Mohon tunggu...
Badrul Jannah
Badrul Jannah Mohon Tunggu... Guru - gpai sdn Sukolio Barat 2

Hobby Menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Modul 3.2

13 Mei 2023   22:23 Diperbarui: 13 Mei 2023   22:26 6455
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

AKSI NYATA MODUL  3.2

PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

https://youtu.be/IAq49xMlxBg

KEGIATAN AKSI NYATA MODUL 3.2

Kegiatan aksi nyata yang dilaksanakan meliputi:

1. Melakukan proses identifikasi atau pemetaan aset bersama warga sekolah mulai dari rekan guru, kepala sekolah, murid, orang tua dan tokoh setempat yang berasal dari berbagai latar belakang

2. Mendokumentasikan proses identifikasi atau pemetaan aset melalui bukti fisik berupa foto proses pertemuan dan hasil pemetaan aset

LATAR BELAKANG AKSI NYATA

Sekolah sebagai ekosistem pendidikan merupakan sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik atau unsur yang hidup dan faktor abiotik atau unsur tak hidup. Kedua unsur ini saling berinteraksi satu sama lain sehingga akan menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis. Dalam ekosistem sekolah faktor biotik ini akan saling mempengaruhi dan membutuhkan keterlibatan aktif satu sama lainnya. Sekolah wajib membangun ekosistem yang dapat merangsang kreativitas untuk menunjang keberhasilan tujuan pendidikan keberhasilan sebuah proses pembelajaran sangat tergantung pada cara pandang sekolah melihat ekosistemnya Apakah sebagai kekuatan atau sebagai kekurangan. Sekolah yang memandang semua yang dimiliki adalah suatu kekuatan tidak akan berfokus pada kekurangan tapi berupaya pada pemanfaatan sumber daya yang dimiliki sehingga menjadi suatu aset atau kekuatan sekolahIdentifikasi aset SDN Sukolilo Barat 2 Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan Jawa Timur.

PROSES IDENTIFIKASI ASSET

Proses Identifikasi Aset dilaksanakan di ruang aula SDN Sukolilo Barat 2 Kecamatan Labang dengan dihadiri oleh Kepala Sekolah, Ketua Komite,CGP, guru ,wali murid dan murid.

PEMETAAN SUMBER DAYA

Pemetaan sumber daya:

1.Aset manusia

2. Aset sosial

3. Aset fisik

4.Aset Lingkungan/Alam

5.Aset finansial

6. Aset  politik

7. Aset agama dan budaya

1. ASET/MODAL MANUSIA

  • Kepala sekolah Pendidikan S1 berpengalaman
  • Guru berjumlah 11orang, PNS 5 orang, P3K  2 orang, non PNS 4 orang, dengan pendidikan S1 yang sesuai, serta 6 orang mempunyai sertifikat pendidik
  • Penjaga sekolah dan keamanan serta kebersihan berpendidikan SMA
  • Jumlah murid 115 orang, dengan latar belakang sosial dan ekonomi yang heterogen
  • Komite sekolah dan wali murid yang peduli kepada sekolah dengan latar belakang ekonomi sosial dan pendidikan yang heterogen

Strategi pemanfaatan

  • Kepala sekolah, memiliki nilai dan karakter pemimpin berperan sebagai manajer di sekolah
  • Guru, Diberi kesempatan untuk mengembangkan diri mengikuti pelatihan, workshop, Diklat, lomba dan membina ekstrakurikuler
  • Murid,Diberi kesempatan belajar dan pemakaian fasilitas sama kesempatan berkembang akademik dan non akademik dan diarahkan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan potensi anak
  • Komite dan wali murid, Sumber pendanaan alternatif pemberdayaan alumni menyeberangi orang tua dengan sekolah dan berkolaborasi untuk pengembangan sekolah

2.ASET /MODAL SOSIAL

  • Norma / aturan yang ada di masyarakat sekitar
  • Adanya dukungan masyarakat, komunitas dan lingkungan sekitar

Strategi pemanfaatan

  • Norma atau aturan yang ada di masyarakat sekitar menjadi pedoman didalam bertindak dan berprilaku
  • Kepala sekolah aktif dalam kegiatan K3S sehingga mampu mengelola sekolah dengan baik
  • Semua guru terlibat aktif di kegiatan KKG atau KKGPAI, KKGO, sehingga selalu aktif dalam pengembangan dirinya
  • Operator sekolah terlibat aktif di paguyuban  OPS  sehingga mampu mengerjakan administrasi sekolah
  • Semua siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi akademik dan non akademiknya
  • Menjalin kerjasama dengan masyarakat dan SMP serta MTS di sekitar untuk sosialisasi PPDB

3.ASET/MODAL FISIK

  • Bangunan Sekolah; meliputi ruang kelas yang memadai, perpustakaan, kantor guru, Kantor Kepala Sekolah, kamar mandi yang terjaga kebersihannya
  • Fasilitas Pendukung; berupa ruang UKS,lapangan olahraga, ruang mushola untuk kegiatan keagamaan, taman
  • Infrastruktur; meliputi instalasi listrik yang cukup, jaringan internet yang memadai atau WiFi, sistem drainase lancar,  Gudang

      Strategi Pemanfaatan:

  • Dapat memfasilitasi kegiatan Intra dan ekstrakurikuler secara optimal
  • Menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang kondusif aman dan nyaman
  • Memfasilitasi kegiatan akademik dan akademik
  • Kegiatan belajar mengajar berbasis IT lebih berdamaian dengan adanya sarana internet yang memadai

4.ASET /MODAL LINGKUNGAN ALAM

  • Lokasi dekat dengan Suramadu  Sisi Madura
  • Lokasi dekat dengan lapangan Labinsen ( Laboratorium Induk senjata )
  • Berdekatan dengan Lapangan olahraga Kecamatan
  • Berdekatan dengan pantai yang ada di sekitar sekolah
  • Akses jalan raya mudah karena posisi sekolah berada dipinggir jalan raya
  • Internet lancar karena dekat dengan Surabaya
  • Memiliki lahan kosong dan halaman yang luas

Strategi pemanfaatan

  • Lokasi dekat dengan Suramadu dan jalan raya sehingga mudah diakses dengan kendaraan apapun.
  • Akses internet yang lancar sehingga membantu proses pembelajaran saat memanfaatkan IT
  • Lokasi yang dekat dengan Suramadu dan home industri boneka Sakera marlena dapat dimanfaatkan sebagai media belajar murid
  • Lokasi yang dekat dengan lapangan olahraga memudahkan siswa untuk melaksanakan kegiatan olahraga
  • Lahan kosong yang ada di sekolah dimanfaatkan untuk kegiatan tanaman hias dan perkebunan tanaman obat serta sayur. Selain itu lahan kosong digunakan sebagai sarana olahraga lompat jauh.
  • Lokasi yang dekat dengan pantai yang ada di sekitar sekolah bisa digunakan sebagai sarana sumber belajar murid juga bisa dimanfaatkan sebagai kegiatan perekonomian masyarakat

5. ASET /MODAL  FINANSIAL

  • Sumber utama:  Dana BOS( BOSP)
  • Sumber lain:
  • 1. Koperasi sekolah 
  • 2. Penggalangan Dana dari murid dan guru ( insidentil)     
  • 3. Dana infak  ( Dari dompet dhuafa'; petrogas)
  • 4. Sumbangan wali murid, alumni

Strategi pemanfaatan

  • Penyusunan ARKAS dengan skala prioritas
  • Mengajukan proposal untuk DAK dan yang lainnya untuk pengembangan dan pembangunan sekolah
  • Menjalin kerjasama dengan alumni atau wali murid atau komite atau usaha home industri sebagai sumber dana alternative

 6. ASET/ MODAL POLITIK

  • Memiliki kerjasama dengan kepolisian, pemerintahan desa, Puskesmas ,penerbit buku dinas sosial dan lembaga pelatihan

 Strategi pemanfaatan

  • Meningkatkan kerjasama dan peran yang dapat saling mendukung keberhasilan antara lembaga atau instansi
  • Meningkatkan peran serta dan keterlibatan alumni dalam kegiatan sekolah untuk memperkuat jaringan sekolah, sebagai sumber dana alternatif dan narasumber untuk belajar memotivasi dan menginspirasi murid

 7. ASET /MODAL AGAMA DAN KEBUDAYAAN

  • Warga sekolah dan lingkungan religius
  • Toleransi kepada agama yang berbeda
  • Pembiasan ibadah baca surat pendek,Istighosah, sholat dhuha, kegiatan Jumat religi lainnya
  • Kegiatan PHBI
  • Kegiatan budaya bersih dan Jumat berbagi

Strategi pemanfaatan

  • Membuat program sekolah yang menunjang peningkatan budaya positif dan karakter
  • Murid toleransi dengan yang berbeda agama
  • Selalu ikut meramaikan dalam kegiatan PHBI seperti, maulid Nabi Muhammad,Pekan Muharram
  • Komunitas keagamaan dan seni budaya seperti sholawatan dapat dijadikan media untuk belajar dan pelestarian budaya di sekolah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun