Mohon tunggu...
Sitinurayulestari
Sitinurayulestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Pamulang, Prodi Akuntansi S1

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membangun Tim Kerja yang Efektif dalam Organisasi

18 Juni 2023   18:39 Diperbarui: 22 Juni 2023   11:17 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa yang dimaksud Kerja Tim itu?

"Tim" adalah jenis khas kelompok kerja yang terorganisir dan dikelola secara berbeda dengan jenis kelompok kerja lainnya (Jerry Spiegel CT, 1997).

Kerja tim adalah kemampuan bekerja sama untuk mencapai visi dan misi bersama. Dengan kata lain, teamwork merupakan kemampuan yang ampuh untuk memimpin dan memotivasi individu agar bekerja sama untuk mencapai dan mencapai tujuan organisasi. Kerja tim dapat berjalan dengan baik ketika sekelompok orang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang positif, serta dengan menyatukan kekuatan masing-masing individu untuk menumbuhkan kerja sama tim yang kuat

Apa aja si jenis-jenis tim?

Jenis-Jenis Tim Kerja

- Tim pemecahan masalah merupakan kelompok--kelompok yang terdiri dari 5 sampai 12 karyawan dari departemen yang sama yang bertemu selama beberapa jam setiap minggu untuk mendiskusikan berbagai cara peningkatan kualitas, efesiensi, dan lingkungan kerja.

- Tim kerja pengelola diri merupakan kelompok 10 sampai 15 orang yang mengambil tanggung jawab dari mantan atasan mereka.

- Tim lintas fungsional merupakan karyawan dari sekitar tingkat hirarki yang sama, tetapi dari wilayah kerja yang berbeda, yang datang bersama-sama untuk menyelesaikan tugas.

- Tim virtual merupakan tim pengguanaan teknologi computer untuk mengikat bersama-sama anggota yang tersebar secara fisik untuk mencapai tujuan bersama.

Tim dan kelompok berbeda. Kelompok kerja pada dasarnya adalah suatu kelompok yang pada dasarnya berinteraksi, berbagi informasi dan membuat keputusan untuk membantu setiap anggota kelompok menunjukkan kinerjanya sesuai dengan tugasnya.

Kelompok dibentuk karena diperlukan untuk menyelesaikan tugas atau masalah secara bersama-sama. Masalah ini tampaknya mustahil untuk dipecahkan antar individu. Itulah sebabnya setiap orang, sadar atau tidak, mencoba untuk berpartisipasi dengan membentuk kelompok, tentunya dengan persetujuan beberapa peserta. (Yuwono et al., 2005). Meskipun kelompok kerja adalah kelompok di mana input individu lebih produktif daripada input individu. B

agaimana si cara menciptakan tim yang efektif dalam sebuah organisasi?

Ada beberapa opsi yang dapat perusahaan lakukan untuk meningkatkan efektivitas tim dengan mengubah kontributor individual ke dalam anggota tim, yakni sebagai berikut:
- Merekrut para anggota tim, memilih para anggota tim yang memenuhi peranan tim dengan persyaratan teknis.
- Menciptakan para anggota tim,
memberikan pelatihan para pekerja untuk meningkatkan keterampilan pemecahan permasalah, komunikasi, negosiasi, manajemen konflik dan pelatihan.

- Menyediakan isentif agar mejadi seorang pemain tim yang baik, didasarkan pada pencapaian tujuan tim. 

Adapun beberapa tips ampuh yang bisa kita gunakan untuk membangun teamwork dalam perusahaan yang solid yaitu menggabungkan kekuatan masing-masing individu sehingga dapat saling melengkapi, menggabungkan rasa saling memiliki setiap individu di sekitar visi dan misi yang sama, dll. Pada. Contoh kerjasama tim adalah menghargai perbedaan pendapat, saling percaya, kerjasama, pemecahan masalah bersama dan komunikasi yang intensif dan efektif. Mulai saat ini kita harus lebih mengembangkan core yang lain, yaitu teamwork di dalam perusahaan. 

Sebelum pemimpin perusahaan mengetahui bagaimana perusahaan dapat menerapkan kerja tim yang kuat, mereka harus menciptakan kondisi yang dibutuhkan karyawan untuk menciptakan ikatan yang kuat di antara mereka. 

Lalu bagaimana cara membangun kerjasama tim yang kuat dalam sebuah organisasi atau perusahaan? Berikut hal-hal yang sebaiknya diterapkan perusahaan sebelum memperkuat kerja sama tim.  

- Membuat acara kumpul dengan karyawan 

- Membuat kegiatan yang mendukung passion karyawan.

- Mengadakan kegiatan team building dengan tema dan konsep yang menarik dan menyenangkan.

Sumber :

Robbins, Stephen p dan Judge, Timothy A. 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Yuwono, Uno., dkk. 2005. Psikologi Industri & Organisasi. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Lasmi, A., Bayhaqi, H., & Suhairi, S. (2022). Membangun Kerjasama Tim yang Efekti dalam Organisasi. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(1), 35-45. 

Setiyanti, S. W. (2012). Membangun kerja sama tim (kelompok). Jurnal STIE Semarang, 4, 132297. 

MM, T. Y. (2010). Perilaku organisasi.

kelas : 04SAKP009

Kelompok 10 :

- Siti Mardiana Wati

- Siti Nur Ayu Lestari

- Sri Meta

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun