Mohon tunggu...
Bagas Saifudin Zuhri
Bagas Saifudin Zuhri Mohon Tunggu... Teknisi - Universitas Mercubuana Jakarta

Universitas Mercubuana NIM : 4612211019 Mata Kuliah : Kewirausahaan 1 Dosen : Prof.Dr.Apollo, Ak.,M.Si. Program Studi : Psikologi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis SWOT dan Evaluasi BCG dalam Bisnis Perusahaan Elevator

11 Maret 2023   07:20 Diperbarui: 11 Maret 2023   09:43 432
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat di berbagai lini membuat kita semakin mudah melakukan berbagai hal, tidak terkecuali dengan alat transportasi vertikal  yang lebih dikenal dengan sebutan elevator atau lift. Elevator adalah alat transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut manusia maupun barang di gedung bertingkat. Elevator atau Lift juga memiliki banyak merk dan jenis tergantung peruntukkan nya, Lift Passenger digunakan untuk penumpang atau tenant, Lift Servis digunakan untuk pengangkutan barang karena kapasitas dan betuk yang lebih besar, ada lagi Lift Bed digunakan di Rumah Sakit untuk mengangkut pasien yang menggunakan bed. Beberapa merk lift yang ada di Indonesia diantara nya ada Kone,Mitsubishi,Sigma,OTIS,Schindler dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini saya akan memberikan hasil analisa saya dalam bentuk proposal bisnis perusahaan elevator menggunakan analisis SWOT dana Evaluasi BCG. Analisis SWOT adalah cara sederhana untuk membantu menganalisis dan merancang bisnis yang akan kita jalankan, sedangkan BCG matrix membantu kita untuk mengvaluasi serta mengarahkan alokasi dana ke tempat yang sesuai agar dapat digunakan dalam pemasaran merek, manajemen produk. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat hasil analisa saya berikut ini:

Proposal Usaha Perusahaan Elevator

CV. Kencana Jaya Abadi

  • Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Bisnis dalam bidang elevator ini sangat menguntungkan karena kedepan pasti akan banyak pembangunan dan gedung bertingkat juga semakin banyak yang artinya permintaan untuk pemasangan dan maintenance atau perawatan elevator juga semakin banyak.

1.2 Visi, Misi Perusahaan

Visi : Menghasilkan produk yang berkualitas dan memenuhi kepuasan pelanggan

Misi :  -Mencari Keuntungan

             -Mengutamakan keselamatan kerja

             -Menjaga hubungan jangka panjang antara konsumen dan penyedia eksternal

          

1.3 Manfaat Bisnis

Manfaat bisnis ini yang pasti akan memberikan keuntungan kepada pelaku bisnis, terhadap masyarakat sekitar juga memberikan manfaat berupa lowongan kerja yang akan membutuhkan banyak tenaga untuk bekerja di prusahaan ini nanti

  • Analisis SWOT

2.1 Strenght (kekuatan)

Karena saya sudah berpengalaman dalam bidang elevator, saya punya relasi untuk penyediaan sparepart dan SDM yang ahli dalam maintenance dan pemasangan baru elevator yang nantinya akan sagat penting bagi awal pembukaan bisnis ini. Kita akan mencari supplier sparepart lokal dengan kualitas setara tetapi dengan harga yang lebih murah untuk memberikan garansi dan harga maintenance lift yang terjangkau agar dapat bersaing.

2.2 Weakness (Kelemahan)

Karena ini adalah perusahaan baru pasti kita akan terkendala dengan modal awal yang tidak sedikit, maka dari itu kita membutuhkan investor yang yakin dengan bisnis ini agar dapat berjalan degan lancar.

2.3 Opportunity (peluang)

Banyak peluang yang bisa kita ambil, semakin banyak pembangunan gedung bertingkat tinggi maupun rendah yang menggunakan elevator dan pasti akan membutuhkan vendor untuk merawat lift mereka. Kita akan mulai dengan gedung bertingkat yang tidak terlalu tinggi untuk mendapatkan pelanggan, kita bisa menawarkan kontrak maintenance dengan harga terjangkau tapi dengan kualitas terbaik. Kita akan memberikan garnsi sparepart dan pelayanan pearawatan rutin terbaik dengan SDM pilihan.

2.4 Threats (ancaman)

Ancaman datang dari kompetitor yang sudah mempunyai nama besar dalam bidang elevator dan sudah mendapat kepercyaan dari pelanggan yang nantinya berdampak ketika sedang berebut negosiasi dengan pelanggan.

  • Evaluasi BCG Matrix

Untuk mendapatkan evaluasi BCG matrix yang maksimal kita akan membagi pelayanan perusahaan dengan pemasangan baru, maintenance atau perawatan, dan penyedia sparepart.

3.1 Cash Cow

Dalam kategori ini pangsa pasar tinggi namun pertumbuhan pasar rendah, dari sini kita akan melihat pelayanan mana yang masuk pangsa pasar dan kita akan memanfaatkan untuk mencari keuntungan sebanyak mungkin dengan investasi yang tidak terlalu besar.

3.2 Dog

Dalam kategori ini pertumbuhan dan pangsa pasar cenderung rendah, ini bisa kita prediksi dengan pelayanan pemasangan baru yang nantinya akan semakin berkurang tapi berpotensi menguras kas karena harus membayar karyawan proyek yang sudah tidak ada projek. Solusi dari ini kita harus ada pengurangan karyawan dari divisi proyek untuk mengstabilkan kas perusahaan.

3.3 Stars

Dalam kategori ini pertumbuhan bisnis cenderung tinggi, ini kita bisa lihat dengan akan banyaknya permintaan pelayanan maintenance dan permintaan pengadaan sparepart dan kita harus menginvestasikan sebanyak mungkin disini untuk mendapatkan keutungan maksimal tetapi dengan tetap mempertahankan kualitas kerja kita.

3.4 Question Marks

Dalam kategori ini kita harus mengecek pasar sebelum menginvestasikan pelayanan untuk mendapatkan kearah kategori stars ataupun dog.

  • Kesimpulan

Dalam menjalankan bisnis dibidang elevator ini tidaklah sulit, dengan pengalaman kerja dan relasi yang saya punya akan memudahkan kita membangun bisnis ini karena pondasi yang sudah ada. Kenapa bisnis ini yang menjadi pilihan karena pengalaman saya bisnis ini dalam bidang jasa yang tidak perlu repot-repot membuat sebuah barang dari nol dan yang pastinya memberikan keuntungan yang maksimal bagi pemiliknya. Meskipun demikian alangkah bijaknya kita tetap memperhatikan aspek analisis dan evaluasi seperti yang sudah paparkan dalam bentuk proposal bisnis diatas sebagai pertimbangan kita sebelum memualai bisnis ini untuk menimbang kerugian dan keuntungan nya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun