Mohon tunggu...
Money

Dompet Kulit dengan Aksen Batik

2 Juni 2017   01:10 Diperbarui: 2 Juni 2017   01:21 383
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Latar Belakang dan Tujuan

Jenis Produk: Dompet Kulit dengan Aksen Batik

            Produk ini tercipta karena saat ini disain dompet kulit sangat monoton. Dompet yang diproduksi di dalam maupun di luar negeri hampir memiliki disain yang sama. Kami merasa perlu melakukan penyegaran disain dompet dengan memasukan unsur dan sentuhan Indonesia sehingga budaya Indonesia bisa lebih dikenal di dunia.

           Perusahaan kami memiliki tujuan memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia. Dengan terkenalnya budaya Indonesia diharapkan masyarakat global mempunyai rasa memiliki terhadap budaya Indonesia dan pada akhirnya bisa menjaga kelestarian budaya Indonesia. Lebih jauh lagi kami memimpikan budaya Indonesia bisa menjadi budaya global.

            Tujuan kami yang tak kalah penting adalah kami mempunyai tujuan untuk memberikan pilihan-pilhan produk kulit baru kepada konsumen dengan perpaduan antara sentuhan disain tradisional dengan fungsionalitas moderen. Kami yakin produk kami merupakan produk yang akan bertahan lama bertahun-tahun karena karakter dari kulit asli itu sendiri yang semakin lama maka akan semakin indah.

Peluang Bisnis

            Dompet merupakan produk yang akan terus dibutuhkan oleh manusia. Dari masa ke masa dompet selalu dibutuhkan, hanya fitur-fiturnya saja yang terus mengalami penyesuaian. Jaman sekarang dompet tidak hanya untuk menyimpan uang tunai saja, tetapi berguna untuk menyimpan kartu-kartu penting dan fitur keamanan dompet menjadi hal yang cukup diperhatikan calon pembeli.

            Dompet yang berbahan baku Horween Leather biasanya diproduksi di luar negeri. Ketika masuk ke Indonesia maka harganya akan cukup tinggi. Hal ini menjadi peluang bagi kami karena kami yakin bisa memproduksi dompet dengan bahan baku Horween Leather dengan harga produksi yang rendah tanpa mengorbankan kualitas. Biaya produksi di Indonesia tentunya akan berbeda dengan biaya produksi di negara-negara maju di mana biasanya aksesoris berbahan Horween Leather ini diproduksi.

Kendala

Kendala utama yang mungkin akan dihadapi oleh bisnis adalah ketersediaan bahan baku. Karena bahan baku kami impor dari Amerika Serikat, maka bisnis ini akan sangat bergantung pada alur impor bahan baku. Karena kami tidak memproduksi bahan baku sendiri maka kami akan sedikit kesusahan untuk mendapatkan bahan baku yang kami inginkan, kami hanya bisa memakai bahan baku yang diproduksi Horween atau tidak bisa custom dalam memesan bahan baku.

BUSINESS MODEL CANVAS

Customer Segment

           Segmen pasar yang kami sasar adalah masyarakat Indonesia dari mulai remaja sampai orang tua. Kami menyasar masyarakat kelas menengah ke atas mengingat produk kami juga akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan merek lokal lain. Selain faktor harga, perilaku masyarakat kelas menengah ke atas juga cocok untuk produk kami. Kami menyasar orang-orang yang peduli akan kualitas dan nilai budaya suatu produk.

            Selain itu menurut Kementrian Keuangan jumlah masyarakat menengah ke atas di Indonesia adalah yang terbanyak di dalam komposisi masyarakat berdasarkan kemampuan finansial. Proyeksi dari Boston Consultan Group menunjukan bahwa jumlah masyarakat kelas menengah ke atas di Indonesia akan terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu kami memutuskan untuk memasuki segmen pasar ini.

Gambar: Jumlah Masyarakat Kelas Menengah di Indonesia

Sumber: kemenkeu.go.id dan Boston Consultan Group

            Lebih jauh, berdasarkan hasil analisa segmen pasar ini kami menentukan bahwa target pasar kami secara khusus adalah masyarakat urban di Indonesia dengan umur 17 tahun sampai 40 tahun.  Kami menentukan target pasar kami adalah mahasiswa dan eksekutif-eksekutif muda. Mahasiswa kami pilih karena mereka biasanya sangat mementingkan penampilan dan punya rasa nasionalisme tinggi. Ekeskutif muda kami pilih karena dalam tahap ini mereka sudah mulai mapan secara finansial dan mulai mementingkan kualitas dari barang yang dipakai.

Value Proposition

  • Bahan
  • Kami menggunakan bahan kulit Horween Leather Co., mereka adalah perusahaan tanneries dari Amerika Serikat dan sudah berdiri dari tahun 1905. Kulit yang mereka produksi merupakan kulit dengan kualitas tinggi dan sudah terkenal di seluruh dunia.
  • Sumber:turekleatherworks.com

    • Disain
    • Kami menawarkan dompet dengan disain sentuhan Indonesia. Konsep produk kami adalah memadukan bahan kualitas dunia dengan disain sentuhan Indonesia. Dompet kami memiliki aksen batik yang digunakan sebagai bahan pelapis (lining) dompet.
    • Keamanan
    • Kami adalah perusahaan yang terus berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman. Saat ini dompet tidak hanya untuk menyimpan uang tunai saja, tetapi berguna untuk menyimpan kartu-kartu penting dan fitur keamanan dompet menjadi hal yang cukup diperhatikan calon pembeli. Agar anda terhindar dari pencurian uang secara digital maka dompet kami memiliki fitur RFID-Blocking sehingga kartu e-money anda tidak akan bisa dibobol.
  • Channels

               Saat ini internet merupakan unsur penting dalam sebuah bisnis. Tidak hanya untuk melakukan jual beli, internet juga dipakai untuk mempromosikan keungggulan-keunggulan suatu produk. Melalui internet pengusaha bisa melakukan advertising secara lebih efisien dan efektif.

                Internet dan media sosial akan kami jadikan sebagai platform utama dalam melakukan promosi, iklan, penjualan, distribusi dan after sales service. Semua hal yang berkaitan dengan pelanggan dan produk kami lakukan melalui internet. Dengan begini kami akan meminimalisasi tatap muka dengan pelanggan. Hal ini tentu saja akan mengurangi biaya iklan, produksi, distribusi, dan customer service karena kami tidak perlu membuka toko, mebeli alat transportasi untuk mengantarkan produk, menggaji karyawan toko, dan menggaji karyawan customer service.

    Customer Relationship

                Pelanggan merupakan unsur terpenting dalam bisnis kami. Bagi kami pelanggan adalah alasan utama kenapa perusahaan ini ada. Dengan platform internet dan sosial media kami mencoba mengembangkan teknik baru dalam berhubungan dengan pelanggan. Di jaman moderen sekarang tidak perlu dekat untuk akrab.Melalui internet kami akan melayani pelanggan dengan maksimal.

                Salah satu wujud keseriusan kami dalam melayani pelanggan adalah dengan menyediakan layanan service seumur hidup produk. Artinya pelanggan bisa memperbaiki dompet mereka secara gratis selama dompet tersebut masih bisa diperbaiki. Karena kami mengerti bahwa dompet kulit merupakan sebuah karya seni yang akan semakin berharga seiring bertambahnya usia dompet tersebut.

    Revenue Streams

                Sebagai perusahaan yang menawarkan produk maka kualitas menjadi perhatian utama kami. Prinsip kami adalah, kami tidak akan mengecewakan anda dan tidak akan membuat anda merasa bahwa produk yang anda beli terlalu mahal. Untuk itu kami menawarkan barang berkualitas. Adapun pricing mechanism yang kami pakai adalah fixed “menu” pricing. Artinya kami memang benar-benar menyesuaikan harga dengan kualitas yang ditawarkan. No gimmicks, just quality.

               Metode pembayaran pun kami rancang agar sesuai dengan keinginan dan kenyamaman pelanggan. Pelanggan bisa membayar dengan kartu kredit secara online, mobile banking, transfer dari ATM, atau lewat minimarket.

    Key Activities

    • Material Sourcing
    • Sebagai perusahaan yang menjual produk dari kulit maka kami harus memastikan ketersediaan dan kelancaran pasokan bahan baku. Karena kami memakai kulit dari Horween maka kami harus menjaga hubungan baik dengan pihak Horween Leather Co.
    • Website Development
    • Website merupakan salah satu unsur penting bagi kami. Karena melalui website ini kami melakukan aktivitas jual beli dengan pelanggan, menyampaikan nilai-nilai dari produk kami. Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan juga kami lakukan melalui website ini. Sebagai perusahaan yang tidak memiliki toko fisik maka website adalah toko kami yang harus dikembangkan secara serius dan kontinyu.
    • Managing Social Medias
    • Media sosial merupakan sarana iklan kami. Strategi iklan yang tepat di media sosial akan sangat menentukan awareness konsumen terhadap produk kami. Apakah informasi tersampaikan dengan baik kepada masyarakat tergantung seberapa baik kami menjalankan media sosial kami.
  • Key Resources

    • Quality Material
    • Kulit yang kami gunakan kulit impor dari Horween Leather Co. mereka adalah perusahaan tanneries dari Amerika Serikat dan sudah berdiri dari tahun 1905. Kulit yang mereka produksi merupakan kulit dengan kualitas tinggi dan sudah terkenal di seluruh dunia.
    • Website Developer
    • Karena website merupakan tempat kami berjualan maka website tersebut harus bisa diandalkan. Kami bekerja sama dalam pengembangan website. Hal ini kami lakukan agar website kami lebih andal, aman, dan nyaman. Selain sebagai website developer juga bertindak sebagai CTO (Chief Technology Officer).
    • Financial Resources
    • Tidak dapat dipungkiri untuk menjalankan bisnis ini kami memerlukan modal awal yang cukup besar. Modal awal akan kami cari dari investor-investor yang berminat. Selain itu modal awal juga akan kami dapatkan dari pinjaman bank khusus untuk UMKM.
  • Key Partners

    • Horween Leathers Co.
    • Horween Leathers Co. Menjadi rekan bisnis kami paling penting. Kami harus menjaga hubungan sebaik mungkin dengan mereka. Hal ini karena kualitas produk mereka sangat tinggi dan susah untuk direplikasi.  Buyer-supplierrelationship antara kami dan Horween Leather Co. Harus dijaga dengan baik agar suplai bahan baku terus terjamin.
    • Delivery Company
    • Sebagai perusahaan yang mempercayakan pengiriman barang kepada pihak lain maka perusahaan pengiriman barang merupak salah satu partner kunci kami. Kami bekerja sama dengan perusahaan pengiriman barang yang khusus beroperasi di dalam negeri dan juga kami bekerja sama dengan perusahaan pengiriman barang yang beroperasi secara global.
    • Kami bekerja sama dengan perusahaan pengiriman barang yang menurut kami terbaik dengan rekam jejak perusahaan yang bagus. Hal ini kami lakukan untuk menjamin produk kami sampai ke tangan konsumen dengan tepat waktu dan dengan kondisi yang sempurna.
  • Cost Structure

    • Material Purchase
    • Pembelian bahan baku akan menjadi salah satu pos pengeluaran. Karena bahan baku berasal dari luar negeri maka biaya pembelian bahan baku ini akan lumayan besar. Selain harga bahan baku yang cukup mahal, biaya pengantaran pun harus kami pikirkan karena kami membeli bahan baku dari Amerika Serikat.
    • Marketing Cost
    • Biaya pemasaran juga harus kami perhitungkan. Memang biaya iklan di media sosial tidak semahal biaya iklan di televisi. Tetapi bagi kami, perusahaan yang baru berdiri, biaya pemasara di media sosial ini cukup membebani. Kami harus cermat agar biaya yang dikorbankan sesuai dengan hasil yang diperoleh.
    • Website Development
    • Pengembangan website akan kami lakukan secara terus menerus sehingga biaya website ini tiap tahun akan terus ada. Kami sangat menaruh perhatian besar terhadap website kami. Kami pun tidak ragu-ragu untuk mengeluarkan biaya yang besar untuk pengembangan website.

  • Production Cost
  • Biaya produksi akan menjadi penentu apakah kami bisa bersaing di bisnis ini. Kami tidak bisa menentukan harga bahan baku karena kami telah memutuskan hanya akan memakai kulit dari Horween Leathers Co.. Oleh karena itu kami harus pintar dalam mengatur biaya produksi tanpa mengesampingkan kualitas.

Sumber

http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/167-artikel-pajak/21014-penghasilan-kelas-menengah-naik-potensi-pajak

https://turekleatherworks.com/products/horween-chromexcel-leather-bifold-front-pocket-wallet

           

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun