A. Pengertian
Matriks adalah bagian ilmu aljabar linear yang merupakan bilangan real yang disusun dalam baris dan kolom yang berbeda dalam sebuah tanda kurung. Matriks banyak berperan dalam perkembangan sistem komputer salah satunya dalam grafika komputer.
Grafika komputer merupakan ilmu komputer yang berfokus pada pembuatan maupun manipulasi gambar (visual) secara digital. Grafika komputer terdiri dari grafika 2D dan 3D. Pada komputer, gambar 2D dan 3D memiliki prosedur untuk menampilkan output pada layar. Untuk menampilkan output tersebut, objek gambar yang dimodelkan perlu dimodifikasi. Pemodifikasian ini dapat diproses dengan melibatkan operasi dari fungsi transformasi geometri.
Pada kesempatan kali ini, penulis akan berfokus untuk membahas mengenai transformasi dalam grafik 2D. Transformasi pada grafik 2D bekerja pada objek koordinat x dan y. Yang dimana objek tersebut berupa titik, garis dan bentuk.
Dalam transformasi geometris 2D terdapat beberapa transformasi, diantaranya translasi (pergeseran), penskalaan, putaran (rotasi), refleksi, dan shaer. Transformasi ini, kemudian dikenal dengan transformasi affine, yang merupakan transformasi yang memindahkan objek tanpa merusak bentuk.
Nah, dikesempatan ini penulis hanya akan berfokus pada tiga dari 5 transformasi geometri 2D tersebut yaitu transformasi translasi (pergeseran), penskalaan, dan putaran (rotasi), berikut uraiannya
B. Transformasi Dua Dimensi
1. Translasi
Translasi adalah operasi yang menyebabkan perpindahan objek dari satu tempat ke tempat lain. Perubahan ini dilakukan sejajar degan sumbu x dan y dengan menambahkan jarak translasi dari Tx ke Ty posisi koordinat asli (x,y) untuk memindahkan posisi baru (x’,y’).  Dengan :
x’= x + Tx (titik asal sebelum translasi)      Â
y’=y+Ty (titik baru hasil translasi)
Tx adalah translasi menurut sumbu x dan Ty adalah translasi menurut sumbu y.
Sehingga persamaan matriks tunggalnya adalah