Mohon tunggu...
Bayu Samudra
Bayu Samudra Mohon Tunggu... Freelancer - Penikmat Semesta

Secuil kisah dari pedesaan

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Manfaat Penggunaan Teknologi pada Instansi Pemerintah dalam Memberikan Pelayanan Publik

12 Februari 2021   21:50 Diperbarui: 12 Februari 2021   22:10 663
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto dari bapenda.jabarprov.go.id (Ilustrasi Pelayanan Publik)

Bagaimana jika dunia yang kita pijak saat ini, tiba-tiba kehilangan teknologi. Musnah seketika. Tanpa teknologi. Jangan dibayangkan. Terlalu jauh ke belakang. Mungkin kita bakal kembali ke zaman pra aksara bahkan pra mengenal api. Pertanyaan, apakah kehadiran teknologi dapat membantu kinerja pemerintahan dalam memberikan pelayanan publik?

Kehadiran teknologi sangat berdampak positif terhadap kehidupan manusia tak terkecuali kehidupan organisasi, baik organisasi swasta maupun organisasi pemerintah. 

Dengan teknologi semua kegiatan lebih efektif dan efisien. Hasilnya pun meningkatkan kinerja organisasi dan mobilitas masyarakat yang lebih baik. Penggunaan teknologi dalam sebuah organisasi terutama organisasi pemerintah adalah langkah maju untuk memberikan suatu pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan proses kebijakan yang lebih cepat oleh pemerintah. 

Pasalnya tidak ada lagi halangan yang terjadi antara pemerintah satu dengan pemerintah lain, pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, masyarakat dengan pemerintah, karena semua terkoneksi dengan suatu teknologi yakni internet. Tidak ada lagi batas sosial, tidak ada lagi batas geografi, tidak ada lagi batas ekonomi karena semua orang berbaur menjadi satu menjadi sebuah masyarakat global yang cerdas teknologi informasi. 

Dengan memanfaatkan teknologi semua orang mampu mengakses semua produk layanan pemerintah maupun swasta yang jumlahnya sangat banyak bertebaran di internet. Penggunaan teknologi dalam sebuah organisasi pemerintah banyak sekali. Saya gak sanggup menghitung. Mungkin ada yang mau bantu mencacah. 

Manfaat yang diperoleh mulai dari efisiensi waktu pelayanan publik, biaya pelayanan, jumlah tenaga kerja, struktur organisasi, dan strategi pelayanan publik hingga terbebas dari macam kesalahan yang ditimbulkan oleh manusia atau human error. 

Selain itu, peningkatan kualitas sdm, secara tidak langsung tercipta dari adanya penggunaan teknologi dalam organisasi pemerintahan dan penyebarluasan informasi jauh lebih cepat atas penggunaan teknologi. Hal ini dikarenakan SDM pemerintah, diupayakan untuk memahami sekaligus mahir akan teknologi yang digunakan dan akan digunakan oleh organisasi pemerintah tersebut, sehingga akan meningkatkan produktivitas dan kinerja organisasi pemerintahan tersebut.

Waktu pelayanan jauh lebih cepat ketimbang organisasi pemerintah yang tidak menggunakan teknologi. 

Efisiensi kerja, karena menghemat berbagai macam prosedur dan tahapan diringkas menjadi satu dalam sebuah jaringan produk teknologi yang akan mempercepat proses kerja.

Biaya pelayanan akan ditekan semurah-murahnya tanpa mengurangi kualitas, sehingga masyarakat akan berbondong-bondong untuk meminta haknya yakni pelayanan kepada publik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun