Mohon tunggu...
aurafebriazzahrasaparuddin
aurafebriazzahrasaparuddin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Merupakan Mahasiswa Semester 3 Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki kemampuan public speaking, kepemimpinan, percaya diri, mudah beradaptasi, humoris, bertanggung jawab. Kepribadian saya humoris, saya mudah untuk akrab dengan orang lain dan saya menyukai konten yang berkaitan dengan makanan (asmr), konten olahraga, konten affiliate, dll.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Sastra Anak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar

2 Desember 2024   12:10 Diperbarui: 2 Desember 2024   13:45 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Cerita Rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih https://images.app.goo.gl/UAh4SvVzTHxsfN7S8

 Sastra anak merupakan medium yang efektif untuk menanamkan berbagai nilai moral dan sosial kepada anak-anak, termasuk nilai-nilai toleransi. Di tengah masyarakat yang semakin plural, kemampuan anak untuk memahami, menghormati, dan hidup berdampingan dengan perbedaan menjadi keterampilan yang esensial. Sastra anak, dengan cerita-cerita yang menarik dan sarat pesan, dapat menjadi alat edukasi yang menyenangkan sekaligus mendidik.

 

Menurut Badan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), toleransi adalah penghormatan, penerimaan, dan penghargaan terhadap keanekaragaman budaya, cara berekspresi, dan cara manusia menjadi manusia. Mengingat pentingnya nilai toleransi, pengenalan nilai ini sejak dini menjadi kebutuhan mendesak. Artikel ini akan membahas bagaimana sastra anak berkontribusi dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada siswa sekolah dasar, dengan fokus pada pendekatan naratif dan dampaknya pada pembentukan karakter anak.

1. Sastra Anak sebagai Medium Pembelajaran

Sastra anak mencakup berbagai bentuk karya sastra, seperti dongeng, cerita bergambar, puisi, dan novel pendek. Melalui sastra, anak-anak diperkenalkan pada dunia yang penuh imajinasi, yang memungkinkan mereka untuk memahami berbagai perspektif.

Gambar 1. Cerita Rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih https://images.app.goo.gl/UAh4SvVzTHxsfN7S8
Gambar 1. Cerita Rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih https://images.app.goo.gl/UAh4SvVzTHxsfN7S8

Cerita-cerita dalam sastra anak sering kali menggambarkan situasi yang mengajarkan empati dan penghargaan terhadap perbedaan. Misalnya, dalam cerita "Bawang Merah dan Bawang Putih," anak-anak diajarkan tentang kebaikan hati meskipun menghadapi ketidakadilan. Cerita-cerita seperti ini dapat membantu anak memahami pentingnya sikap saling menghormati meskipun berbeda latar belakang atau pandangan.

2. Peran Sastra Anak dalam Menanamkan Nilai Toleransi

  • Mengembangkan Empati: Sastra anak memungkinkan anak-anak untuk "mengalami" situasi yang dialami tokoh-tokoh dalam cerita. Misalnya, buku "The Name Jar" karya Yangsook Choi mengisahkan seorang anak yang pindah ke Amerika dan berjuang menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Cerita seperti ini dapat membantu anak-anak memahami perasaan teman yang berasal dari budaya atau latar belakang yang berbeda. Empati adalah langkah awal dalam membangun toleransi. Ketika anak-anak memahami bagaimana rasanya berada di posisi orang lain, mereka cenderung lebih terbuka dan menghormati perbedaan.
  • Memperkenalkan Keanekaragaman Budaya: Banyak karya sastra anak yang mengangkat tema budaya dan tradisi dari berbagai belahan dunia. Buku seperti "Festival of Colors" karya Surishtha Sehgal dan Kabir Sehgal memperkenalkan tradisi Holi di India. Dengan membaca cerita seperti ini, anak-anak belajar menghargai keunikan budaya lain, yang pada akhirnya menumbuhkan sikap toleransi.
  • Mengajarkan Resolusi Konflik: Sastra anak juga sering menggambarkan konflik antar karakter dan cara penyelesaiannya. Misalnya, cerita "Rainbow Fish" karya Marcus Pfister mengajarkan pentingnya berbagi dan menghargai perbedaan. Anak-anak dapat belajar bahwa konflik dapat diselesaikan melalui komunikasi dan penghormatan terhadap pendapat orang lain.
  • Mendorong Diskusi tentang Isu Sosial: Cerita-cerita dengan tema inklusi, seperti "Wonder" karya R.J. Palacio, membuka ruang diskusi bagi anak-anak tentang isu-isu seperti perundungan dan diskriminasi. Guru dan orang tua dapat menggunakan cerita ini sebagai titik awal untuk membahas pentingnya toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Strategi Implementasi Sastra Anak dalam Pembelajaran

  • Memilih Buku yang Relevan: Pemilihan buku sangat penting untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan sesuai dengan tingkat pemahaman anak. Buku-buku yang mengandung tema toleransi, keadilan, dan persahabatan dapat dijadikan prioritas.
  • Membaca Bersama: Kegiatan membaca bersama di kelas atau di rumah dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap isi cerita. Guru atau orang tua dapat memberikan penjelasan tambahan tentang nilai-nilai yang terkandung dalam cerita.
  • Diskusi Terarah: Setelah membaca cerita, anak-anak dapat diajak untuk berdiskusi tentang apa yang mereka pelajari. Pertanyaan seperti "Apa yang kamu pelajari dari tokoh utama?" atau "Bagaimana kamu akan bertindak jika berada dalam situasi yang sama?" dapat memicu refleksi mendalam.
  • Kegiatan Kreatif: Anak-anak dapat diajak untuk menggambar, menulis, atau membuat drama berdasarkan cerita yang telah mereka baca. Kegiatan ini membantu anak-anak memahami dan menginternalisasi pesan dari cerita.
  • Integrasi dalam Kurikulum: Guru dapat mengintegrasikan sastra anak ke dalam mata pelajaran lain, seperti Bahasa Indonesia atau Pendidikan Kewarganegaraan. Misalnya, siswa dapat diminta untuk membuat esai singkat atau menyampaikan presentasi tentang nilai-nilai toleransi yang mereka pelajari dari cerita tertentu.
  • Pelibatan Orang Tua: Orang tua dapat diajak untuk mendukung pembelajaran sastra anak di rumah. Misalnya, orang tua dapat membaca cerita bersama anak dan mendiskusikan pesan moral yang terkandung di dalamnya. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat nilai toleransi tetapi juga meningkatkan ikatan keluarga.

4. Dampak Sastra Anak pada Perkembangan Anak

  • Pengembangan Karakter: Sastra anak berkontribusi pada pengembangan karakter anak, seperti kejujuran, keberanian, dan rasa hormat. Ketika anak-anak terpapar pada cerita-cerita yang mengajarkan nilai-nilai positif, mereka cenderung meniru perilaku tersebut dalam kehidupan nyata.
  • Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Membaca sastra anak juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak. Mereka belajar menganalisis tindakan tokoh, memahami konsekuensi, dan menarik kesimpulan.
  • Membangun Sikap Terbuka: Melalui paparan terhadap berbagai budaya dan perspektif, anak-anak menjadi lebih terbuka terhadap perbedaan. Hal ini penting dalam membangun masyarakat yang harmonis di masa depan.

5. Tantangan dan Solusi

Tantangan

  • Kurangnya Buku dengan Tema Toleransi: Tidak semua buku anak mengandung pesan toleransi yang jelas.
  • Minimnya Dukungan Orang Tua dan Guru: Tidak semua orang tua dan guru menyadari pentingnya sastra anak dalam pendidikan karakter.

Solusi

  • Produksi Buku Bertema Toleransi: Penulis dan penerbit perlu menghasilkan lebih banyak karya yang mengangkat tema toleransi.
  • Pelatihan untuk Guru: Guru perlu dilatih untuk menggunakan sastra anak sebagai alat pembelajaran karakter.
  • Kampanye Literasi: Meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya membaca bersama anak.

Sastra anak memegang peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada siswa sekolah dasar. Melalui cerita-cerita yang menarik dan sarat pesan, anak-anak dapat belajar menghargai perbedaan, menyelesaikan konflik, dan hidup berdampingan secara harmonis. Dengan pemilihan buku yang tepat dan pendekatan yang kreatif, sastra anak dapat menjadi alat yang efektif dalam membangun karakter generasi muda yang toleran.

REFERENSI:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi. Jakarta: Kemendikbud.

Ismail, A. (2021). "Peran Sastra dalam Pendidikan Karakter Anak". Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 123-132.

Setyawan, H. (2022). "Sastra dan Toleransi: Implementasi di Sekolah Dasar". Jurnal Kajian Pendidikan, 15(1), 45-57.

Rahmawati, F. (2020). "Membangun Karakter Melalui Literasi di Sekolah Dasar". Jurnal Literasi Anak, 8(2), 89-98.

Santoso, D. (2019). "Literasi dan Toleransi: Studi Kasus Penggunaan Sastra Anak di Kelas". Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(4), 289-304.

UNESCO. (2018). Tolerance: The Key to Peaceful Coexistence. Paris: UNESCO.

Choi, Y. (2019). The Name Jar. New York: Knopf Books for Young Readers.

Sehgal, S., & Sehgal, K. (2017). Festival of Colors. New York: Beach Lane Books.

Pfister, M. (2018). Rainbow Fish. New York: North-South Books.

Palacio, R.J. (2020). Wonder. New York: Knopf Books for Young Readers.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun