Mohon tunggu...
Salsa Citra Arum Sekarini
Salsa Citra Arum Sekarini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Fangirl

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bingo sebagai Modul Digital yang Menarik

15 Agustus 2024   17:02 Diperbarui: 15 Agustus 2024   19:28 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama: Salsa Citra Arum Sekarini

Praogram studi: Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia

Dosen pengampu: Dr. Aida Azizah, S.Pd., MPd

Bingo sebagai modul digutal yang menarik 

Pendahuluan

Pada abad ke-21 sekarang, penggunaan internet banyak di gunakan manusia untuk berkominikasi. Tidak hanya berkomunikasi, internet juga banyak di gunakan sebagai alternatif dalam kegiatan belajar maupun mengajar. Hal ini bertujuan agar siswa dan juga guru dapat dengan mudah mengakses materi yang akan di pelajari. Saat ini penggunaan teknologi digital sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari contohnya seperti dompet digital dan modul pembelajaran digital. Modul pembelajran digital sangat menarik minat siswa untuk mempelajarinya dikarenakan desainnya yang unik siswa juga dapat belajar dengan nyaman. Selain memudahkan siswa untuk belajar, guru juga dapat menemukan inofasi baru dalam pembelajaran digital.

Pada era digital ini tentu akan cukup efektif apabila menggunakan bahan ajar digital sebagai akses saran untuk pembelajran. Bahan ajar digital sendiri di ciptakan agar siswa dapat belajar tanpa guru, hal ini dapat membuat siswa berpikir secara kritis. Saat ini bahan ajar tidak hanya berupa cetak, akan tetapi media pembelajaran non cetak juga sangat cocok untuk dijadikan media pembelajaran.

Seiring berkembangnya ilmu teknologi, modul berupa cetak berkembang menjadi modul digital. Modul digital tidak hanya berupa tulisan saja akan tetapi dapat berupa audio, vidio, maupun gambar. Modul digital sangat cocok untuk pembelajaran jarak jauh dan sangat cocok untuk pembelajaran mandiri. Saat ini modul ajar bernama “BINGO” sudah pernah di ajarkan di sekolah yaitu SMP AL-FATTAH yang bertempat di Semarang. BINGO adalah modul ajar yang bervisual menarik.

Pembahasan

Bingo adalah modul ajar berbentuk digital yang menarik dan sangat inovatif. BINGO sebuah media pembelajaran yang dikemas dengan semenarik mungkin agar siswa tidak mudah bosan dan siswa dapat bermain sambil belajar. BINGO ini membahas tentang teks deskripsi yang dimana tentunya ketika siswa menggunakan Bingo sebagai media maka siswa akan lebih berpikir kritis mengenai bagaimana mendiskripsikan sesuatu, bagamaimana mendiskripsikan objek dengamn benar. Oleh karena itu BINGO dapat dikembangkan sebagai alat belajar siswa untuk meningkatkan literasi digital dan meningkatkan tetrampilan kritis siswa di jenjang pendidikan.

Implementasi “BINGO” sebagai modul digital

Cara Bermain Bingo
1. Buka BINGO lalu tekan “mulai sekarang” untuk memulai permainan
2. Pada halam selanjutnya akan di jelaskan bagaimana cara bermain BINGO, lalu tekan
“selanjutnya”
3. Pada halaman ketiga akan di jelaskan terlebih dahulu apa itu teks dekskripsi lalu tekan
“selanjutnya”
4. Pada halaman keempat akan di sebutkan apasaja struktur teks deskripsi lalu tekan
“selanjutnya”
5. Pada halam kelima akan dimulai permainan dengan memilih salah satu angka
6. Pada halam selanjutnya adalah mendeskripsikan objek dari angka yang telah dipilih
Proses implementasi BINGO pada kelas 8 SMP AL-FATTAH
1. Guru terlebihdahulu menjelaskan apa itu BINGO kepada siswa.
2. Guru mengirimkan BINGO kepada siswa agar dapat di akses melalui hp masing-masing,
hal ini bertujuan agar semua siswa dapat mempraktikan cara bermain BINGO secara
bersamaan.
3. Setalah dapat di akses di hp masing-masing, siswa dapat mempraktikan secara mandiri.
4. Guru menunjuk salah satu siswa untuk memilih angka, setelah angka terpilih siswa diminta
untuk mendiskripsikan objek.
5. Setelah permainan selesai, guru akan menanyai siswa apa itu teks deskripsi? Dan apa itu
tujuan teks deskripsi

Kesimpulan
Pada pembelajaran digital ini dapat menunjukkan bahwa modul digital yang sangat saat ini sangat digemari oleh siswa SMP AL-FATTAH. BINGO juga berhasil tersampaikan dengan baik ke siswa berkat tampilannya yang sangat menarik. BINGO tidak hanya semata-mata untuk bermain akantetapi di gunakan untuk pembelajran suatu materi.
Modul digital memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan akses yang lebih mudah dan kegiatan belajar menjadi lebih menarik. Dengan langkah-

langkah yang tepat, modul digital dapat menjadi alat yang efektif dalam menjalankan proses pembelajaran di era digital saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun