Antara melakoni kebenaran ataupun sebaliknya, antara mencoba berbuat baik ataupun selainnya, perbedaannya bisa setipis itu atau justru jadinya akan setajam itu, menurutku sih begitu.
Aku ini adalah seorang penanggung jawab dari setiap apa saja celah yang terjadi di keluargaku, selain celah yang aku adalah pelakunya, jadi aku ini akan sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap pola pikir yang aku sampaikan.
Pagi yang cerah, pagi yang indah. Pagi ini yang adalah hari jum'at, dimana ibunya Oena yang adalah seorang pendamping setiaku, tengah menyiapkan sarapan pagi versinya yang spesial.
"Ayah, aku merasa bahwa aku adalah gadis kecil itu, meski aku belum sepenuhnya bisa mengerti dari apa yang ayah ceritakan tadi ke aku." Tutur Oena, setelahnya membaca basmallah sebelum memulai sarapannya pagi ini.
"Oena nanti coba baca saja, kan sedikit cerita tentang kita sudah ayah posting di kompasiana. Kan ayah juga butuh dong bisa mengikuti perkembangan zaman, seiring catatan kecil yang akan jadi serupa kenangan."
Bandung, Agustus 2023
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H