Tim Sales Marketing Adalah Tombak Perusahaan
Tim sales merupakan tombak bagi perusahaan. Karena tim saleslah yang bersentuhan langsung dengan pelanggan, semakin andal tim sales dari sebuah perusahaan akan semakin banyak omzet dan pendapatan yang dihasilkan.
Membuat laporan sehari-hari adalah hal yang biasa. Khusus untuk tim sales, ada banyak fitur menarik dari CRM yang sangat berguna untuk aktivitas pekerjaan mereka, namun masih banyak yang belum mengetahuinya.
Padahal sistem CRM jika dimanfaatkan dengan maksimal akan membantu mempermudah produktivitas bisnis Anda. Termasuk, dalam meningkatkan penjualan.
Nah, berikut ini akan dibahas manfaat yang bisa Anda dapatkan dari fitur CRM untuk tim sales Anda.
Apa Itu CRM (Customer Relationship Management)?
CRM singkatan dari Customer Relationship Management yang bertujuan sebagai strategi pemasaran bisnis dan menjalin komunikasi yang baik antara bisnis atau perusahaan dan pelanggan.
Jadi, penggunaan Customer Relationship Management memang diperlukan bagi pebisnis untuk membuat bisnisnya semakin maju dan berkembang. Tentunya untuk memaksimalkan kegunaan CRM, Anda perlu mengatahui bagaimana cara mengaplikasikannya.
Manfaat CRM Bagi Tim Sales Untuk Mencapai Target Dalam Waktu Singkat
1. Mengatasi double follow up
Pernahkan Anda atau tim menemukan kendala ini? Kasus double follow up terjadi dimana dua orang staf sales menghubungi seorang pelanggan atau calon pembeli. Akibatnya, akan ada penggandaan kontak pelanggan.
Kasus ini bisa terjadi karena kurangnya koordinasi antar staf sales atau kurangnya penerapan SOP perusahaan. Anda dan tim sales harus menghindari kasus ini agar pelanggan atau calon pembeli tidak kebingungan. Tidak hanya itu, adanya double follow up ini bisa membuat pelanggan Anda menjadi tidak nyaman.
Adanya Customer Relationship Management membuat Anda dapat melihat aktivitas follow up pelanggan secara real time. Sehingga tidak terjadi double follow up kepada pelanggan.
2. Handle satu pelanggan oleh dua staf sales
Dengan menggunakan CRM, seorang staf sales bisa meng-handle pelanggan dari staf lainnya. Hal ini sangat berguna untuk proses follow up pelanggan yang lebih cepat. Apabila seorang staf sales dinilai lambat dalam menindaklanjuti proses penjualan atau menemui kendala, maka staf sales lainnya dapat membantunya.
Dengan memantau riwayat aktivitas proses penjualan, seorang sales dapat menemukan tahap mana sebuah proses harus ditindaklanjuti dengan cepat atau sudah sampai tahap mana proses penjualan staf sales yang dituju.
3. Pemisah data antar tim sales
Fungsi ini mengatur tim sales agar bisa/tidak untuk saling melihat data serta aktivitas lainnya. Misalnya, dengan pengaturan fungsi ini, seorang sales bisa melihat data serta aktivitas rekannya, dan sebaliknya.
Fungsi ini berkaitan erat dengan poin kedua. Jika akses visibiltas dari tiap staf sales diizinkan, maka antar staf tentu dapat saling melihat data, progress, serta riwayat aktivitas bersama pelanggan (meeting, tahap deals, dan sebagainya).
4. Pantau progres deals
Dengan menggunakan CRM, sales manajer dapat memantau progress atau perkembangan proses deals dari timnya. Sales manajer pun dapat memberikan komentar jika ada hal yang perlu ditanyakan kepada seorang staf sales.
Misalnya, dalam sebuah deals, tidak ditemukannya aktivitas apapun, padahal telah ada kesepakatan harga awal. Melihat tidak adanya pergerakan oleh sales yang bersangkutan, maka sang manajer dapat memberikan komentar.
Semakin Mudah Pekerjaan Sales, Semakin Banyak Penjualan Yang Bisa Didapatkan
Kini Anda telah mengetahui manfaat software CRMÂ untuk tim sales. Sebagai pebisnis, tidak ada salahnya Anda mulai mencoba menggunakan sistem CRM agar kinerja tim sales Anda lebih efisien.
Tentu, operasional bisnis yang makin efektif tersebut dapat membuat target bisnis Anda tercapai berlipat-lipat ganda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H