Bahasa merupakan suatu kemampuan ajaib yang dimiliki manusia. Bahasa ada untuk kemampuan saling menyampaikan ide yang rumit. Bahasa juga kekmapuan manusia untuk berbicara membuat nada, desisan serta embusan dan menghasilkan getaran yang getaran itu akan de transfer ke gendang telinga yang akan menjadikan sebuah pemikiran.Â
Kemampuan ini dapat meneruskan ide ide yang akan menmbus luasnya ruang dan waktu yang dimiliki manusia. Bahasa juga dapat menyamkpaikan pengetahuan kedalam pemikiran orang lain.Â
Pengembangan bahasa sangat penting terutama dalam perkembangan anak usia dini. Bahasa meupakan komikasi bagi anak unisa dini, melali komunikasi anak akan usia dini akan membentuk dan membangun hal hal yang baru yang telah anak usia dini ketahui dan temui.
Pengembangan bahasa sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Menurut Vygotsky bahasa dan fikiran berkembang secara sendiri sendiri namun pada akhirnya menyatu juga.Â
Anak belajar untuk berbicara karena anak juga akan brerkomunikasi dengan orang lain, melakukan kontak sosial serta dapat meempengaruhi individu lainnya atau anak usia dini lainnya.
Pengembangan bahasa dalam teori  besar
Menurut noam chomsky dalam pennelitiannya belai mengatan bahwasannya anak anak dilahirkan dari kemampuan bawaaan untuk berbicara. Berbicara yang dilakukan anak juga kan menggunakan yang namanya bahasa.
Setiap waktu bahasa akan berkembang dengan sendiri dikarenakan dari orangtuanya ataupun dari lingkungan sekitar anak tersebut. Karena perkembangan anak dipengaruhi paling besar dari orangtua da lingkungan sekitar anak. Mereka ( anak anak ) mampu mempelajari dn mengasimilisasi struktur komunikatif dan linguistik.
Sekitar 7000 bahasa yang digunakan di dunia , digunakan orang dewasa, remaja, maupun juga anak anak usia dini. Semua bahasa memiliki perbedaan disetiap bahasanya. Setiap bahasa juga memiliki beberapa perbedaan bunyi. Tidak hanya itun saja tetapi juga kosa kata, struktur bahasa juga berbeda juga.Â
Teori perkembangan bahasa yang dimiliki anak anak yang disampaikan oleh noam chomsky diajarkan dalan yang dinamakan kontroversial " bahasa manusia adalah produk penguraian suatu program yang ditentukan oleh gen kita ( manusia )".Â
Teori yang diungkapkan oleh beliau berbanding terbalik dengan teori teori lingkungan tentang perkembangan yang lebih menekankan kepada pengarug lingkungan individu untuk beradaptasi yang telah mempengarhi mereka.Â
Menhurut belau juga anak memiliki kemampuan yang berbeda untuk mengetahui tata bahasa. Pengembangan kemampuan yang dim iliki mereka keluar dari konteks yang didasari dari orangta ataupun dari lingkungan sekiar anak, tetapi dari pengalaman yang telah dilewati anak tersebut.
Tahapan perkembangan bahasa ( pra linguistik dan linguistik )
Tahapan bahasa pada umumnya dibagi menjadi 2 bagian yaknai tahapan perkembangan bahas pra lingistik serta tahapan perkembangan bahasa linguistik. Perkembangan bahasa pra linguistik ini anak belum mengenali apa itu bahasa , untuk aapa itu bahasa.Â
Pada perkeembangan bahasa pra lingistik ini dijadikan beberapa periode perkembangan yang pertama vegetatif yang dimaksud dengan vegetatis ini anak mengajak bebicara atau mengajak komuniskasi dengan orang lain ini dengan menggunakan tangisan , periode ini biasanya anak pada umur nol sampai dengan 2 bulan. Yang kedua yakni cooing yakni anak berkomukasi dengan ucapan tetapi belum terlalu jelas contoh anak mengatan kata mamamm dan sebagainya periode ini biasanya terjadi saat anak berusia dua sampai dengan lima bulan.Â
Selajutnya yakni babbling yaitu anak mulai melakukan komunikasi degan jelas seperti mengatakan kaya ayah ataupun ibu. Tetapi biasanya anak anak lebih cepat mengatakan kata kata ayah dari pada ibu, periode ini biasanya anak berusia lima sampai dengn sepuluh bulan. Pada masa ini anak mulai mengalami perkembangan pada bahasa.
Sedangkan perkembangan bahasa linguistik ini perembangan bahasa anak yang mulai lebih meningkat dan dapat berbicara. Sekitar umur 12 bulan anak mulai dapat mengatakan 6 sampai 10 kaata dilakut pada umur 12 sampai 15 bulan anak mulai dapat merangkai kata , selanjutnya umur 3 tahun anak akan menggunakan kosa kata yang lebih banyak. Kosa kata anak akan bertambah banyak setiap harinya. Anakberkembang kosa kata yang diketauhi anak juga akan berambah juga.
Ekspresif dan reseptif
Eksprektif sendiri arti perkembangan bahasa yang diungkapkan melalui komunikasi yang dilakukan anak. Perkembangan bahasa ekspresif memiliki beberapa manfaat yakni melalui perkembangan bahsa ini anak dapat mengungkapkan keinginanya taupun mengungkapkan gagasan yang ingin anak sampaikan.Â
Sedangkan perkembangan reseptif kemampuan memahami basa anak dengan baik dari lisan dari apa yang dibaca dsan didengar. Perkembangan ekspresif itu hanya sementara tetgapi perkembangan bahasa dari reseptif itu pemahaman makna yang talah disampaikan orang lain.
Faktor yang mempengaruhi perkembngan bahasa
Faotor yang mempengaruhi bahasa ada beberapa yakni yang pertama anak harus menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, selanjutnya kepmampuan berkomunikasi secara eksternal membutuhkan waktu lama ataupun membutuhkan waktu yang lama dan yang terakhir anak akan melakukan tidakan dengan tidak berbicara.Â
Sedangkan menurut sunato dan agung hartono beliau mengungkapkan bahwa faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa adalah umur anak, lingkungan anak, kecerdasan anak, status sosial ekonomi anak serta kondisi fisik anak.
Perkembangan anak usia dini tidak luput dari perkembangan bahasa juga. Karena perkembangan bahasa membuat anak dapat berbicara atau berkomunikasi dengan baik dengan orang lain.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI