Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar
Dosen Pengampu: A. Rifqi Amin
A.Pokok-pokok Pembahasan (Materi Pokok) Mata Kuliah IASBD
I.Identifikasi IASBD
A.Latar Belakang Adanya Kajian IASBD
B.Pengertian IASBD
C.Ruang Lingkup dan Objek Kajian IASBD
D.Peran Penting IASBD
II.Manusia dan Kosmologi
A.Pengertian Manusia (biologi, agama, dan Sosial/psikologi)
B.Posisi Manusia dalam Alam Semesta
C.Tugas Manusia Menjaga dan Mengembangkan Alam, Kehidupan Sosial, dan Budaya (peran)
D.Perbedaan Manusia dengan Hewan (perannya)
III.Filsafat Hidup
A.Makna Kehidupan
B.Tujuan Kehidupan (bukan sekedar tujuan hidup secara pribadi)
C.Pandangan Hidup
D.Kehidupan Ideal
IV.Pandangan Islam terhadap IASBD
A.Hubungan IASBD dengan Ajaran Islam
B.Manfaat Mempelajari IASBD bagi Iman
C.Gejala (fenomena) Alam, Sosial, dan Budaya Sebagai Ayat Kauniyah
V.Relevansi Ekonomi Syari’ah terhadap IASBD
A.Potensi Alam, Sosial, dan Budaya (di Kediri) dalam Konteks Implementasi Pendidikan Dasar Islam (Madrasah Ibtidaiyah/MI)
B.Manfaat Mengembangkan IASBD bagi Implementasi Implementasi Pendidikan dalam Islam
VI.Ilmiah
A.Pengertian Ilmiah
B.Ciri-ciri Ilmiah
C.Metode Ilmiah
D.Sikap Ilmiah
E.Sikap non-ilmiah: a. Dampak Negatif b. cara meminimalisir sikap non-ilmiah (segala sesuatu itu bisa diilmiahkan, hanya manusia sendiri yang masih lembah ilmunya) misal: manusia tidak akan mampu memahami apa itu roh, ilmu pengetahuan tidak mampu memahaminya kecuali hanya sedikit, itupun tidak menyentuh.
VII.Kebudayaan
A.Pengertian Budaya
B.Kebudayaan Islam dan Kebudayaan Barat
C.Kebudayaan Primitif, Agraris, dan Industrial
D.Kajian Kritis tentang Kebuayaan Primitif, agraris, dan Industrial (mengkritisi) (setiap masa pasti meninggalkan sejarah kelam dan sejarah gemilang atau negatif/positif)
E.Peran Kebudayaan bagi Pendidikan Dasar Islam
VIII. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
A.Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
B.Manfaat IPTEK
C.Tantangan dan Peluang munculnya era Informasi
D.Peran ilmu pengetahuan teknologi (khususnya teknologi pendidikan) bagi Pendidikan Dasar Islam
IX.Menggunggah Empati (kemungkinan adalah tugas akhir yang harus dikerjakan dan dipresentasikan bersama-sama)
A.Konsep Empati: Pengertian Empati, Proses Munculnya Empati, dan Hakikat Empati.
B.Urgensi Empati: Menjadikan sebagai aspek Ibadah, Manfaat Empati bagi orang lain dan pribadi, dan keutaman empati bagi pelestarian Alam, sosial, serta budaya
C.Pembudayaan empati: Cara Menggugah Empati, menggugah empati diri sendiri, dan menggugah empati orang lain.
D.Pendidikan Empati dalam Implementasi Pendidikan Dasar Islam (peran, potensi, manfaat): Empati dalam konteks ilmu pendidikan, empati dalam (menurut) kajian Islam, dan membangun empati anak usia Pendidikan Dasar.
X.
B.Pembagian Kelompok
Kel.
Nama
Tema
Waktu Presentasi
Penyeimbang
I
Khozin dan Asif
Identifikasi IASBD
4 September
Keompok VI
II
Muawiyah dan Ulil
Manusia dan Kosmologi
11 September
Kelompok V
III
Tia dan Binti
Filsafat Hidup
18 September
Kelompok IV
IV
Nur dan Nita
Pandangan Islam Terhadap IASBD
25 September
Keompok III
V
Afif dan Nisfatul
Relevansi Pendidikan Dasar Islam terhadap IASBD
2 Oktober
Kelompok II
VI
Azizah dan Khabibah
Ilmiah
9 Oktober
Kelompok I
UTS
16 Oktober
I
Khozin dan Asif
Kebudayaan
23 Oktober
Kelompok VI
II
Muawiyah dan Ulil
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
30 Oktober
Keompok V
III
Tia dan Binti
Konsep Empati
6 Nopember
Kelompok IV
IV
Nur dan Nita
Urgensi Empati
13 Nopember
Keompok III
V
Afif dan Nisfatul
Pembudayaan Empati
20 Nopember
Kelompok II
VI
Azizah, dan Khabibah
Pendidikan Empati dalam Implementasi Pendidikan Dasar Islam
27 Nopember
Kelompok I
C. Ketentuan Pengerjaan Tugas Menulis
I Tugas Menulis dan Presentasi (Sebelum UTS)
1.Jumlah halaman antara 7 s.d 10 halaman
2.Jarak satu setengan (1 ½) Spasi
3.Font Times New Roman (font size 12)
4.Page setup: Top: 4 cm, left: 4 cm, bottom: 3 cm, dan right: 3 cm
5.Langsung Pada pokok Pembahasan. Tidak ada pendahuluan dan Penutup (kesimpulan). Wajib ada footnote. Format pada halaman pertama: nama, nomer kelompok, dan Judul. Pada halaman seterusnya: pembahasan diakhiri daftar pustaka (daftar rujukan).
6.Penulisan Footnote dan Bibliografi (daftar pustaka) wajib mengacu pada pedoman kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Hasanuddin.
7.Salah Satu anggota kelompok yang presentasi menjadi notulis (sebagai notula), dicatat dalam makalah kemudian dikumpulkan ke dosen.
8.Mahasiswa wajib mempresentasikan tugas menulisnya didampingi kelompok lain yang menjadi penyeimbang pada hari yang telah dijadwalkan. Tidak ada kompensasi atau keringan dalam bentuk apapun dalam pembuatan makalah.
II Tugas makalah dan Presentasi (sesudah UTS)
1.Jumlah halaman minimal 7 halaman
2.Jarak satu setengan (1 ½) Spasi
3.Font Times New Roman (font size 12)
4.Page setup: Top: 4 cm, left: 4 cm, bottom: 3 cm, dan right: 3 cm
5.Format Makalah: Pendahuluan: a. Latar belakang, b. rumusan masalah. Pembahasan: Pengantar (pengertian/devinisi), membangun kosep: mengemukakan teori/pendapat ahli, telaah fenomena di kehidupan nyata, dan penguatan (kesimpulan). Penutup: Kesimpulan, poin-poin pentiang, dan kata kunci. Bibliografi.
6.Penulisan Footnote dan Bibliografi (daftar pustaka) wajib mengacu pada pedoman kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Hasanuddin.
7.Salah Satu anggota kelompok yang presentasi menjadi notulis (sebagai notula), dicatat dalam makalah kemudian dikumpulkan ke dosen.
8.Mahasiswa wajib mempresentasikan makalah didampingi kelompok lain yang menjadi penyeimbang pada hari yang telah dijadwalkan. Tidak ada kompensasi atau keringan dalam bentuk apapun dalam pembuatan makalah.
D.Mekanisme Penilaian
NA = (Afektif x 50%) + (Psikomotorik x 20%) + (Kognotif x 30%)
Keterangan:
NA : Nilai Akhir
Afektif : Total Semua Penilaian Afektif yang Sudah Diangkakan. Meliputi: etika, kedisiplinan, stabilitas emosi, sosialisasi, perasaan, empati (kepedulian), dan ketaatan. Misalnya: Kehadiran (absensi), partisipasi atau respon sikap dalam kelas, akhlak, kepekaan mahasiswa, dan kesungguhan untuk belajar.
Psikomotorik : Total semua penilaian psikomotorik. Meliputi: kemampuan mempraktekkan ilmu dan tanggung jawab terhadap ilmunya. Misalnya: Membangun Sosial-Budaya yang unggul dalam kelas (saat presentasi, bertanya, dan berpendapat)
Kognitif : total semua penilaian Kognitif. Meliputi: logika (dalam pencarian kebenaran), kemampuan bereferensi, penguasaan materi, dan kemampuan memecahkan masalah. Misalnya:Â UTS, UAS, tugas mandiri, dan tugas kelompok (teknik penulisan dan menguraikan pendapat secara lisan).
Syarat Lulus: 1. Ikut UAS dan UTS, 2. Mengerjakan tugas mandiri dan kelompok, 3. Presentase kehadiran atau Absensi minimal 80%
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H