Mohon tunggu...
Achmat Heri Dwijuwono
Achmat Heri Dwijuwono Mohon Tunggu... Penulis -

Berbagi inspirasi mendidik anak di sini: https://www.instagram.com/forumparenting/ Tinggal di Gunungkidul, Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Puisi dan Politik: Ketika Felix Siauw (Mengaku) Terinspirasi Puisi Gus Mus

16 Maret 2019   19:24 Diperbarui: 17 Maret 2019   15:31 1619
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KH. Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) | suaramerdeka.com

Penyair bukanlah gelar yang bisa didapat dengan menjadi konglomerat. Otoritas sebagai penyair mustahil ditukar dengan segepok duit. Juga bukan hak turunan. Yang para ningrat bisa mewarisinya cukup berbekal warna darahnya yang biru. Hanya ada satu cara yang mungkin untuk diberkahi dengan gelar itu, yakni membangun reputasi sebagai seorang penyair. Bertapa cegah nafsu agar telinga bisa peka bisik sunyi nurani. Dan waspada selalu dengan geliat hasrat bicara agar mulut tak sembarangan mengumbar geremeng tanpa makna.  

Para penyair adalah manusia yang gila kemurnian. Jenis manusia yang secara fanatik mewajibkan dirinya sendiri untuk mengukir hanya karya orisinal. Tanpa perlu diawasi pasal-pasal hukum. Tak butuh pula ancaman olok-olok para sejawat di muka umum. Maka, tak mungkin seorang penyair mempertaruhkan reputasinya --tebusan satu-satunya yang memberinya hak untuk menyuarakan derita kemanusiaan--  dengan memperlakukan karya viral milik orang lain sebagai meme. 

Memproduksi meme, dalam beragam bentuk dan variasinya, adalah istilah untuk menyebut perilaku khas yang moncer di zaman kekinian. Mendompleng kepopuleran orang lain demi mendapatkan sesuatu bagi pribadi sendiri ini tentu saja sama sekali bukan fenomena baru. Dan Felix telah memilih untuk menjadi partisipan aktif dalam fenomena itu. 

Memperlakukan puisi Gus Mus sebagai meme. Dalam bentuknya yang paling sangar. Dengan mencatut nama dan mengobrak-abrik diksi dalam puisi fenomenal karya beliau. Itulah fakta yang memberitahu kita. Tanpa ragu. Tanpa syak wasangka. Bahwa Felix bukan penyair.

Felix Siauw bukan penyair, bukan pula santri NU. | suaraislam.co
Felix Siauw bukan penyair, bukan pula santri NU. | suaraislam.co
Lalu, bagaimana kita bisa sampai ke kesimpulan bahwa Felix bukan alumni pesantren NU? Ah, itu perkara gampang. Untuk itu kita tak perlu merunut jauh sejarah NU. Hingga jauh ke awal masa pendiriannya oleh Hadratusy Syaikh KH. Hasyim Asy'ari itu, misalnya. Tak perlu pula menelisik hubungan eratnya dengan perjuangan kemerdekaan. Proses lahir  Pancasila sebagai dasar negara. Atau dinamika panjang menegakkan semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" di NKRI yang adalah harga mati bagi kaum sarungan itu. Vis a vis negara khilafah yang mengingkari daulat nasional, yang notabene gigih diperjuangkan oleh HTI, yang Felix adalah salah satu pentolannya tersebut.

Cukuplah kita saksikan perikehidupan lazim seorang santri dalam keseharian berinteraksi dengan kiainya. Kita pasti telah mafhum, bagi santri Nahdliyin, berkah seorang kiai adalah penting. Dan pasti kita juga sudah hapal, tak ada seorang santri pun yang rindu kualat. 

Santri NU pasti paham bahwa kiainya adalah orang yang secara tertib sanad telah mengajarkan cara menjalani hidup. Sanad yang bersambung. Bukan yang putus di tengah jalan. Bersambung ilmu. Bersambung darah. Bersambung hingga kepada Sang Teladan Mulia, Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. 

Satu ayat Al Quran, yang diwakili oleh huruf manapun dari aksara hijaiyah, bukanlah sekadar ucap yang keluar dari mulut seseorang. Wahyu Allah subhanahu wa ta'ala yang disampaikan melalui malaikat Jibril 'alaihi salam, setiap ayat itu adalah ayat yang pernah keluar dari lisan suci Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Setiap huruf itu memuat di dalamnya nafas cinta mulia. Para kiai bukanlah barisan para pengarang cerita fiksi. Mereka adalah barisan pewaris ilmu dan tindak-tanduk kenabian.

Maka tak mungkin Felix seorang santri NU. Sebab mustahil seorang santri berani nranyak, bertindak ceroboh dan semena-mena, terhadap kiainya. Tak mungkin ada santri NU yang berani "meminjam" nama Gus Mus. Seorang kiai sepuh. Kiainya para kiai. Yang adalah adalah Mustasyar Pengurus Besar Nahdhotul Ulama' (PBNU) itu. Secara tanpa izin. Apalagi memporakporandakan bait-bait cinta yang terus-menerus beliau puisikan sebagai tolak bala bagi negeri kita tercinta. Indonesia ini. Sejak berpuluh tahun silam.

Gunungkidul, 16 Maret 2019  
Achmat Heri Dwijuwono

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun