Â
MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA
INFORMATIKA KELAS VI FASE C
Â
INFORMASI UMUM
Â
1
Identitas Modul
Nama Guru/Penyusun: Bagas Dwi Prasetyo
Instansi Sekolah: SDN Manahan
Tahun Pelajaran: 2024/2025
Jenjang Sekolah: SD
Mata Pelajaran: Informatika
Kurikulum: Merdeka
Kelas/Fase: VI/C
Alokasi Waktu: 2 x 35 Menit (1 pertemuan)
Materi: Mengenal Komponen Komputer
2
Kompetensi Awal
Peserta didik mampu menyebutkan konsep dasar komputer, mengenal perangkat keras dan mengidentifikasi fungsi komponen utama komputer.
3
Profil Pelajar Pancasila
- Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
- Peserta didik memahami ajaran agama dan menerapkannya dengan membaca doa di awal dan akhir pembelajaran, memiliki akhlak pribadi yang baik kepada sesama.
- Berkebinekaan Global
- Peserta didik mempertahankan budaya bangsa sebagai identitas dengan tetap berpikiran terbuka dan menghargai kebudayaan lain.
- Mandiri
- Peserta didik memiliki kesadaran diri dalam proses dan hasil belajar masing-masing.
- Bergotong Royong
- Peserta didik melakukan kolaborasi, saling berbagi untuk menunjang keberhasilan pembelajaran, dan peduli terhadap teman.
- Bernalar Kritis
- Peserta didik membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis data, mengambil keputusan, dan membangun argumen.
- Kreatif
- Peserta didikmenghasilkan gagasan yang orisinil berdasarkan hasil temuan selama proses diskusi sesuai sumber relevan.
4
Sarana dan Prasarana
- Alat : Proyektor/LCD, Laptop/Smartphone, alat peraga komponen komputer, dan alat tulis.
- Media : Video edukasi, LKPD, power point.
- Sumber Belajar : Buku Guru dan Siswa
- Dwipeni, H. E. (2019). Informatika SD/MI Kelas 6. Jakarta: Erlangga.
5
Target Peserta Didik
Fase C Kelas VI
- Peserta didik reguler/tipikal: Umum, tidak ada kesulitan dalam memahami materi ajar.
- Peserta didik dengan pencapaian sedang: Mampu memahami materi ajar dengan tempo sedang dan tepat, mampu mencapai keterampilan berpikir tinggi dengan bantuan guru atau teman sebaya melalui diskusi kelompok, membutuhkan bimbingan agar percaya diri, fokus, dan memiliki keterampilan memimpin yang baik selama pembelajaran.
6
Model Pembelajaran
Model Pembelajaran: Discovery Learning
Metode Pembelajaran: Tanya jawab, diskusi, presentasi
Â
KOMPONEN INTI
Â
7
Capaian Pembelajaran
Pada fase C, peserta didik mengenali adanya banyak ragam sistem komputer di sekitarnya, berkomunikasi melalui jaringan komputer dan internet memahami manfaat dan ancaman sistem komputasi serta pengaruhnya pada perkembangan kehidupan
Tujuan Pembelajaran
- Setelah melihat tayangan video pembelajaran, peserta didik mampu mengidentifikasi komponen utama komputer seperti CPU, RAM, dan monitor dengan tepat.
- Setelah melihat alat peraga, peserta didik mampu menguraikan fungsi dan peran setiap komponen komputer dengan benar.
- Melalui kegiatan diskusi kelompok, eserta didik mampu menganalisis hubungan antar komponen dalam pengoperasian computer secara kolaboratif dan kritis.
8
Materi Pembelajaran
Mengenal Komponen Komputer
- Perangkat Keras
- Fungsi Komponen Utama Komputer
9
Asesmen
- Asesmen Awal
- Kesiapan belajar pertanyaan pemantik (non kognitif)
- Asesmen Formatif
- Observasi penilaian sikap kegiatan diskusi dan presentasi (psikomotorik), observasi sikap Profil Pelajar Pancasila (afektif), hasil diskusi dan catatan (formatif).
- Asesmen Sumatif
- Dilaksanakan sesuai kebutuhan.
10
Pemahaman Bermakna
- Komponen komputer adalah salah satu kumpulan dari berbagai komponen-komponen yang memiliki fungsi saling berhubungan untuk menjalankan sebuah komputer.
- Jika salah satu saja dari komponen tersebut tidak ada, maka suatu komputer tidak bisa bekerja dengan baik.
- Komponen komputer terbagi ke dalam dua jenis, yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
11
Pertanyaan Pemantik
- Apa yang kalian ketahui tentang komputer? Apa saja bagian-bagian utama komputer yang pernah kalian dengar?
- Bagaimana komputer membantu kita dalam kegiatan sehari-hari?
12
Kegiatan Pembelajaran
Â
Kegiatan Pendahuluan (5 Menit)
- Orientasi
- Peserta didik bersama guru menyampaikan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
- Guru menanyakan kabar peserta didik dan mempresensi kehadiran peserta didik.
- Guru memeriksan kebersihan dan kerapihan kelas.
- Apersepsi
- Guru mengecek pemahaman peserta didik mengenai pertemuan sebelumnya.
- Motivasi
- Peserta didik menyampaikan perasaan atau kondisinya secara tertulis dan lisan, guru memberikan motivasi.
- Pertanyaan: Bagaimana perasaanmu di awal pembelajaran ini?, Apakah kamu memiliki motivasi untuk terus belajar?
- Peserta didik menjawab pertanyaan dan menerima motivasi dari guru.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti (55 Menit)
- Pemberian Rangsangan atau Stimulasi (10 Menit)
- Guru memberikan pertanyaan pemantik tentang materi perangkat utama komputer.
- Peserta didik membaca buku paket dan menyimak video pembelajaran yang disajikan oleh guru, https://youtu.be/ERDQQt1CHac?si=KfojuDhRR1qAmI3j
- Peserta didik menjelaskan perangkat yang ada dalam komputer sesuai dengan pemahaman.
- Guru menyampaikan materi mengenai perangkat keras komputer dan fungsinya melalui power point disertai dengan menunjukkan gambar atau membawa contoh perangkat keras komputer seperti CPU, monitor, keyboard, dan mouse.
- Pernyataan / Identifikasi Masalah (5 Menit)
- Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik terkait "Apa yang akan terjadi apabila salah satu perangkat keras komputer mengalami kerusakan?".
- Peserta didik diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi jawaban sementara dengan memahami masing-masing fungsi dari perangkat keras komputer yang sudah dijelaskan oleh guru. (Abad 21: Berpikir Kritis)
- Guru menjelaskan fungsi dasar dari beberapa komponen utama komputer, seperti CPU sebagai pusat pemrosesan, RAM sebagai penyimpan data sementara, dan hard disk atau SSD sebagai penyimpan data permanen untuk memperkuat pemahaman peserta didik.
- Pengumpulan Data (20 Menit)
- Peserta didik dibagi ke dalam kelompok kecil dan diminta untuk mengamati komponen komputer (jika ada contoh fisik) atau melalui gambar dan diagram. Setiap kelompok mempelajari salah satu komponen seperti CPU, RAM, atau monitor.
- Peserta didik mengamati lembar kerja yang berisi pertanyaan tentang komponen komputer, mengerjakan LKPD dengan bimbingan guru, apabila terdapat kesulitan dalam memahami fungsi atau peran komponen yang dipelajari dapat ditanyakan secara langsung. (HOTS, TPACK, Bernalar Kritis Kreatif, Bergotong Royong, Mandiri, Bekebhinekaan Global).
- Guru memantau keterlibatan peserta didik dalam mengumpulkan data informasi agar mendapatkan penjelasan.
- Guru melakukan penilaian sikap peserta didik dan penilaian diskusi dengan cermat sesuai rubrik yang telah disusun.
- Pengolahan Data (10 Menit)
- Peserta didik menuliskan hasil diskusi melalui LKPD secara bergantian, karena setiap anak wajib berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok.
- Peserta didik menafsirkan pemahaman mereka secara kreatif dan kritis sesuai dengan kepercayaan dalam menjawab materi ajar yang sedang dipelajari. (Mandiri, Bergotong Royong, Bernalar Kritis)
- Guru memandu peserta didik selama sesi pengolahan data.
- Â
- Pembuktian (10 Menit)
Peserta didik mendapatkan kesempatan untuk melakukan presentasi agar dapat memeriksa jawaban secara tepat dengan kelompok lain.
Guru memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk mengajukan saran atau pertanyaan kepada tim yang sedang presentasi di depan kelas.
- Menarik Kesimpulan / Generalisasi (5 Menit)
- Peserta didik menyimak evaluasi guru terkait hasil diskusi dan presentasi yang telah dilakukan.
- Guru memberikan penguatan materi dan membiasakan peserta didik untuk saling mengapresiasi atas proses pembelajaran yang telah dilakukan.
- Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menarik kesimpulan dari materi pembelajaran hari ini.
Kegiatan Penutup (5 Menit)
Â
Peserta didik melakukan evaluasi atau refleksi dengan menjawab pertanyaan secara lisan.
- Bagaimana perasaanmu setelah melakukan kegiatan pembelajaran hari ini?
- Berikan pesan, kesan, atau saranmu untuk kegiatan pembelajaran berikutnya!
- Berikan kesimpulan materi yang telah kamu pelajari hari ini!
- Menurutmu, apakah materi hari ini berguna bagi kehidupan sehari-hari? Mengapa?
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran selanjutnya.
Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
13
Refleksi Peserta Didik dan Pendidik
- Refleksi Peserta Didik
- Peserta didik melakukan evaluasi dan refleksi dengan menjawab pertanyaan berikut:
Bagaimana perasaanmu setelah melakukan kegiatan pembelajaran hari ini?
Berikan pesan, kesan, atau saranmu untuk kegiatan pembelajaran berikutnya!
Berikan kesimpulan materi yang telah kamu pelajari hari ini!
Menurutmu, apakah materi hari ini berguna bagi kehidupan sehari-hari? Mengapa?
Refleksi Pendidik
- Apakah dalam membuka pelajaran dan memberikan
- penjelasan teknis atau intruksi dapat dipahami oleh siswa?
- Keberhasilan apa saja yang dicapai pada bab ini?
- Apa yang menarik dalam pelaksanan pembelajaran pada materi ini?
- Apa yang harus diperbaiki? Bagaimana rencana perbaikannya?
- Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi atau bahan ajar, pengelolaan kelas, dan penilaian yang telah dilakukan dalam pembelajaran?
- Apakah dalam berjalannya proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran?
14
Pengayaan dan Remedial
- Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (70- 100), diberikan pengayaan berupa tugas mandiri untuk melakukan wawancara dengan keluarga di rumah mengenai pemahaman terhadap perangkat keras komputer dan fungsinya.
- Remedial diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (70-100) kategori layak diberikan tugas berupa soal materi dengan tingkatan yang lebih mudah, guru memberikan motivasi.
Â
LAMPIRAN
Â
1
LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
Terlampir
2
Media Pembelajaran
Terlampir
3
Penilaian Sikap
Terlampir
4
Penilaian Diskusi dan Presentasi
Terlampir
5
Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Buku paket, YouTube
Â
Â
Â
- ASESMEN FORMATIF PENGETAHUAN
- Â
Lembar Kerja Peserta Didik PengenalanÂ
Komponen Komputer
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Mata Pelajaran: Informatika
Materi: Mengenal Komponen Komputer
Kelas/Semester: 6/Ganjil
Alokasi Waktu: Mengikuti jadwal kelas
Nama Siswa: ___________________________
Tanggal: ___________________________
A. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik mampu mengidentifikasi komponen utama komputer seperti CPU, RAM, dan monitor.
- Peserta didik mampu menguraikan fungsi dan peran setiap komponen komputer.
- Peserta didik mampu menganalisis hubungan antar komponen dalam pengoperasian komputer.
B. Instruksi
- Baca setiap pertanyaan dengan teliti.
- Kerjakan setiap soal dengan benar dan jujur.
- Jawaban dapat ditulis langsung di lembar ini.
C. Soal Lembar Kerja
1. Pilihan Ganda
Beri tanda silang (X) pada huruf jawaban yang benar.
- Apa fungsi dari CPU dalam komputer?
a. Menyimpan data secara permanen
b. Mengolah dan memproses data
c. Menampilkan gambar di layar
d. Menghasilkan suara - Sebutkan salah satu contoh perangkat input pada komputer.
a. Monitor
b. Keyboard
c. Speaker
d. Printer
2. Uraian Pendek
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan kalimat lengkap.
- Jelaskan perbedaan antara RAM dan storage dalam komputer!
Jawaban: ___________________________________________________________________
3. Praktik Observasi
Amati gambar komputer di bawah ini, lalu:
- Tunjukkan dan lingkari bagian yang bertugas untuk:
- Menyimpan data sementara (RAM)
- Menyimpan data permanen (Storage)
- Jelaskan mengapa komponen-komponen tersebut penting dalam pengoperasian komputer.
Jawaban: ___________________________________________________________________
D. Refleksi
Tuliskan hal yang paling kamu pelajari hari ini tentang komponen komputer:
Jawaban: _______________________________________________________________________
E. Rubrik Penilaian Formatif Pengetahuan
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Nilai
1
Pemahaman Fungsi
Menjawab fungsi CPU dan perangkat input dengan benar
2
Identifikasi Komponen
Menjawab perbedaan RAM dan storage dengan jelas
3
Penjelasan Interaksi
Menjelaskan pentingnya RAM dan storage dalam computer
4
Observasi dan Identifikasi
Menunjukkan dan melingkari bagian RAM dan storage pada gambar
5
Partisipasi dan Kerjasama
Aktif dan jujur dalam mengerjakan lembar kerja
Skala Penilaian:
- 1: Kurang
- 2: Cukup
- 3: Baik
- 4: Sangat Baik
Skor Akhir:
Total Skor: Â N x 5 = ...
Catatan Guru:
Â
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Mata Pelajaran: Informatika
Materi: Mengenal Komponen Komputer
Kelas/Semester: 6/Ganjil
Alokasi Waktu: Mengikuti jadwal kelas
Nama Kelompok: ___________________________
Anggota Kelompok:
A. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik mampu mengidentifikasi komponen utama komputer seperti CPU, RAM, dan monitor.
- Peserta didik mampu menguraikan fungsi dan peran setiap komponen komputer.
- Peserta didik mampu menganalisis hubungan antar komponen dalam pengoperasian komputer.
B. Instruksi
- Buat 1-5 orang membentuk kelompok
- Diskusikan setiap pertanyaan bersama kelompok.
- Tuliskan hasil diskusi kelompok dalam lembar ini.
- Setiap anggota kelompok diharapkan aktif berpartisipasi.
- Presentasikan hasil diskusi di depan kelas setelah selesai.
C. Pertanyaan Diskusi
- Apa fungsi dari CPU dalam sebuah komputer?
Jawaban Kelompok:
- Bagaimana perbedaan fungsi antara RAM dan storage dalam komputer?
Jawaban Kelompok:
- Diskusikan peran dari komponen output (seperti monitor dan speaker) dalam komputer. Mengapa komponen ini penting?
Jawaban Kelompok:
- Amati diagram komputer berikut (guru dapat menunjukkan diagram komputer di papan atau slide). Jelaskan bagaimana komponen input, processing, dan output saling terhubung untuk menjalankan komputer.
Jawaban Kelompok:
- Mengapa setiap komponen dalam komputer penting untuk fungsionalitas keseluruhan? Bagaimana jika salah satu komponen tidak berfungsi?
Jawaban Kelompok:
D. Refleksi Kelompok
Tuliskan apa yang sudah dipelajari kelompok Anda hari ini dan pengalaman saat berdiskusi:
Jawaban:
E. Penilaian Diskusi Kelompok (Formatif Sikap)
Aspek Penilaian
Kurang (1)
Cukup (2)
Baik (3)
Sangat Baik (4)
Kerja Sama
Tidak berkontribusi dalam diskusi.
Berkontribusi sedikit dalam kelompok.
Cukup aktif dan membantu anggota lain.
Sangat aktif, menciptakan suasana kerja sama yang baik.
Partisipasi Aktif
Jarang berbicara atau memberikan ide.
Memberikan sedikit ide atau tanggapan.
Aktif, memberikan beberapa ide.
Sangat aktif, sering memberikan ide dan tanggapan.
Pemahaman Materi
Tidak menunjukkan pemahaman materi.
Memahami dasar materi dengan bantuan.
Cukup memahami dan menjelaskan dengan benar.
Memahami materi dengan sangat baik.
Kualitas Diskusi
Diskusi tidak berjalan lancar.
Diskusi berjalan namun kurang mendalam.
Diskusi berjalan baik dan mendalam.
Diskusi sangat lancar, mendalam, dan terarah.
Ketepatan Waktu
Tidak menyelesaikan tugas tepat waktu.
Hampir selesai, melebihi waktu sedikit.
Menyelesaikan dalam waktu yang ditentukan.
Menyelesaikan tugas sebelum waktu habis.
Â
Skor Akhir:
Total Skor: N x 5 = ...
Komentar Guru:
- Â
Â
Â
Â
- ASESMEN SUMATIF
- Â
- Rubrik Penilaian
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
Â
- BAHAN AJAR
- Komputer adalah alat elektronik yang dapat memproses data, melakukan perhitungan, dan mengeksekusi program-program yang telah ditentukan. Komponen Komputer terdiri dari bagian-bagian atau perangkat yang esensial untuk membentuk sistem. Setiap komponen memiliki peran khusus yang saling terkait dalam menjalankan tugas komputasi. Meskipun ada beragam komponen pada komputer, umumnya dapat dibagi menjadi empat jenis: perangkat input, perangkat processing, perangkat output, dan perangkat storage. Keempat komponen ini memiliki fungsi yang berbeda, namun bekerja secara bersinergi untuk menjalankan tugas komputasi seperti pengolahan teks, gambar, atau data lainnya. Komputer memiliki beberapa perankat diantar lain :
- Perangkat input (input device)
- Merupakan perangkat keras atau komponen yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan perintah atau data pada komputer. Langkah awal dalam alur kerja komputer adalah memasukkan data atau perintah melalui perangkat input.
- Tugas perangkat input melibatkan pengambilan perintah, data, atau instruksi dari pengguna, kemudian mengubahnya menjadi bahasa biner yang dapat dipahami oleh perangkat pemrosesan.
- Contoh perangkat input:
Keyboard
Mouse
Scanner
Mikrofon
- Perangkat processing (processing device)
- Dianggap sebagai komponen utama dalam komputer. Komponen ini bertanggung jawab untuk menerima instruksi, memproses data, dan menghasilkan output dalam kerangka kerja komputer.
- Terdapat tiga unit inti yang umumnya terdapat pada perangkat processing komputer, yaitu :
ALU (Arithmetic Logic Unit): ALU bertanggung jawab atas perhitungan matematika dan pengambilan keputusan logis dari data atau perintah yang diterima.
Control Unit: Control Unit memiliki peran dalam mengendalikan aliran data yang masuk dan keluar dari komputer.
Register Memory Unit: Register Memory Unit bertugas menyimpan data atau instruksi yang langsung digunakan selama proses. Data yang masuk akan disimpan terlebih dahulu di Register Memory Unit sebelum diolah.
Contoh perangkat processing:
CPU (Central Processing Unit) bertugas mengatur alur keluar-masuk data dan melakukan pemrosesan seluruh data atau instruksi di komputer.
GPU (Graphic Processing Unit) memiliki fungsi serupa dengan CPU, namun khusus memproses data grafis.
RAM (Random Access Memory) berfungsi menyimpan data sementara yang dapat diakses oleh CPU saat dibutuhkan. Data pada RAM akan terhapus ketika komputer dimatikan.
- Perangkat output (output device)
- Komponen yang berfungsi mengambil data yang telah diproses oleh komputer dalam bentuk bahasa biner dan mengubahnya menjadi tindakan atau bentuk yang dapat dipahami oleh pengguna. Perangkat output bisa menghasilkan berbagai bentuk, seperti suara, cetakan, tampilan, dan lainnya. Hasil pemrosesan yang keluar dari perangkat output itu merupakan langkah terakhir dalam sistem kerja komputer.
- Contoh perangkat output :
Monitor = menghasilkan atau menampilkan gambar dari komputer.
Printer = mencetak secara fisik data atau dokumen digital yang terdapat di komputer.
Speaker = menghasilkan suara atau audio.
Earphone = fungsi yang sama dengan speaker, yaitu menghasilkan suara atau audio. Akan tetapi, audio yang dikeluarkan earphone hanya bisa didengar satu orang.
- Perangkat storage (storage device)
- Perangkat storage adalah komponen yang bertugas untuk menyimpan data dalam jangka panjang, sehingga bisa diakses kembali di kemudian hari.
- Contoh perangkat storage:
HDD (Hard Disk Drive): media penyimpanan dengan basis piringan cakram magnetik yang berfungsi untuk menyimpan data dalam jangka panjang dengan kapasitas penyimpanan yang besar.
SSD (Solid State Drive): serupa dengan HDD, namun menggunakan chip untuk menyimpan data, memungkinkan pengolahan data yang lebih cepat daripada HDD.
USB Drive: perangkat penyimpanan portabel yang dapat terhubung ke komputer melalui port USB, memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mentransfer data dengan kemudahan.
- GLOSARIUM
- CPU (Central Processing Unit) adalah komponen utama dalam komputer yang diibaratkan sebagai otak manusia, sehingga menjadi pusat dari segala aktivitas dalam komputer.
- Keyboard adalah perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer seperti mesin ketik.
- RAM (Random Access Memory) adalah komponen dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.
- Storage adalah tempat penyimpanan data atau file di komputer dalam jangka waktu yang lama.
- Mouse adalah perangkat yang menyerupai tikus kecil dan berguna untuk mengendalikan kursor atau pointer di layar komputer.
- DAFTAR PUSTAKA
- Dwipeni, H. E. (2019). Informatika SD/MI Kelas 6. Jakarta: Erlangga.
Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI