Mohon tunggu...
Ika Ayra
Ika Ayra Mohon Tunggu... Penulis - Penulis cerpen

Antologi cerpen: A Book with Hundred Colors of Story (jilid 1) dan Sewindu dalam Kota Cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Kita Tetap Sahabat

13 Oktober 2023   11:45 Diperbarui: 13 Oktober 2023   11:48 284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siesta dari Pinterest

Namanya Julia, sahabatku sejak kami SMU sampai duduk di bangku kuliah. Kami memiliki banyak kesamaan, hingga pada akhirnya memilih jurusan yang sama pula di sebuah perguruan tinggi.

Aku nyaman berlama-lama menghabiskan waktu bersama Julia. Selain menarik, dia juga cantik dan baik hati. Siapa sangka, persahabatan kami dihadapkan pada ujian yang cukup berat.

*

Seperti kata pepatah, dalamnya laut dapat diduga, dalamnya hati tiada yang tahu. 

Julia tidak pernah sekali pun bercerita tentang lelaki yang menjadi suaminya sekarang. Aku pun tak pernah jujur sedang menyukai dosen kami.

Aku dan Julia sering duduk bersama, ngobrol apa saja sembari menikmati camilan yang ada. Seringkali sambil menyelesaikan tugas, hingga tak sadar hari mulai sore.

Kadang aku berpikir mengapa aku bisa berganti-ganti teman, tetapi dengan Julia tidak. Aku langsung menandai jika ada teman yang penuh kepura-puraan, atau teman yang datang hanya di waktu senang. Aku tidak akan segan-segan meninggalkan mereka, sementara Julia lebih santai menghadapi tipe seperti mereka.

Bagiku, persahabatan itu seperti telaga yang airnya jernih dan sejuk untuk diminum musafir nan lalu. Tidak semua tempat akan menjadi telaga, dan tidak semua mata air mau memancar ke dalamnya.

Artinya, tidak semua orang bisa menjadi sahabatmu, lalu memberi manfaat dan tidak menyakitimu. Hanya orang pilihan dan orang dengan kualifikasi terbaik yang akan menjadi sahabat sejatimu.

Aku menemukan semua itu ada pada Julia. Teman yang tak pernah iri, dan tak pernah menuntut sesuatu yang tidak bisa kau berikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun