Mohon tunggu...
Bagus Sudewo
Bagus Sudewo Mohon Tunggu... Lainnya - Blog

Gen Z | Contributor Writer Yoursay.id

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

10 Permainan Seru yang Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

5 September 2024   09:34 Diperbarui: 5 September 2024   09:37 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kreativitas adalah hal yang luar biasa jika si buah hati memilikinya. Ayah bunda perlu sadar bahwa kemampuan menciptakan ide, karya, dan cara-cara baru penting demi kemudahan anak menjalani hidupnya. Kreativitas menjadikan si kecil bagaikan air yang mengalir. Dia selalu mencari celah-celah baru ketika masalah menghalangi arusnya. Anak kreatif membawa berbagai ide untuk menemukan solusi inovatif.

Saat dunia terus berubah dan berkembang, kemampuan untuk berpikir kreatif dan inovatif menjadi semakin penting. Anak yang terbiasa berpikir kreatif akan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di masa depan. Mereka pasti lebih mampu beradaptasi dengan perubahan dan tantangan. Si kecil akan selalu bisa melihat berbagai kemungkinan dan solusi, yang sangat berguna dalam situasi yang tidak terduga.

Ayah bunda harus percaya bahwa dalam diri tiap anak ada potensi kreativitas, tugas ayah bunda tinggal membangkitkan dan mengembangkannya. Kreativitas dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk lingkungan, pendidikan, dan dukungan dari orang tua dan guru. Lingkungan yang mendukung dapat membantu si kecil mengembangkan potensi kreatif mereka.

Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini

Ayah bunda perlu mengambil kesempatan saat si kecil berada dalam periode golden age. Perkembangan otak anak sedang bagus dalam semua aspek termasuk fisik, motorik, intelektual, emosional, bahasa, dan sosial. Si kecil bisa menyerap informasi dan stimulus dengan cepat.

Golden age memang seperti kesempatan emas di usia emas. Menurut fakta ilmiah, periode ini hanya terjadi sekali dalam kehidupan seorang anak dan tidak dapat diulang. Pengalaman dan pembelajaran yang diperoleh selama golden age dapat mempengaruhi perkembangan anak di masa depan. Anak yang mendapatkan stimulasi yang tepat cenderung memiliki kemampuan kognitif dan sosial yang lebih baik di kemudian hari.

Contoh Permainan yang Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini

Bermain adalah cara utama meningkatkan kreativitas anak. Melalui bermain, si kecil mendapat banyak stimulus yang berharga. Stimulus ini didapatkan saat ia mengeksplorasi lingkungan, mengembangkan imajinasi, dan belajar memecahkan masalah dengan cara yang menyenangkan ketika bermain.

Ada beberapa karakteristik yang perlu ada dalam permainan, agar si kecil tak asal bermain.

Pertama, permainan yang tidak memiliki aturan ketat yang memungkinkan anak untuk mengeksplorasi dan berimajinasi secara leluasa.

Kedua, permainan yang memungkinkan anak untuk bereksperimen dan mencoba hal-hal baru.

Ketiga, permainan yang melibatkan kerja sama dengan teman. Ini membantu anak belajar dari satu sama lain dan mengembangkan ide-ide baru bersama.

Keempat, permainan yang dapat disesuaikan dengan minat dan kemampuan si kecil agar anak merasa lebih nyaman dan percaya diri dalam mengekspresikan kreativitasnya.

Kelima, pastikan permainan menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Ketika anak-anak menikmati apa yang mereka lakukan, mereka lebih cenderung terlibat sepenuhnya.

Dengan memperhatikan karakteristik diatas, berikut 10 contoh permainan yang efektif dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini

1. Bermain Lego

Permainan Lego memungkinkan anak untuk membangun berbagai bentuk dan struktur sesuai imajinasi mereka. Aktivitas ini tidak hanya meningkatkan kemampuan motorik halus, tetapi juga merangsang kreativitas dan imajinasi anak dalam menciptakan sesuatu yang baru.

2. Role Play (Bermain Peran)

Saat bermain peran seperti dokter, guru, atau profesi lainnya, anak dapat mengembangkan imajinasi dan keterampilan sosial. Dalam permainan ini, anak berlatih berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, yang memperkaya pengalaman mereka.

3. Menggambar dan Mewarnai

Aktivitas menggambar dan mewarnai memberikan anak kesempatan untuk mengekspresikan diri dan berkreasi. Ini juga dapat membantu mereka memahami warna, bentuk, dan proporsi.

4. Membuat Kerajinan Tangan

Kegiatan menggunting, menempel, dan membuat kerajinan dari bahan-bahan sederhana seperti kertas, kain, atau barang bekas dapat merangsang keterampilan motorik halus.

5. Permainan Puzzle

Bermain puzzle dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan problem-solving anak. Aktivitas ini juga melatih konsentrasi dan ketekunan saat mereka menyusun potongan-potongan menjadi gambar utuh.

6. Bermain Musik, Bernyanyi dan Menari

Aktivitas bernyanyi dan menari dapat meningkatkan kreativitas anak. Mereka belajar untuk mengekspresikan diri melalui gerakan dan suara, serta mengembangkan ritme dan koordinasi motorik.

7. Mencari Harta Karun

Permainan mencari harta karun dapat melibatkan anak dalam petualangan yang menyenangkan. Si kecil harus memecahkan teka-teki atau mengikuti petunjuk untuk menemukan "harta" yang tersembunyi. Kegiatan ini merangsang kemampuan berpikir kreatif dan analitis.

8. Bermain dengan Plastisin

Menggunakan plastisin atau lilin mainan warna-warni memungkinkan anak untuk membentuk berbagai objek sesuai imajinasi mereka. Ini juga membantu mengembangkan keterampilan motorik halus.

9. Berkebun atau Menanam Tanaman

Kegiatan berkebun dapat mengajarkan anak tentang alam dan tanggung jawab. Anak dapat memilih tanaman, dan melihat hasil kerja keras mereka tumbuh.

10. Permainan Sambung Kata

Permainan ini dilakukan dengan menyebutkan kata-kata secara bergantian yang saling berhubungan. Ini membantu anak mengembangkan kemampuan berbahasa dan berpikir kreatif

Upaya Lanjutan Mengembangkan Kreativitas Anak Usia SD

Setelah anak dikenalkan pada berbagai permainan yang mengasah kreativitas, penting untuk terus melanjutkan upaya ini saat mereka memasuki usia sekolah dasar (SD) agar kreativitas mereka tetap berkembang.

1. Strategi dan Media Pembelajaran yang Kreatif

Dari beberapa studi dan penelitian, terdapat berbagai media pembelajaran kreatif yang bisa guru terapkan. Beberapa diantaranya yaitu media digital, modul elektronik, pendekatan berbasis proyek, media pembelajaran yang dimodifikasi, pembelajaran kontekstual, pembelajaran berbasis permainan, dan integrasi pemrograman komputer. Ini semua terbukti menjadi cara efektif dalam mengembangkan kreativitas siswa SD.

Pendekatan-pendekatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan berpikir kreatif tetapi juga keterampilan lain seperti menulis dan pemecahan masalah. Implementasi media pembelajaran yang tepat dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan kreativitas siswa.

Ada juga pilihan Metode Montessori. Metode pembelajaran yang menunjukkan pengaruh positif pada perkembangan kreativitas anak. Lingkungan belajar yang menekankan inisiatif individu dan pembelajaran berbasis tindakan dapat meningkatkan kinerja kreatif anak.

2. Melakukan Seni sebagai Ekspresi Diri

Kegiatan seni seperti menggambar dan kerajinan tangan sangat efektif dalam mengembangkan kemampuan kreatif anak. Kegiatan ini membantu anak mengembangkan imajinasi, pemikiran abstrak, dan selera artistik mereka.

Seni dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, mencari solusi yang unik, dan mengekspresikan diri melalui berbagai bentuk seni seperti lukisan, patung, atau drama

3. Membaca Buku Cerita

Latih imajinasi anak dengan membacakan buku cerita setiap hari dapat membantu mereka mengekspresikan diri dan berkreasi. Buku yang disukai dapat memicu imajinasi dan kreativitas anak.

Mari, dukung kreativitas anak sejak usia dini melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan dan edukatif. Ayah bunda dapat membantu mempersiapkan anak menghadapi masa depan yang penuh tantangan. Jangan ragu untuk mencoba berbagai permainan kreatif ini ya!

Referensi

Agustina, S. D., Shidiq, G. A., & Kholik, N. (2023). Using Google Sites as Science Learning Media to Increase  Elementary School Student Creativity. IJCAR: Indonesian Journal of Classroom Action Research, 1, 18--21. https://doi.org/10.53866/ijcar.v1i1.344

Akin, Y., Suherman, A., Safari, I., Susilawati, D., Sudrazat, A., Nugraha, R., & Brilian, M. (2023). Effectiveness of Modified Learning Media on Student Creativity. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1, 7--12. https://doi.org/10.17509/tegar.v7i1.63200

Astuti, S., & Kasih, D. (2021). PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B USIA 5 -- 6 TAHUN DI TK GEMBIRA JATIBENING BEKASI JAWA BARAT. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. https://doi.org/10.24903/jw.v4i2.761

Bin Wan Yusoff, W. K., & Aziz, A. (2023). Guidance and Counseling Media to Develop Children's Language Creativity at Elementary Level. BICC Proceedings, 01--11. https://doi.org/10.30983/bicc.v1i1.11

Darin. (n.d.). Mengasah Kreativitas Anak Lewat Permainan Seru. Coba, Yuk! - Ibupedia. Ibupedia; Ibupedia. Retrieved September 4, 2024, from https://www.ibupedia.com/artikel/balita/mengasah-kreativitas-anak-lewat-permainan-seru-coba-yuk

ISTIQ FAROH, N., SUHARD, S., & MUSTADI, A. (2020). Improving elementary school students' creativity and writing skills through digital comics. lkretim Online, 426--435. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.689661

Jamieson-Proctor, R., & Burnett, P. C. (2002). Elementary Students, Creativity, and Technology. Computers in the Schools, 1--2, 33--48. https://doi.org/10.1300/j025v19n01_04

Murai, Y., Ikejiri, R., Yamauchi, Y., Tanaka, A., & Nakano, S. (2021). Design strategies to integrate creative learning in elementary school curricula through computer programming activities. Interactive Learning Environments, 7, 4698--4712. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1979048

Purwanti, K. Y., & Putra, L. V. (2022). THE EFFECTIVENESS OF GAME BASED LEARNING METHOD WITH PERFECT NUMBER MEDIA ON CREATIVE THINKING ABILITY OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 1, 38--45. https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i1.17094

Rahayu, G. D. S., Altaftazani, D. H., & Wardani, D. S. (2023). The Development of Teaching Materials Based on Project-Oriented TPACK Approach to Improve the Creative Thinking Skills of Elementary School Teacher Prospective Students. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 2, 225. https://doi.org/10.21043/elementary.v10i2.14052

Suantini, I. G. A. K. A., Antara, P. A., & Trisna, G. A. P. S. (2023). Illustrated Electronic Module to Improve Elementary School Students' Creative Thinking Skills. Thinking Skills and Creativity Journal, 2, 62--71. https://doi.org/10.23887/tscj.v5i2.57064

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun