Mohon tunggu...
Bella Wahyu Rahmadani
Bella Wahyu Rahmadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

step by step, day by day

Selanjutnya

Tutup

Book

Organisasi Adaptif di Era Digital

22 Desember 2022   18:16 Diperbarui: 22 Desember 2022   18:25 2285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Judul Buku      : Organisasi Adaptif di Era Digital

Penulis             : H. Slamet, S.E., M.M., Ph.D.

Penerbit           : Empatdua Media (Intrans Publishing)

Tahun Terbit   : 2022

Halaman Buku: xiv + 214 hlm

Ukuran Buku  : 15,5cm 23cm

ISBN                  : 978-623-5851-02-0

Berkembangnya abad informasi atau era digital ini betul-betul memberikan perubahan yang cukup signifikan terhadap kehidupan umat manusia di seluruh dunia secara dramatis. 

Perubahan tersebut mulai dari perubahan pola pikir, budaya individu/organisasi, cara orag bekerja, bersosial, demografi, penyelenggaraan pemerintah, sistem operasional dan manajemen organisasi, sistem pelayanan publik, hingga kegiatan ekonomi. Seluruh aktivitas tersebut dapat dilakukan selama 24 jam per minggu, kapan saja, dan dimana saja terintegrasi secara global.

Era digital ini merupakan gambaran kehidupan umat manusia yang tergantung pada perkembangan Information Communication and Technology (ICT) dan segala infrastruktur pendukung lainnya. 

Pandemi Covid-19 ini membuat fenomena disrupsi bahkan tampak semakin jelas dalam kehidupan manusia. Hampir semua kegiatan aktivitas manusia dapat dilakukan secara digital, mulai dari berbelanja, belajar, bertransaksi, berkomunikasi, berbisnis, bermain, mencari hiburan, hingga mencari jodoh.

Perubahan tersebut kemudian membuat manajer atau pimpinan organisasi korporasi dan publik harus melakukan pergeseran paradigma. Jika ingin maju, mau tidak mau para manajer atau pimpinan organisasi harus melakukan pergeseran paradigma. Dalam organisasi bisnis khususnya consumer/customer telah dikuasai oleh generasi millineal, dimana mereka memiliki pola pikir, budaya, dan demografi yang berbeda dengan generasi sebelumnya. 

Oleh sebab itu perlunya manajer atau pimpinan untuk menyadari kondisi tersebut. dengan demikian untuk merespon kehidupan umat manusia yang telah terdisrupsi  oleh keadaan yang benar-benar baru, sekaligus memajukan organisasi, dan pada saatnya menikmati kenyamanan, ada satu kata yang harus dipikirkan yaitu transformasi.

Transformasi merupakan perubahan yang dilakukan secara menyeluruh atau secara totalitas, baik secara sistem organisasi maupun yang menyangkut pola pikir, budaya, dan sikap orang-orang dalam organisasi. Namun demikian, tidak banyak organisasi yang berani mengambil risiko akibat melakukan transformasi. 

Di era digital ini, transformasi yang harus dilakukan adalah transformasi digital yaitu proses mengubah business process secara mendasar dalam rangka mengintegrasikan ICT pada seluruh lini sistem organisasi berdasarkan business model. 

Akan tetapi yang perlu diingat adalah transformasi digital bukan sekedar menambah ICT dalam manajemen organisasi, melainkan diharapkan mampu untuk mengubah sistem organisasi menjadi lebih efektif, efisien, produktif, dan berfokus kepada consumer/customer yang memiliki pola pikir, budaya, demografi, dan sikap yang berebda sebelum di era digital.

Organisasi yang sukses dan survive dalam era digital adalah organisasi yang adaptif dan tangkas terhadap perubahan serta real-time dalam pelayanan. Organisasi yang adaptif dapat dilakukan ketika manajer atau pimpinan organisasi mampu membaca isu-isu strategi yang berkembang dan tren yang kemungkinan besar akan terjadi. 

Dalam era digital ini organisasi mesti adaptif terhadap perkembangan dan tren ICT yang terus berkembang dan lebih memajukan kinerjanya lebih canggih. Hal tersebut dikarenakna dalam era digital kebutuhan manusia lebih kompleks dan berlaku secara simultan. Disinilah kemudian diperlukannya peran para manajer atau pimpinan organisasi memiliki pemahaman dan wawasan yang lebih dan secara terus menerus beradaptasi dengan merespons segala bentuk perubahan.

Buku berjudul 'Organisasi Adaptif di Era Digital' ini hadir ditujukan untuk memberikan pemahaman dan wawasan bahwa telah terjadi adanya pergeseran generasi dan cara menginterpresikan diri terhadap perkembangan global era digital, adanya perubahan pada ekonomi digital yang sudah berkembang, serta bisnis marketing yang bisa diterapkan di era modern saat ini. Dimana organisasi disebut sukses dan survive ketika mampu beradaptasi dari adanya perubahan yang terjadi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun