Mohon tunggu...
Aurelia Melisa
Aurelia Melisa Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Jurnalisme dari Masa ke Masa

22 September 2018   10:42 Diperbarui: 25 September 2018   00:54 870
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Jurnalisme

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, jurnalisme juga mengalami perkembangan, lantas bagaimanakah jurnalisme dari masa ke masa?

Journalism In The Past

Seperti diakatakan dalam teori jarum suntik, masyarakat dulu adalah audiens yang pasif, yang menerima pesan secara apa adanya dari media masa.

a. Cara pengumpulan berita

Orang-orang yang terlibat dalam pengumpulan berita antara lain:

  • Wartawan
  • Koresponden tiap wilayah
  • Penulis berita dan sub editor
  • Cameramen
  • Editor
  • Insinyur

b. Cara Pelaporan Berita

dokpri
dokpri
Berita-berita tersebut disebarluaskan melalui media yang antara lain ialah majalah, koran, radio dan TV.

c. Gaya Pemberitaan

  • Investigasi: untuk menguak kebenaran yang terkait dengan skandal atau sesuatu yang merugikan masyarakat
  • Jurnalisme kuning: berita dengan judul yang bombastis namun isinya tidak sebombastis judulnya.

Journalism Today

Jurnalisme kini mulai berubah menjadi lebih interaktif, yakni dimana audiens bukan hanya sebagai konsumen namun juga produsen

a. Cara Pengumpulan Berita

Berita dapat diperoleh dengan mengamati web-web online, ruang berita, acara-acara dll. Atau dengan kata lain berita sudah dapat diperoleh melalui internet dimana berbagai sumber tersedia.

b. Cara Pelaporan Berita

dokpri
dokpri
Berita-berita tersebut kini diberitakan melaui media-media diantaranya koran, TV, radio, majalah, jurnalisme online hingga jurnalisme warga.

c. Gaya Pemberitaan

  • Jurnalisme Opini: sudut pandang subjektif, contohnya kolom editorial
  • Jurnalisme Kolaborasi: adanya agregasi informasi dari berbagai sumber menjadi berita tunggal
  • Syndicated Journalism: agen yang memcah berita untuk dijual pada pihak lain
  • Lapdog Journalism: media yang pro pemerintah (lawan dari watchdog)

Journalism Tomorrow

Di masa depan setiap orang dapat membuat dan mengkonsumsi berita. Relevansi dan pentingnya berita tidak lagi ditentukan oleh kantor-kantor berita.

a. Cara Pengumpulan Berita

Berita esok akan dibagikan melalui sosialisasi atau dengan kata lain informasi akan saling dibagikan oleh masyarakat. Bila ada suatu kejadian maka melalui sosial media kejadian tersebut akan dilaporkan oleh jurnalis.

 b. Cara Pelaporan Berita

  • Curative Journalism: kurasi berarti mengumpulkan pecahan informasi menjadi satu, dan mengijinkan orang-orang untuk mendapat akses pada konten yang lebih khusus.
  • Hyperlocalisation: berita hiperlokal merupakan berita yang berbasiskan komunitas, dan ditujukan untuk konsumsi komunitas.

Berita-berita yang ada disebarkan melalui media yang salah satunya ialah google news.

Menurut Bradshaw (2007) jurnalisme masa depan dapat dicirikan melalui tiga hal berikut, yakni:

  • Web dengan realtime. Contoh: Twitter, facebook, instagram dll.
  • Memiliki data yang besar
  • Menggunakan perangkat-perangkat cerdas atau perangkat elektronik yang canggih

Ruang berita pada abad ke 21 ini, juga terbagi menjadi dua yakni yang berdasarkan pada kecepatan dan kedalaman.

Sumber:

Bradshaw, Paul. 2007. The Future of Journalism. https://ayomenulisfisip.wordpress.com/jmm/

Tan, Rachel, dkk.Future of Journalism . https://ayomenulisfisip.wordpress.com/jmm/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun