang memiliki Panjang nol dan tidak memiliki arah yang jelas
- Vektor Posisi       :  Vektor yang memiliki titik awal pada titik O (0,0) dan  ujungnya di satu titik tertentu selain titik O
- Vektor Satuan      : Suatu vektor yang panjangnya satu satuan
- Vektor Basis        : Suatu vektor yang memiliki satu satuan dan arahnya searah dengan sumbu koordinat
VEKTOR PADA SUATU BIDANG
Dalam geometri, vektor dapat digambarkan melalui sebuah bidang dua dimensi dan ruang tiga dimensi. Jika vektor digambarkan pada bidang  dua dimensi, maka akan menggunakan dua sumbu yaitu sumbu -- x dan sumbu -- y. Sedangkan vektor di sebuah ruang tiga dimensi makan akan menggunakan tiga buah sumbu yaitu sumbu -- x , sumbu -- y, dan sumbu -- z.
Contoh :
Jika diketahui satu titik yaitu (xa, ya), maka Bahasa matematika yang digunakan adalah:
Sedangkan jika diketahui dua titik (xa, ya) dan (xb, yb). Bahasa matematika yang digunakan adalah:
OPERASI VEKTOR
- Penjumlahan Vektor: Dalam penjumlahan vektor terdapat du acara yaitu metode segitiga dan metode jajar genjang. Untuk metode segitiga dengan cara ujung bertemu pangkal sedangkan jajar genjang pangkal bertemu pangkal.
Xi, Yj dan Zk
Sumbu-x dan sumbu-y dapat digunakan untuk menentukan Panjang suatu vektor. Pada sumbu x, dapat dilambangkan dengan (Panjang sumbu-x) ditambahkan dengan huruf "i". Sedangkan pada sumbu-y, dapat dilambangkan dengan (Panjang di sumbu y) ditambahkan dengan huruf "j". Khusus bagi bidang tiga dimensi, terdapat sumbu z yang dilambangkan dengan (Panjang pada sumbu-z) ditambahkan dengan huruf "k".
PENERAPAN VEKTOR DALAM APLIKASI DESAIN GRAFIS
Dalam corel DRAW, sumbu yang digunakan adalah sumbu x dan y yang terletak di kiri atas window. Contoh ketika saat membuat garis diagonal, garis tersebut akan langsung tercermin dengan sumbu x dan sumbu y. Sama halnya dengan adobe illustrator, saat membuat objek, akan timbul di kanan bawah window mengenai sumbu x dan y.
KESIMPULAN DAN PENUTUP
Kesimpulan dari semua ini adalah, ternyata vektor dapat diterapkan pada sesuatu yang dipakai oleh manusia yaitu laptop terutama pada aplikasi desain vektor yang memudahkan kita membuat logo, label, dan lain sebagainya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H