Sumber: Jurnalisme
Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, jurnalisme juga mengalami perkembangan, lantas bagaimanakah jurnalisme dari masa ke masa?
Journalism In The Past
Seperti diakatakan dalam teori jarum suntik, masyarakat dulu adalah audiens yang pasif, yang menerima pesan secara apa adanya dari media masa.
a. Cara pengumpulan berita
Orang-orang yang terlibat dalam pengumpulan berita antara lain:
- Wartawan
- Koresponden tiap wilayah
- Penulis berita dan sub editor
- Cameramen
- Editor
- Insinyur
b. Cara Pelaporan Berita
c. Gaya Pemberitaan
- Investigasi: untuk menguak kebenaran yang terkait dengan skandal atau sesuatu yang merugikan masyarakat
- Jurnalisme kuning: berita dengan judul yang bombastis namun isinya tidak sebombastis judulnya.
Journalism Today
Jurnalisme kini mulai berubah menjadi lebih interaktif, yakni dimana audiens bukan hanya sebagai konsumen namun juga produsen
a. Cara Pengumpulan Berita
Berita dapat diperoleh dengan mengamati web-web online, ruang berita, acara-acara dll. Atau dengan kata lain berita sudah dapat diperoleh melalui internet dimana berbagai sumber tersedia.
b. Cara Pelaporan Berita
c. Gaya Pemberitaan
- Jurnalisme Opini: sudut pandang subjektif, contohnya kolom editorial
- Jurnalisme Kolaborasi: adanya agregasi informasi dari berbagai sumber menjadi berita tunggal
- Syndicated Journalism: agen yang memcah berita untuk dijual pada pihak lain
- Lapdog Journalism: media yang pro pemerintah (lawan dari watchdog)
Journalism Tomorrow
Di masa depan setiap orang dapat membuat dan mengkonsumsi berita. Relevansi dan pentingnya berita tidak lagi ditentukan oleh kantor-kantor berita.
a. Cara Pengumpulan Berita
Berita esok akan dibagikan melalui sosialisasi atau dengan kata lain informasi akan saling dibagikan oleh masyarakat. Bila ada suatu kejadian maka melalui sosial media kejadian tersebut akan dilaporkan oleh jurnalis.
 b. Cara Pelaporan Berita
- Curative Journalism: kurasi berarti mengumpulkan pecahan informasi menjadi satu, dan mengijinkan orang-orang untuk mendapat akses pada konten yang lebih khusus.
- Hyperlocalisation: berita hiperlokal merupakan berita yang berbasiskan komunitas, dan ditujukan untuk konsumsi komunitas.
Berita-berita yang ada disebarkan melalui media yang salah satunya ialah google news.
Menurut Bradshaw (2007) jurnalisme masa depan dapat dicirikan melalui tiga hal berikut, yakni:
- Web dengan realtime. Contoh: Twitter, facebook, instagram dll.
- Memiliki data yang besar
- Menggunakan perangkat-perangkat cerdas atau perangkat elektronik yang canggih
Ruang berita pada abad ke 21 ini, juga terbagi menjadi dua yakni yang berdasarkan pada kecepatan dan kedalaman.
Sumber:
Bradshaw, Paul. 2007. The Future of Journalism. https://ayomenulisfisip.wordpress.com/jmm/
Tan, Rachel, dkk.Future of Journalism . https://ayomenulisfisip.wordpress.com/jmm/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H