Mohon tunggu...
Bayu Abisatya
Bayu Abisatya Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa

Video dan Foto

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Dampak Penggunaan Gadget dalam Pembelajaran: Studi Kasus SMP Negeri 1 Yogyakarta

8 Januari 2025   11:39 Diperbarui: 8 Januari 2025   11:39 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam era modern, teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Perkembangan teknologi memberikan transformasi besar pada metode pembelajaran, di mana gadget seperti smartphone, tablet, dan laptop menjadi alat yang sering digunakan oleh siswa. Penggunaan gadget menawarkan berbagai keuntungan, seperti kemudahan dalam mengakses informasi, pembelajaran yang lebih interaktif, dan peningkatan peluang untuk belajar mandiri.

Namun, dibalik manfaatnya, peningkatan penggunaan gadget di kalangan siswa juga memunculkan sejumlah tantangan. Banyak siswa memanfaatkan gadget bukan hanya untuk tujuan akademik tetapi juga untuk hiburan, seperti bermain game atau mengakses media sosial, yang dapat mengalihkan perhatian mereka dari pembelajaran. Situasi ini menimbulkan pertanyaan mendalam tentang bagaimana penggunaan gadget mempengaruhi motivasi belajar dan prestasi akademik siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget dalam pembelajaran, memberikan gambaran yang lebih jelas kepada siswa, guru, dan orang tua tentang bagaimana memanfaatkan teknologi secara bijak untuk mendukung proses pendidikan.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, penelitian ini dirumuskan untuk menjawab pertanyaan:

  1. Apa saja dampak penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa?

Tujuan Penelitian

Mengidentifikasi dampak penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Yogyakarta.

METODE PENELITIAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun