Mohon tunggu...
A. Rifqi Amin
A. Rifqi Amin Mohon Tunggu... lainnya -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

A. Rifqi Amin Penulis buku "Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner" dan buku "Sistem Pembelajaran PAI pada Perguruan Tinggi Umum" Tentang aku dan buku karyaku semuanya ada di GOOGLE

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kontrak Pembelajaran Mata Kuliah IASBD

28 Agustus 2014   21:25 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:16 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar

Dosen Pengampu: A. Rifqi Amin

A.Pokok-pokok Pembahasan (Materi Pokok) Mata Kuliah IASBD

I.Identifikasi IASBD

A.Latar Belakang Adanya Kajian IASBD

B.Pengertian IASBD

C.Ruang Lingkup dan Objek Kajian IASBD

D.Peran Penting IASBD

II.Manusia dan Kosmologi

A.Pengertian Manusia (biologi, agama, dan Sosial/psikologi)

B.Posisi Manusia dalam Alam Semesta

C.Tugas Manusia Menjaga dan Mengembangkan Alam, Kehidupan Sosial, dan Budaya (peran)

D.Perbedaan Manusia dengan Hewan (perannya)

III.Filsafat Hidup

A.Makna Kehidupan

B.Tujuan Kehidupan (bukan sekedar tujuan hidup secara pribadi)

C.Pandangan Hidup

D.Kehidupan Ideal

IV.Pandangan Islam terhadap IASBD

A.Hubungan IASBD dengan Ajaran Islam

B.Manfaat Mempelajari IASBD bagi Iman

C.Gejala (fenomena) Alam, Sosial, dan Budaya Sebagai Ayat Kauniyah

V.Relevansi Ekonomi Syari’ah terhadap IASBD

A.Potensi Alam, Sosial, dan Budaya (di Kediri) dalam Konteks Implementasi Pendidikan Dasar Islam (Madrasah Ibtidaiyah/MI)

B.Manfaat Mengembangkan IASBD bagi Implementasi Implementasi Pendidikan dalam Islam

VI.Ilmiah

A.Pengertian Ilmiah

B.Ciri-ciri Ilmiah

C.Metode Ilmiah

D.Sikap Ilmiah

E.Sikap non-ilmiah: a. Dampak Negatif b. cara meminimalisir sikap non-ilmiah (segala sesuatu itu bisa diilmiahkan, hanya manusia sendiri yang masih lembah ilmunya) misal: manusia tidak akan mampu memahami apa itu roh, ilmu pengetahuan tidak mampu memahaminya kecuali hanya sedikit, itupun tidak menyentuh.

VII.Kebudayaan

A.Pengertian Budaya

B.Kebudayaan Islam dan Kebudayaan Barat

C.Kebudayaan Primitif, Agraris, dan Industrial

D.Kajian Kritis tentang Kebuayaan Primitif, agraris, dan Industrial (mengkritisi) (setiap masa pasti meninggalkan sejarah kelam dan sejarah gemilang atau negatif/positif)

E.Peran Kebudayaan bagi Pendidikan Dasar Islam

VIII. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

A.Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

B.Manfaat IPTEK

C.Tantangan dan Peluang munculnya era Informasi

D.Peran ilmu pengetahuan teknologi (khususnya teknologi pendidikan) bagi Pendidikan Dasar Islam

IX.Menggunggah Empati (kemungkinan adalah tugas akhir yang harus dikerjakan dan dipresentasikan bersama-sama)

A.Konsep Empati: Pengertian Empati, Proses Munculnya Empati, dan Hakikat Empati.

B.Urgensi Empati: Menjadikan sebagai aspek Ibadah, Manfaat Empati bagi orang lain dan pribadi, dan keutaman empati bagi pelestarian Alam, sosial, serta budaya

C.Pembudayaan empati: Cara Menggugah Empati,  menggugah empati diri sendiri, dan menggugah empati orang lain.

D.Pendidikan Empati dalam Implementasi Pendidikan Dasar Islam (peran, potensi, manfaat): Empati dalam konteks ilmu pendidikan, empati dalam (menurut) kajian Islam, dan membangun empati anak usia Pendidikan Dasar.

X.

B.Pembagian Kelompok

Kel.

Nama

Tema

Waktu Presentasi

Penyeimbang

I

Khozin dan Asif

Identifikasi IASBD

4 September

Keompok VI

II

Muawiyah dan Ulil

Manusia dan Kosmologi

11 September

Kelompok V

III

Tia dan Binti

Filsafat Hidup

18 September

Kelompok IV

IV

Nur dan Nita

Pandangan Islam Terhadap IASBD

25 September

Keompok III

V

Afif dan Nisfatul

Relevansi Pendidikan Dasar Islam terhadap IASBD

2 Oktober

Kelompok II

VI

Azizah dan Khabibah

Ilmiah

9 Oktober

Kelompok I

UTS

16 Oktober

I

Khozin dan Asif

Kebudayaan

23 Oktober

Kelompok VI

II

Muawiyah dan Ulil

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

30 Oktober

Keompok V

III

Tia dan Binti

Konsep Empati

6 Nopember

Kelompok IV

IV

Nur dan Nita

Urgensi Empati

13 Nopember

Keompok III

V

Afif dan Nisfatul

Pembudayaan Empati

20 Nopember

Kelompok II

VI

Azizah, dan Khabibah

Pendidikan Empati dalam Implementasi Pendidikan Dasar Islam

27 Nopember

Kelompok I

C. Ketentuan Pengerjaan Tugas Menulis

I Tugas Menulis dan Presentasi (Sebelum UTS)

1.Jumlah halaman antara 7 s.d 10 halaman

2.Jarak satu setengan (1 ½) Spasi

3.Font Times New Roman (font size 12)

4.Page setup: Top: 4 cm, left: 4 cm, bottom: 3 cm, dan right: 3 cm

5.Langsung Pada pokok Pembahasan. Tidak ada pendahuluan dan Penutup (kesimpulan). Wajib ada footnote. Format pada halaman pertama: nama, nomer kelompok, dan Judul. Pada halaman seterusnya: pembahasan diakhiri daftar pustaka (daftar rujukan).

6.Penulisan Footnote dan Bibliografi (daftar pustaka) wajib mengacu pada pedoman kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Hasanuddin.

7.Salah Satu anggota kelompok yang presentasi menjadi notulis (sebagai notula), dicatat dalam makalah kemudian dikumpulkan ke dosen.

8.Mahasiswa wajib mempresentasikan tugas menulisnya didampingi kelompok lain yang menjadi penyeimbang pada hari yang telah dijadwalkan. Tidak ada kompensasi atau keringan dalam bentuk apapun dalam pembuatan makalah.

II Tugas makalah dan Presentasi (sesudah UTS)

1.Jumlah halaman minimal 7 halaman

2.Jarak satu setengan (1 ½) Spasi

3.Font Times New Roman (font size 12)

4.Page setup: Top: 4 cm, left: 4 cm, bottom: 3 cm, dan right: 3 cm

5.Format Makalah: Pendahuluan: a. Latar belakang, b. rumusan masalah. Pembahasan: Pengantar (pengertian/devinisi), membangun kosep: mengemukakan teori/pendapat ahli, telaah fenomena di kehidupan nyata, dan penguatan (kesimpulan). Penutup: Kesimpulan, poin-poin pentiang, dan kata kunci. Bibliografi.

6.Penulisan Footnote dan Bibliografi (daftar pustaka) wajib mengacu pada pedoman kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Hasanuddin.

7.Salah Satu anggota kelompok yang presentasi menjadi notulis (sebagai notula), dicatat dalam makalah kemudian dikumpulkan ke dosen.

8.Mahasiswa wajib mempresentasikan makalah didampingi kelompok lain yang menjadi penyeimbang pada hari yang telah dijadwalkan. Tidak ada kompensasi atau keringan dalam bentuk apapun dalam pembuatan makalah.

D.Mekanisme Penilaian

NA = (Afektif x 50%) + (Psikomotorik x 20%) + (Kognotif x 30%)

Keterangan:

NA : Nilai Akhir

Afektif : Total Semua Penilaian Afektif yang Sudah Diangkakan. Meliputi: etika, kedisiplinan, stabilitas emosi, sosialisasi, perasaan, empati (kepedulian), dan ketaatan. Misalnya: Kehadiran (absensi), partisipasi atau respon sikap dalam kelas, akhlak, kepekaan mahasiswa, dan kesungguhan untuk belajar.

Psikomotorik : Total semua penilaian psikomotorik. Meliputi: kemampuan mempraktekkan ilmu dan tanggung jawab terhadap ilmunya. Misalnya: Membangun Sosial-Budaya yang unggul dalam kelas (saat presentasi, bertanya, dan berpendapat)

Kognitif : total semua penilaian Kognitif. Meliputi: logika (dalam pencarian kebenaran), kemampuan bereferensi, penguasaan materi, dan kemampuan memecahkan masalah. Misalnya:  UTS, UAS, tugas mandiri, dan tugas kelompok (teknik penulisan dan menguraikan pendapat secara lisan).

Syarat Lulus: 1. Ikut UAS dan UTS, 2. Mengerjakan tugas mandiri dan kelompok, 3. Presentase kehadiran atau Absensi minimal 80%

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun