PENTINGNYA PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PERAN IPS DALAM MENDORONG PEREKONONOMIAN DI INDONESIA
Aurelia Ekawardana
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
PENDAHULUAN
Â
IPS di Indonesia tidak terjadi secara tiba-tiba tanpa proses. Perkembangan IPS di Indonesia muncul, lalu berkembang dan mengalami beberapa perubahan sesuai dengan kondisi yang ada di indonesia. Maka dari itu, perkembangan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Indonesia telah mengalami beberapa penyesuaian dengan perubahan kondisi masyarakat dan pemerintahan. Proses penyesuaian tersebut tidak hanya membawa dampak pada aspek pendidikan, tetapi juga memberikan pengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Dengan demikian, pendidikan IPS sangan berperan penting terhadap dinamika sosial dan kebijakan pemerintahan pada perkembangan ekonomi nasional.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Keberadaan ilmu ekonomi dalam struktur Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tidak dapat dipisahkan, karena ilmu ekonomi telah menjadi bagian yang melekat pada IPS. IPS juga mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari analisis terhadap bagaimana masyarakat memanfaatkan sumber daya yang terbatas, hingga bagaimana kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh pemerintah. Dengan adanya IPS, diharapkan para siswa dapat memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan masyarakat.
Sangat penting memasukkan materi ekonomi dalam pembelajaran IPS. Karena agar dapat mengembangakan pengetahuan peserta  didik tentang perekonomian dan mengajarkan tentang pentingnya penghargaan terhadap sumber daya yang terbatas.
PEMBAHASAN
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupaka terjemahan dari Social Studies dan merupakan salah satu cabang ilmu yang membahas tentang ilmu ekonomi, ilmu geografi, ilmu sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, politik, filsafat. Salah satu aspek utama yang dibahas dalam IPS adalah ekonomi, di dalam aspek ini siswa diajarkan tentang prinsip-prinsip dasar ekonomi, sistem ekonomi, dan tentang bagaimana kebijakan ekonomi. Selain itu, pendidikan IPS juga mencakup studi tentang sistem ekonomi Indonesia, seperti  peran pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam mengelola perekonomian negara. Oleh karena ituu, pemahaman terhadap konsep-konsep ini sangat penting, agar siswa memahami bagaimana ekonomi berfungsi dan bagaimana keputusan ekonomi dibuat. Dengan pemahaman ini juga diharapkan siswa dapat menganalisis isu-isu ekonomi yang sedang terjadi, seperti kemiskinan, dan pertumbuhan ekonomi di  Indonesia.
Petumbuhan ekonomi merupakan salah satu faktor yang menentukan pertumbuhan suatu negara. Jika perekonomian suatu negara baik, maka semakin baik pula pertumbuhan negar tersebut. Sistem perekonomian pada tiap negara berbeda-beda. Sistem perekonomian yang stabil biasanya ditandai dengan tingkat pengangguran yang rendah dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Oleh karena itu, pemerintah harus memperhatikan pertumbuhan ekonomi agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.
Tujuan diajarkannya aspek ekonomi kepada siswa, yaitu agar siswa dapat berpikir kritis dalam mengevaluasi kebijakan ekonomi di Indonesia dan dampak berkelanjutan yang akan terjadi terhadap masyarakat, selain itu siswa juga diajarkan tentang bagaimana mempertimbangkan berbagai perspektif dalam menganalisis isu-isu ekonomi. Salah satu peran IPS adalah untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana kebijakan ekonomi dapat diterapkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Selain itu, IPS juga memainkan peran penting dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa. Melalui pembelajaran IPS, siswa diajarkan tentang pentingnya kreativitas, inovasi. IPS berupaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan terhadap siswa. Dengan  ini, siswa dapat membangun perekonomian Indonesia, dan memperluar kesempatan karier mereka. Apabila siswa memiliki semangat kewirausahaan yang tinggi, maka mereka dapat menciptakan lapangan kerja yang menarik dengan ide-ide dan inovasi yang dimiliki. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk meningkatkan kesadaran para generasi muda agar perekonomian suatu negara menjadi lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan media powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122-127.
Hidayat, B. (2020). Tinjauan historis pendidikan ips di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 147-154.
Labetubun, M. A. H., Kembauw, E., Hasan, M., Arifudin, O., Yulistiyono, A., Maulina, D., ... & Nugroho, L. (2021). Sistem Ekonomi Indonesia.
Madjid, B. (2023). MENINGKATKAN PERAN GENERASI MUDA DALAM MEMBANGUN PEREKONOMIAN MASYARAKAT. Journal of Career Development, 1(2).
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep dasar IPS. Samudra Biru.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI