Mohon tunggu...
Beryl Anargya L.
Beryl Anargya L. Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Psychology Student at Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Persepsi Mahasiswa Baru Psikologi terhadap Relevansi Kurikulum dengan Kebutuhan Karir

6 Januari 2025   21:14 Diperbarui: 6 Januari 2025   21:21 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendahuluan

Kurikulum pendidikan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Dalam konteks program studi psikologi, kurikulum tidak hanya berfungsi sebagai panduan akademis, tetapi juga sebagai jembatan antara teori dan praktik yang diperlukan dalam karir di bidang psikologi. Mahasiswa baru, sebagai kelompok yang baru memasuki dunia akademis, memiliki pandangan unik yang dapat memberikan wawasan tentang bagaimana kurikulum dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan karir mereka di masa depan.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, tingkat pengangguran terbuka di Indonesia mencapai 6,49%, di mana lulusan perguruan tinggi mencatatkan angka pengangguran yang lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan pendidikan menengah. Hal ini menunjukkan bahwa ada kesenjangan antara pendidikan dan kebutuhan pasar kerja, yang menjadi tantangan bagi lulusan psikologi untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi mereka. Oleh karena itu, penting untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa baru terhadap relevansi kurikulum psikologi dengan kebutuhan karir yang ada.

Dalam penelitian ini, mahasiswa baru psikologi menjadi subjek utama yang dianalisis. Dengan memahami pandangan mereka, diharapkan dapat diperoleh data yang berguna untuk pengembangan kurikulum yang lebih relevan dan efektif. Topik ini sangat relevan, terutama dalam menghadapi dinamika dunia kerja modern yang terus berubah, di mana keterampilan praktis dan pengetahuan teoritis harus seimbang agar lulusan dapat bersaing secara efektif di pasar kerja.

Kurikulum yang baik harus mampu merespons perkembangan kebutuhan industri dan masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk melibatkan mahasiswa dalam proses evaluasi dan pengembangan kurikulum. Mengingat bahwa mahasiswa baru adalah individu yang baru saja memasuki lingkungan akademis, perspektif mereka dapat memberikan informasi berharga tentang bagaimana kurikulum dapat disesuaikan untuk meningkatkan kesiapan karir mereka.

Melalui artikel ini, penulis berusaha untuk menggali lebih dalam mengenai persepsi mahasiswa baru psikologi terhadap relevansi kurikulum dengan kebutuhan karir. Dengan menggunakan data dan statistik yang relevan, diharapkan dapat ditemukan pola dan tren yang dapat membantu dalam merumuskan rekomendasi bagi pengembangan kurikulum di program studi psikologi.

Konsep Relevansi Kurikulum dan Kebutuhan Karir

Relevansi kurikulum dalam pendidikan tinggi psikologi dapat didefinisikan sebagai kesesuaian antara materi yang diajarkan dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja. Kurikulum seharusnya tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga harus mencakup keterampilan praktis yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di lapangan. Menurut penelitian oleh Purwanto (2020), lulusan psikologi diharapkan memiliki kemampuan analitis, komunikasi yang baik, serta keterampilan interpersonal yang kuat. Keterampilan ini sangat penting, mengingat banyaknya profesi di bidang psikologi yang berinteraksi langsung dengan individu dan kelompok.

Data dari Asosiasi Psikologi Indonesia menunjukkan bahwa terdapat peningkatan permintaan akan psikolog di berbagai sektor, termasuk kesehatan mental, pendidikan, dan sumber daya manusia. Namun, banyak lulusan psikologi yang merasa kurang siap untuk memasuki dunia kerja karena kurikulum yang tidak mencakup aspek praktis yang memadai (Sari, 2021). Hal ini menunjukkan perlunya evaluasi dan pembaruan kurikulum untuk memastikan bahwa materi yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan industri.

Persepsi mahasiswa baru terhadap kurikulum juga dipengaruhi oleh ekspektasi mereka sebelum memasuki perkuliahan. Banyak mahasiswa yang memiliki harapan tinggi mengenai kemampuan mereka untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus, tetapi sering kali mereka merasa tidak mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang cukup selama masa studi mereka. Sebuah studi oleh Astuti (2022) menemukan bahwa sekitar 65% mahasiswa baru psikologi merasa bahwa kurikulum yang ada kurang relevan dengan kebutuhan karir mereka.

Dalam konteks ini, penting untuk memahami bagaimana persepsi mahasiswa terbentuk. Mahasiswa baru sering kali mengandalkan informasi dari senior, dosen, dan sumber lain untuk membentuk pandangan mereka tentang kurikulum. Jika mereka mendengar bahwa kurikulum tidak memadai, mereka mungkin akan merasa skeptis dan kehilangan motivasi untuk belajar. Oleh karena itu, komunikasi yang baik antara fakultas dan mahasiswa sangat penting untuk membangun persepsi positif mengenai relevansi kurikulum.

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, dapat disimpulkan bahwa relevansi kurikulum psikologi dengan kebutuhan karir adalah isu yang kompleks dan perlu ditangani secara serius. Penyesuaian kurikulum yang melibatkan masukan dari mahasiswa dapat membantu menciptakan program studi yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar kerja, sehingga lulusan dapat lebih siap untuk bersaing di dunia profesional.

Persepsi Mahasiswa Baru terhadap Kurikulum Psikologi

Mahasiswa baru psikologi sering kali memiliki pandangan yang beragam terhadap kurikulum yang disediakan oleh program studi mereka. Beberapa dari mereka mungkin merasa bahwa mata kuliah yang diajarkan sudah sesuai dengan aspirasi karir mereka, sementara yang lain merasa sebaliknya. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Rahmawati (2023), ditemukan bahwa 70% mahasiswa baru merasa bahwa mata kuliah yang mereka ambil saat ini tidak cukup mendukung pengembangan keterampilan praktis yang mereka butuhkan di lapangan.

Pengalaman awal mahasiswa dalam proses pembelajaran juga berkontribusi pada persepsi mereka terhadap kurikulum. Banyak mahasiswa baru yang mengharapkan adanya metode pengajaran yang interaktif dan aplikatif, seperti studi kasus dan simulasi, untuk membantu mereka memahami konsep-konsep psikologi dengan lebih baik. Namun, jika pengalaman belajar mereka didominasi oleh metode pengajaran yang konvensional, seperti ceramah, mereka mungkin merasa kurang terlibat dan tidak termotivasi untuk belajar lebih lanjut (Hendrawan, 2021).

Ekspektasi mahasiswa baru terhadap pendidikan yang mendukung pengembangan keterampilan juga menjadi faktor penting. Mereka sering kali berharap bahwa program studi psikologi tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga keterampilan praktis yang dapat diterapkan dalam situasi nyata. Sebuah penelitian oleh Yulianti (2022) menunjukkan bahwa mahasiswa baru yang memiliki ekspektasi tinggi terhadap pengembangan keterampilan praktis cenderung lebih puas dengan kurikulum yang mengintegrasikan pengalaman belajar langsung, seperti magang atau proyek kolaboratif.

Namun, tantangan muncul ketika mahasiswa baru merasa bahwa kurikulum tidak sepenuhnya mencerminkan kebutuhan karir mereka. Misalnya, banyak mahasiswa yang menginginkan lebih banyak mata kuliah yang berfokus pada teknologi dan alat-alat psikologis modern, tetapi kurikulum yang ada mungkin belum sepenuhnya mengakomodasi hal tersebut. Hal ini dapat menyebabkan ketidakpuasan dan mengurangi motivasi mahasiswa untuk belajar (Sari, 2021).

Dalam rangka memahami persepsi mahasiswa baru terhadap kurikulum psikologi, penting untuk melibatkan mereka dalam diskusi mengenai pengembangan kurikulum. Dengan mendengarkan masukan dan harapan mereka, fakultas dapat merancang kurikulum yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan karir mahasiswa. Ini tidak hanya akan meningkatkan kepuasan mahasiswa, tetapi juga mempersiapkan mereka dengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.

Referensi
Astuti, R. (2022). Kesiapan Lulusan Psikologi dalam Menghadapi Dunia Kerja. Jurnal Psikologi, 12(3), 45-58.
Hendrawan, E. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Psikologi. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 9(2), 101-115.
Purwanto, A. (2020). Kompetensi yang Diharapkan dari Lulusan Psikologi*\. Jurnal Ilmiah Psikologi, 15(1), 23-34.
Rahmawati, D. (2023). Survei Persepsi Mahasiswa Baru terhadap Kurikulum Psikologi. Jurnal Pendidikan Psikologi, 14(1), 67-79.
Sari, M. (2021). Kesenjangan antara Pendidikan dan Dunia Kerja bagi Lulusan Psikologi. Jurnal Psikologi dan Masyarakat, 10(4), 89-102.
Yulianti, F. (2022). Ekspektasi Mahasiswa Baru terhadap Pembelajaran Psikologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 123-136.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun